Pantai Ungapan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pantai Ungapan adalah sebuah pantai di pesisir selatan atau berada di Samudra Hindia, dimana secara administratif masuk Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.[1] Letak pantai ini berdekatan dengan Pantai Bajulmati. Pantai ini berjarak sekitar 64 km dari Kota Malang dan dibutuhkan sekitar 3 jam perjalanan untuk mencapainya. Jika dari Kota Malang Anda bisa mengambil arah ke Turen lalu berbelok ke selatan menuju Sumbermanjing Wetan dan lurus menuju arah Pantai Sendangbiru. Jalannya sudah beraspal mulus tetapi berkelok-kelok karena harus melewati pegunungan. Tidak jauh sebelum memasuki Pantai Sendangbiru terdapat sebuah pertigaan Jalan Lintas Selatan (JLS) dan sudah ada plakat petunjuk arah bila berbelok ke kiri akan menuju Pantai Sendangbiru, sedangkan bila berbelok ke kanan akan menuju Pantai Bajulmati dan Pantai Goa China. Dari pertigaan itu, Anda berbelok ke kanan dan terus mengikuti jalan tersebut sampai menemui jembatan Bajulmati. Jika telah tiba di jembatan ini, artinya telah dekat dengan Pantai Ungapan.

Setelah melewati Jembatan Bajulmati kita akan menemukan jalan menuju Pantai Goa China. Setelah sekitar 10 menit kemudian sampailah Anda di Pantai Ungapan. Dari jembatan tersebut, lurus saja mengikuti jalan dan tidak jauh kemudian kita akan menemukan papan petunjuk arah yang bertuliskan ke kiri menuju Pantai Ungapan. Bila lurus Anda akan menuju Pantai Bajulmati. Selama menempuh perjalanan ini, Anda harus tetap berhati-hati karena jalannya berkelok-kelok dan berada di sisi jurang. Alternatif jalan lainnya, Anda bisa juga dengan melalui jalur menuju Pantai Balekambang meskipun akan lebih jauh. Yaitu dengan menuju arah Pantai Balekambang sampai terdapat sebuah perempatan, bila lurus akan menuju Balekambang dan jika ke kiri akan menuju Bajulmati dan Ungapan. Rutenya masih satu jalur dengan Pantai Goa China yang berjarak sekitar 10 menit dari Pantai Goa China.

Pantai Ungapan memang terletak bersebelahan di antara Pantai Goa China dan Pantai Bajulmati. Pantai Ungapan sebenarnya masih satu garis dengan Pantai Bajulmati. Namun karena Pantai Bajulmati sangat panjang sehingga akhirnya dibagi menjadi beberapa pantai yaitu Pantai Ungapan dan Pantai Jelangkung. Saat ini Pantai Ungapan dikelola oleh Perum Perhutani. Nama Ungapan berasal dari Bahasa Jawa yang berarti muara sungai atau pertemuan antara sungai dan laut. Di pantai ini memang terdapat sebuah muara yang biasanya dipergunakan untuk berenang oleh para wisatawan yang datang.

Harga tiket untuk memasuki kawasan Pantai Ungapan sebesar Rp 5.000 per orang di sebuah loket yang telah disediakan pihak Perhutani. Di pantai ini Anda bisa memarkirkan kendaraan tepat di bibir pantai sambil menyaksikan deburan ombak. Keindahan Pantai Ungapan tak kalah menariknya dengan Pantai Bajulmati. Di sepanjang tepi pantai terdapat banyak gubuk. Gubuk-gubuk itu terbuat dari kayu dan bambu dengan atap dedaunan menambah kesan tradisional. Gubuk tersebut berjajar dari timur ke barat pantai seolah tak ada habisnya. Di sekitar gubuk ditumbuhi rumput hijau dengan pohon dan beberapa pohon kelapa di pinggir laut. Di sini Anda bisa menikmati sejuknya udara, sambil menikmati makanan dan minuman di gubuk tepi pantai dengan pemandangan pantai. Yang harus diperhatikan adalah agar pengunjung menjaga kelestarian alam di area Pantai Ungapan ini. Jangan membuang sampah sembarangan dan patuhi peraturan yang telah ditetapkan pihak Perhutani.

Pemandangan di Pantai Ungapan ini tidak jauh berbeda dengan Pantai Bajulmati. Kita dapat menyaksikan deretan batu besar berbentuk mirip seekor buaya tepat di sisi kanan pantai. Di Pantai Ungapan ini memiliki air laut berwarna biru dengan batu-batu besar di bibir pantainya. Di pantai ini pula Anda akan disuguhi panorama laut lepas yang mengagumkan. Gradasi air laut yang biru adalah salah satu yang menarik. Pulau karang yang menjulang dan angin yang semilir memanjakan para wisata yang datang. Pada sore hari Anda bisa melihat sensasi terbenamnya matahari. Pantai Ungapan tetap merupakan pantai yang indah dan sayang bila tidak anda dikunjungi.

Pasir pantainya yang tidak terlalu putih sangat halus dan tidak dipenuhi karang seperti pantai-pantai lainnya. Jika pada siang hari pasir pantai ini akan terasa panas di kaki, jadi sebaiknya ke sini pada sore hari atau pagi hari. Tetapi para pengunjung dilarang untuk mandi ke tengah, karena ombak pantainya yang cukup besar. Struktur pantai yang melandai lalu langsung curam membuatnya sangat berbahaya untuk berenang di sini. Tetapi para pengunjung bisa mandi dan berenang di sebuah muara yang cukup luas.

Rumah-rumah penduduk di Pantai Ungapan lebih sedikit daripada di Pantai Bajulmati. Begitu pun hanya ada sedikit penjual makanan dan minuman di sini. Di sekitar Pantai Ungapan kita bisa menemukan berbagai sajian kuliner, tetapi mungkin jumlahnya tidak banyak. Makanan yang disediakan di antaranya nasi campur, bakso, dan juga tidak ketinggalan kelapa muda. Kita bisa bersantai di tempat ini sambil menikmati pemandangan pantai. Pantai Ungapan juga cocok bagi yang hobby camping, tetapi sayangnya di pantai ini tidak terdapat penginapan seperti halnya di Sendangbiru. Setelah puas menikmati pemandangan Pantai Ungapan, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya antara lain Pantai Bajulmati dan Pantai Goa China yang letaknya tidak terlalu jauh.

Referensi[sunting | sunting sumber]