Lompat ke isi

Rumpun bahasa Melayu Barisan Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
  Lihat Rumpun bahasa Melayu Barisan Selatan di:
Melayu Barisan Selatan
Melayu Tengah
WilayahAsia Tenggara Maritim
Penutur
Bentuk awal
Kode bahasa
ISO 639-3pse
Glottologcent2053[1]
IETFpse
Status pemertahanan
C10
Kategori 10
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa telah punah (Extinct)
C9
Kategori 9
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa sudah ditinggalkan dan hanya segelintir yang menuturkannya (Dormant)
C8b
Kategori 8b
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa hampir punah (Nearly extinct)
C8a
Kategori 8a
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa sangat sedikit dituturkan dan terancam berat untuk punah (Moribund)
C7
Kategori 7
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa mulai mengalami penurunan ataupun penutur mulai berpindah menggunakan bahasa lain (Shifting)
C6b
Kategori 6b
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa mulai terancam (Threatened)
C6a
Kategori 6a
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa masih cukup banyak dituturkan (Vigorous)
C5
Kategori 5
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa mengalami pertumbuhan populasi penutur (Developing)
C4
Kategori 4
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa digunakan dalam institusi pendidikan (Educational)
C3
Kategori 3
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa digunakan cukup luas (Wider Communication)
C2
Kategori 2
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa yang digunakan di berbagai wilayah (Provincial)
C1
Kategori 1
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa nasional maupun bahasa resmi dari suatu negara (National)
C0
Kategori 0
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa merupakan bahasa pengantar internasional ataupun bahasa yang digunakan pada kancah antar bangsa (International)
10
9
8
7
6
5
4
3
2
1
0
EGIDS SIL EthnologueC6a Vigorous
Rumpun bahasa Melayu Barisan Selatan dikategorikan sebagai C6a Vigorous menurut SIL Ethnologue, artinya bahasa ini masih dituturkan dan digunakan oleh sebagian wilayah
Referensi: [2]
Lokasi penuturan
Persebaran ragam-ragam rumpun Barisan Selatan di Sumatera bagian selatan.
 Portal Bahasa
L • B • PW   
Sunting kotak info  Lihat butir Wikidata  Info templat


Rumpun bahasa Melayu Barisan Selatan (bahasa Inggris: South Barisan Malay) atau Melayu Tengah (bahasa Belanda: Middenmaleis)[3] merupakan sekumpulan ragam-ragam Melayik berkerabat dekat yang dituturkan di wilayah barat daya Sumatera Selatan serta sebagian wilayah Bengkulu dan Lampung. Melayu Barisan Selatan memiliki tingkat kesalingpahaman internal yang lumayan tinggi, meskipun penuturnya tidak memiliki satu identitas etnis yang padu. Umumnya, penutur ragam-ragam Melayik di kawasan ini akan menyebut ragam yang mereka tuturkan sebagai "bahasa [nama daerah/sungai/suku asal]", terlepas pengelompokannya secara linguistik sebagai bahasa mandiri ataupun dialek.[4]

Klasifikasi

[sunting | sunting sumber]

McDowell & Anderbeck (2020) mengklasifikasikan ragam-ragam Melayu Barisan Selatan ke dalam dua kluster dialek utama, yaitu 1) Oganik dan 2) Pegunungan. Pengelompokan ini tidak murni didasarkan pada metode perbandingan yang berusaha merekonstruksi leluhur langsung dari ragam-ragam ini, melainkan metode dialektologis yang sifatnya sinkronis, termasuk di antaranya analisis leksikostatistik, persebaran inovasi fonologis, serta uji kesalingpahaman. Penggolongan ragam-ragamnya adalah sebagai berikut:[4]

Ragam yang dituturkan di pusat wilayah kluster Pegunungan seperti Besemah, Lematang Ulu (mesti dibedakan dari bahasa Lematang di wilayah hilir yang masuk rumpun Musi), Lintang, dan Semende sangat berkerabat dekat dan memiliki tingkat kesalingpahaman serta kesamaan kosakata yang tinggi, sementara ragam Kaur dan Pekal yang ada di pinggiran lebih divergen. Ragam Benakat kemungkinan besar paling dekat dengan Semende, tapi juga memiliki banyak pengaruh dari rumpun Musi yang berbatasan langsung dengannya. Ragam Bengkulu memiliki pengaruh bahasa Minangkabau yang kuat, dan secara leksikal lebih dekat dengan ragam Padang daripada ragam-ragam Melayu Barisan Selatan lainnya.[4]

Klasifikasi ini diadopsi sebagian (dengan pengecualian bahasa Pekal) oleh Glottolog dalam versi termutakhir (4.8).[5] Seluruh kode bahasa ISO 639-3 untuk ragam-ragam Melayu Barisan Selatan telah digabungkan ke [pse] pada tahun 2007 oleh Summer Institute of Linguistics, kecuali kode [vkk] untuk Kaur dan [pel] untuk Pekal.[4] Kode-kode lama untuk ragam-ragam Melayu Barisan Selatan ([bke], [eni], [lnt], [ogn], [sdd], [srj]) tidak lagi digunakan secara aktif, namun masih memiliki arti yang ditetapkan padanya ketika ditetapkan dalam Standar.

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "Melayu Barisan Selatan". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  2. ^ "Rumpun bahasa Melayu Barisan Selatan". www.ethnologue.com (dalam bahasa Inggris). SIL Ethnologue. 
  3. ^ McDonnell, Bradley (2016). Symmetrical voice constructions in Besemah: a usage-based approach (Tesis doktoral). University of California Santa Barbara. https://alexandria.ucsb.edu/lib/ark:/48907/f3mp53bw. 
  4. ^ a b c d McDowell, Jonathan; Anderbeck, Karl (2020). The Malay Lects of Southern Sumatra. JSEALS Special Publication. 7. University of Hawai'i Press. hdl:10524/52473. 
  5. ^ Hammarström, Sebastian; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin; Bank, ed. (2023). "South Sumatra Malay". Glottolog 4.8. Leipzig, Jerman: Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology.