Pantai Mrutu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pantai Mrutu adalah sebuah pantai di pesisir selatan terletak di sebelah barat daya Kota Malang, tepatnya di Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur[1] Namanya singkat, Mrutu. Sesuai namanya, pantai ini juga “singkat” alias mungil. Hamparan pantai tak lebih dari 200 meter, namun soal kemolekan panorama, tak kalah dengan pantai lainnya. Kelebihan Pantai Mrutu dibanding pantai yang lain adalah ombaknya yang tenang, sebab ombak yang datang ke bibir pantai seperti berjalan pelan-pelan dan halus. Ombak itu seakan tidak mau menimbulkan suara yang berisik. Kemanjaan gelombang ini dikarenakan posisi pantai sedikit terhalang tebing sehingga ombak besar tidak bisa langsung ke pantai itu. Yang datang adalah ombak kecil yang lembut, sebab ombak yang besar menghantam ke Pantai Pandan yang letaknya sebelah timur Pantai Pandan. Jarak antara Pantai Pandan dan Pantai Mrutu memang hanya dibatasi sebuah bukit yang rendah.

Arus gelombang yang halus itulah yang menjadi daya tarik pantai ini. Apalagi pasir putihnya sangat bersih dan halus, sangat cocok untuk bermain pasir. Apalagi juga banyak pohon yang menjorok ke pantai, sehingga bisa dijadikan tempat berteduh. Duduk di bawah pohon yang teduh di bibir pantai yang indah, tentu merupakan nikmat yang luar biasa.

Namun, selama ini jarang ada orang yang menjamahnya sehingga menjadikan suasananya masih asri. Pohon-pohon yang mengelilingi pantai tersebut menjulang cukup tinggi. Sebagian rantingnya menjorok ke pantai yang membuat udara lebih sejuk berada di bawahnya. Disebut Pantai Mrutu, karena di pantai ini cukup terkenal dihuni banyak sekali hewan mrutu (orang Jawa menyebut lemut) yaitu sejenis nyamuk kecil.

Referensi[sunting | sunting sumber]