Pantai Wediawu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pantai Wediawu

Pantai Wediawu adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia masih termasuk dalam Dusun Balearjo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur[1]. Pantai Wediawu dikenal juga dengan nama Pantai Balearjo sesuai dengan tempat lokasi pantai tersebut berada. Posisinya bersebelahan dengan Pantai Lenggoksono dan hanya dipisahkan Bukit Tumpak Wi. Meskipun masih dalam satu desa, tetapi untuk menjangkaunya dari Pantai Lenggoksono harus memutar cukup jauh. Butuh waktu sekitar 30 menit dengan mobil dari Pantai Lenggoksono. Semua jalan menuju Pantai Wediawu sudah beraspal mulus dan sebagian telah dicor. Hanya tanjakan dan turunan berkelok begitu curam. Bahkan ada satu tikungan di satu pertigaan yang semua mobil tak bisa langsung menikung. Mobil harus mengambil jalan lurus dulu untuk mencari haluan memutar.

Di Dusun Balearjo merupakan perkampungan yang cukup padat dengan kondisi bangunan yang cukup bagus. Di balik perkampungan inilah letak Pantai Wediawu. Sesampai di Pantai Wediawu pengunjung akan merasa terpukau akan keindahannnya. Pantainya masih sangat alami, nyaris belum ada wisatawan yang mengunjunginya. Wajah pantai ini masih bersih dengan gelombangnya yang datar dan halus. Airnya pun terlihat jernih dengan hamparan pasir putih yang bersih. Nyaris tidak terlihat kotoran di sepanjang pasir putih seluas 800 meter persegi itu.

Pemandangan pantai cukup cekung karena di kanan dan kiri menjulang dua tebing karang. Hamparan batu-batu karang yang besar berserakan di pinggir kiri dan kanan pantai seperti aksesori yang menambah indahnya pantai ini. Aset wisata yang bernilai mahal jika dikelola dengan maksimal. Salah satu bentuk keseriusan warga sekitar pantai adalah dengan merencanakan membuka jalan di atas Bukit Tumpak Wi. Posisi Bukit Tumpak Wi ini di sebelah kanan pantai. Dengan membuka jalan baru, pengunjung bisa turun ke pantai dari atas bukit. Di atas bukit nantinya akan dibuat semacam rest area sekaligus lengkap dengan joglo dan kafe. Untuk sementara, fasilitas yang sudah ada di bibir pantai berupa sirkuit trail, lapangan bola yang luas, dan camping ground.


Referensi[sunting | sunting sumber]