Kabupaten Rote Ndao

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kabupaten Rote Ndao
Lambang Kabupaten Rote Ndao
Lambang Kabupaten Rote Ndao
Moto: -


Lokasi Nusa Tenggara Timur Kabupaten Rote Ndao.svg
Peta lokasi Kabupaten Rote Ndao
Koordinat: 10o 25' - 11o LS, dan 121o 49' - 123o 26' BT
Provinsi Nusa Tenggara Timur
Tanggal Peresmian -
Ibu kota Baa
Pemerintahan
 - Bupati Drs Leonard Haning MM[1]
 - DAU Rp. 345.248.896.000.-(2013)[2]
Luas 1.731 km2
Populasi
 - Total 119.408 jiwa (2010)
 - Kepadatan 68,98 jiwa/km2
Demografi
 - Kode area telepon 0380
Pembagian administratif
 - Kecamatan -
 - Kelurahan -
Simbol khas daerah
 - Situs web http://www.rotendaokab.go.id/

Kabupaten Rote Ndao adalah sebuah kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Timur yang terletak di beranda terselatan Indonesia. Ibukota kabupaten ini terletak di Baa. Kabupaten in memiliki luas wilayah 1.731 km² dan berpenduduk sebanyak 76.352 jiwa (2000).[3]

Daftar Kecamatan[sunting | sunting sumber]

Kabupaten ini pada awalnya terdiri atas 6 kecamatan, namun telah mengalami pemekaran sehingga sekarang sudah terdapat 8 kecamatan,pada tahun 2012 terjadi pemekaran wilayah sehingga menjadi 10 Kecamatan yaitu:

  1. Lobalain
  2. Rote Timur
  3. Pantai Baru
  4. Rote Tengah
  5. Rote Selatan
  6. Rote Barat Daya
  7. Rote Barat Laut
  8. Rote Barat
  9. Landu Leko
  10. Ndao Nuse

Batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

Pulau-Pulau[sunting | sunting sumber]

Kabupaten Rote Ndao memiliki luas wilayah 1280,10 km². Dari 96 pulau yang ada di Kabupaten Rote Ndao, hanya 6 pulau yang berpenghuni[4], yaitu:

Lain-lain[sunting | sunting sumber]

Kabupaten ini sekarang dipimpin oleh Bupati Drs. Leonard Haning, M.M, dengan Wakil Drs. Jonas Lun.

Pada bidang kesehatan, terdapat 1 buah RSUD yang terletak di Kota Baa dan 12 unit Puskesmas yang tersebar pada masing-masing kecamatan. Potensi wisatanya sangat besar. Salah satunya ada di daerah Rote Bagian Barat yakni ada pantai Nemberala dan Pantai Bo'a yang terkenal akan gelombangnya untuk berselancar. Di bagian timur terdapat Danau Laut Mati dan Mulut Seribu. Di bagian tengah terdapat wisata Tangga 300 di desa Kuli.

Di bidang sosial kemasyarakatan terdapat Komunitas Anak Muda untuk Rote Ndao KAMu Rote Ndao yang berdiri sejak tahun 2011. Komunitas ini didirikan dengan tujuan untuk pengembangan SDM di Rote Ndao baik melalui gerakan sosial maupun melalui konsep social enterpreneurship. Sejak didirikan KAMu Rote Ndao sudah banyak bergerak dengan sejumlah program, diantaranya Gerakan 1000 Buku untuk Rote Ndao, Rote Ndao Heroes 2012, Lomba Menulis, Kemah Pemuda Rote atau KPR 2013, KPR 2014, Pengembangan Taman Bacaan, Rote Megajar, maupun Rote Bergerak. Kegiatan KPR, Pengembangan Taman Bacaan dan Rote Mengajar merupakan kolaborasi kegiatan dengan berbagai komunitas baik dari Indonesia Mengajar, Geng Motor IMuT Kupang, maupun relawan dari berbagai pelosok Indonesia. Sejak didirikan KAMu Rote Ndao telah menerima penghargaan Indonesia MDGs Awards 2014 karena pencapaiannya dengan membuka taman-taman bacaan di kampung-kampung dengan visi "1 kampung 1 taman bacaan".

Ingin tahu lebih banyak tentang KAMu Rote Ndao silahkan kunjungi: Website: www.kamurotendao.wordpress.com Twitter: @kamurotendao Facebook: Khamu Rote Ndao

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]