Pegunungan Kapur Utara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Pegunungan Kapur Utara merupakan pegunungan kapur yang membentang di pesisir utara Pulau Jawa mulai dari Kabupaten Pati, Jawa Tengah hingga Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Oleh sebagian orang disebut juga sebagai Pegunungan Kendeng Utara, karena letaknya yang sejajar dengan Pegunungan Kendeng yang membujur di sebelah selatannya. Di kawasan ini terdapat kawasan wisata alam Sumber Semen di kecamatan Sale, Rembang.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Wilayahnya memanjang dari barat ke timur yang meliputi Kabupaten Pati bagian selatan, Kabupaten Grobogan bagian utara, Kabupaten Rembang, Kabupaten Blora, Kabupaten Tuban, Kabupaten Bojonegoro bagian utara dan Kabupaten Lamongan bagian barat. Lebar rangkaian pegunungan ini sekitar 30-50 km dengan ketinggian kurang dari 800 meter dari permukaan laut. Di deretan pegunungan ini terdapat pula gunung vulkanik yang berusia muda antara lain Gunung Lasem (806 m) dan Gunung Butak (679 m) yang berada di kabupaten Rembang.[1]

Kawasan karst[sunting | sunting sumber]

Pegunungan Kapur Utara merupakan kawasan batu gamping atau daerah karst. Daerah ini identik dengan fenomena alam yang kurang akan air di permukaan akibat sifat batuan kapur yang sangat mudah meloloskan air. Meskipun dipermukaan cenderung kering dengan dipenuhi banyaknya batu karang dan tebing.

Sesuai dengan sifat batuan kapur (kawasan karst) yang mudah larut oleh air hujan membuat kawasan ini memiliki banyak sekali rekahan ataupun lubang yang sebagian dikenal sebagai gua–gua alam. Selain itu karena besarnya tingkat porositas (meloloskan) air yang sangat tinggi membuat kawasan ini menjadi area resapan bagi daerah – daerah di sekitarnya. Air hujan yang meresap lewat rekahan – rekahan yang ada menciptakan suatu sistem sungai bawah tanah yang unik.

Bentang Alam Karst[sunting | sunting sumber]

Peta Kawasan Bentang Alam Karst Sukolilo yang ada dalam Kepmen ESDM nomor 2641 tahun 2014.

Sebagian dari Pegunungan Kapur Utara ini ditetapkan sebagai Kawasan Bentang Alam Karst (KBAK) dengan nama Kawasan Bentang Alam Karst Sukolilo. Kawasan bentang alam karst ini meliputi bagian selatan Kecamatan Sukolilo, Kayen, dan Tambakromo Kabupaten Pati; bagian utara Kecamatan Klambu, Brati, Grobogan, Tawangharjo, Wirosari, dan Ngaringan Kabupaten Grobogan; dan sebagian Kecamatan Todanan dan Kunduran Kabupaten Blora.[2]

Kawasan Cagar Alam[sunting | sunting sumber]

Di pegunungan ini terdapat kawasan Cagar Alam Gunung Butak seluas 25,4 ha.[3] Cagar alam ini masuk di daerah administrasi Kecamatan Gunem dan Kecamatan Sale, Rembang.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ R.L Situmorang; R. Smit; dan E. J. Van Vessem (1992). Peta Geologi Lembar Jatirogo, Jawa. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi.
  2. ^ Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 2641 tahun 2014 tentang Penetapan Kawasan Bentang Alam Karst Sukolilo.
  3. ^ alamendah (2010-09-14). "Daftar Cagar Alam Indonesia di Jawa". Alamendah's Blog. Diakses tanggal 2017-04-03.