Gunung Lakaan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Gunung Lakaan
FulanFehan1.jpg
Titik tertinggi
Ketinggian 1.562 Mdpl (5124 Kaki)
Koordinat 7°26′44″S 109°45′09″E / 7.445643°S 109.752407°E / -7.445643; 109.752407
Geografi
Letak Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Gunung Lakaan adalah gunung yang berada di Timor Barat dan merupakan gunung tertinggi kedua di wilayah ini dengan ketinggian sekitar 1.562 Mdpl. Secara administratif berada di Kecamatan Lamaknen Selatan, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Di puncak gunung ini terdapat patung Bunda Maria dan patung Hati Kudus Jesus. Sedangkan di kaki sebelah timur Gunung Lakaan terdapat padang sabana yang datar dan luas, bernama Fulan Fehan. Konon Gunung Lakaan menjadi asal manusia pertama di Belu.

Geomorfologi[sunting | sunting sumber]

Gunung Lakaan merupakan kawasan dataran tinggi dengan beberapa puncak bukit. Selain Gunung Lakaan, didekatnya terdapat Bukit Fulan (1.131 Mdpl), Bukit Kotamutin, dan Bukit Dualasi. Gunung Lakaan termasuk dalam formasi Komplek Mutis yang tersusun oleh batuan malihan seperti batu sebak, filit, sekis, amfibolit, kuarsit, dan granulit. Namun berbeda di wilayah Bukit Fulan yang tersusun oleh batuan gamping koral serta Bukit Kotamutin yang tersusun oleh batuan ultrabasa terdiri dari basalt, lerzonit dan serpentit.

Pendakian[sunting | sunting sumber]

Gunung Lakaan berjarak sekitar 28 Km dari Atambua. Pendakian ke puncak Gunung Lakaan dapat dimulai dari Desa Maudemu via Fulan Fehan atau melalui Dusun Weklekat, Desa Lakanmau, Kecamatan Lasiolat via Bukit Kotamutin. Belum ada rute resmi untuk para pendaki dan medan yang dilalui tergolong sulit. Tantangannya berupa jalur menanjak terjal dan curam serta udara yang sangat dingin saat malam hingga pagi. Umumnya butuh waktu 2 jam untuk mendaki gunung ini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]