Goa Tetes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Wisata Goa Tetes atau Air Terjun Goa Tetes merupakan sebuah gabungan antara wisata air terjun dan goa yang menarik untuk dikunjungi. Sebenarnya Goa Tetes telah dibuka sebagai tempat wisata Lumajang lebih dulu jika dibandingkan dengan Air Terjun Tumpak Sewu. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya dua pintu masuk yang berbeda, padahal letak kedua tempat wisata ini saling bersebelahan (satu aliran sungai yang sama). Hanya saja semenjak Air Terjun Tumpak Sewu dibuka untuk umum pada 2015 lalu, membuat Goa Tetes kalah pamor dan akhirnya pihak pengelola memutuskan untuk membuat akses masuk yang sama yakni melalui pintu masuk Tumpak Sewu.

wisata Goa Tetes Lumajang

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Air Terjun Goa Tetes untuk pertama kali ditemukan oleh seorang penggergaji kayu pada tahun 1969. Nama Goa Tetes digunakan sebagai nama lokasi mengingat letaknya yang tepat berada dibawah sebuah air terjun, sehingga banyak tetesan air didalam goa yang berasal dari resapan air yang menetes dari langit-langit goa.

Kemudian pada 1975, barulah goa ini mulai dikunjungi oleh masyarakat yang sebagian besar pengunjungnya dikala itu ialah organisasi Pramuka dari sekolah disekitar Pronojiwo Lumajang. Kemudian karena unik dan dinilai memiliki potensi, maka pada 1982 pihak Pemerintah Kabupaten Lumajang mulai menggarap dan mengelola tempat ini secara serius sebagai objek wisata.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Lokasi Goa Tetes terletak di Desa Sidomulyo, Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur atau tepatnya jika dari arah Malang berada setelah Air Terjun Tumpak Sewu dan bila dari arah Lumajang berada setelah Air Terjun Kapas Biru.

Aksesbilitas[sunting | sunting sumber]

Jika Anda dari arah Malang arahkan kendaraan menuju Kepanjen - Gondanglegi - Turen - Dampit - Tirtoyudo - Ampelgading - Pronojiwo. Kemudian jika Anda dari arah Lumajang, ikuti jalan nasional Lumajang - Malang dengan melewati rute Sumbersuko - Tempeh - Pasirian - Candipuro - Gladak Perak - Pronojiwo. Setibanya di Pronojiwo sudah banyak petunjuk jalan menuju lokasi, ikuti saja petunjuk tersebut hingga nanti menemukan banner bertuliskan Air Terjun Tumpak Sewu, lalu ikuti saja jalan tersebut hingga menuju lokasi parkir.

jalan masuk menuju Air Terjun Tumpak Sewu

Referensi[sunting | sunting sumber]