Gunung Klotok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Gunung Klotok
Gunung klotok.jpg
Ketinggian 536 m (1.758 kaki)
Lokasi
Letak Jawa Timur, Indonesia

Gunung Klotok adalah salah satu gunung yang terdapat di dekat kaki Gunung Wilis. Gunung ini terletak di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kediri, Provinsi Jawa Timur. Gunung ini merupakan gugusan pegunungan Wilis yang letaknya cukup jauh dari Gunung Wilis sendiri. Gunung ini memiliki ketinggian ± 536 MDPL. Nama Klotok berasal dari kata Kolo dan Tok. Kolo yang berarti bahaya dan tok berarti saja. Sehingga Klotok berarti gunung yang berbahaya. Keunikan gunung ini adalah bentuknya menyerupai sosok perempuan yang sedang tidur. Olehnya Klotok juga dijuluki sebagai Si Cantik Tidur.

Gunung ini merupakan pembatas antara Kota dan Kabupaten Kediri di sebelah baratnya. Gunung ini banyak mengandung nilai sejarah. Di gunung ini terdapat 3 Goa yaitu Goa Selomangleng, Goa Selobale dan Goa Padedean. Selain itu di gunung ini terdapat satu mata air yaitu Sumber Lo.

Puncak[sunting | sunting sumber]

Gunung ini memiliki banyak puncak, tetapi yang paling dikenal adalah Puncak Klop dan Watu Bengkah. Puncak Klop berada di tengah sedangkan Watu bengkah berada di selatan. Di Puncak Klop terdapat prasasti yang menandakan itulah puncak tertinggi dari Gunung ini. Puncak Watu Bengkah biasanya sering digunakan untuk pengibaran bendera merah putih saat perayaan HUT RI.

Pendakian Gunung ini tidak memakan waktu yang lama. Cukup 1-2 jam saja. Terdapat 2 rute yang biasa digunakan para pendaki untuk mencapai Puncak gunung ini. Rute favorite pendaki merupakan rute bawah atau menyisiri punggungan bukit dengan jalanan yang cukup landai namun cukup jauh. Rute lainnya ialah melalui belakang Goa Selomangleng yang langsung melewati tengah bukit dan melewati Goa Selo Bale. Kedua rute ini akan bertemu pada satu tanah lapang yang juga merupakan Pos 1 "Proliman". Dari Pos 1 kita haruslah menentukan pilihan akan ke Puncak Klop atau Puncak Watu Bengkah. Untuk menuju ke Puncak klop bisa berbelok ke kanan sedangkan untuk ke Puncak Watu Bengkah kita lurus saja.

Wisata[sunting | sunting sumber]

Gunung ini mempunyai tempat wisata yang cukup beragam. Mulai dari Goa, Museum, Water Boom, maupun Makam. Goa yang ada di gunung ini yaitu Goa Selomangleng, Goa Selobale dan Goa Padedean. Museum Airlangga siap menyapa kita sebelum kita menginjakkan kaki di Goa Selomangleng. Tepat di sebelah Goa Selomangleng terdapat Water Boom. Di sebelah guning ini terdapat Bukit Maskumambang yang juga merupakan gugusan pegunungan Wilis. Disana terdapat makan Mbah Boncolono yang terdapat di Puncaknya. Untuk mencapai makam ini sudah terdapat anak tangga yang siap mengantarkan kita sampai di Puncaknya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

7°28′59″LS 111°33′50″BT / 7,483°LS 111,564°BT / -7.483; 111.564