Bahasa Batak Angkola

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa Batak Angkola
Dituturkan diSumatra Utara, Indonesia
Batak, Latin
Kode bahasa
ISO 639-3akb
Glottologbata1290[1]

Bahasa Batak Angkola adalah salah satu bahasa daerah yang terutama dipertuturkan di daerah Tapanuli bagian Selatan, meliputi Tapanuli Selatan, Padangsidimpuan, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, dan sebagian kecil Mandailing natal, Sumatra Utara, Indonesia. Bahasa Batak Angkola termasuk dalam rumpun bahasa Austronesia, dan merupakan bagian dari kelompok bahasa-bahasa Batak.

Bahasa Batak Angkola adalah bahasa yang paling mirip dengan bahasa Batak Toba, di samping letak geografis yang berdekatan, bahasa Angkola sedikit lebih lembut intonasinya daripada bahasa Toba dan juga memiliki kemiripan dengan bahasa Batak Mandailing, cuma perbedaan mendasar terletak pada intonasi Angkola yang lebih tegas dibandingkan Mandailing. Kemiripan antara Bahasa Batak Angkola dengan Batak Toba dan Batak Mandailing dipengaruhi oleh domisilinya yang diapit oleh kedua kelompok sub etnis tersebut.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2019). "Bahasa Batak Angkola". Glottolog 4.1. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  2. ^ Dongoran, Tumpal. H, dkk (Februari 1997). "Fonologi Bahasa Angkola" (PDF). labbineka.kemdikbud.go.id. hlm. 1–6. Diakses tanggal 23 September 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]