Gunung Klabat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gunung Klabat
Gunung Klabat pada tahun 1981
Titik tertinggi
Ketinggian1.995 m (6.545 ft)[1]
Puncak1.850 m (6.070 ft)[2][3]
Masuk dalam daftarUltra
Ribu
Geografi
Gunung Klabat di Indonesia
Gunung Klabat
Gunung Klabat
Lokasi di Indonesia
LetakSulawesi, indonesia
Geologi
Jenis gunungStratovolcano
Pendakian
Rute termudahAirmadidi

Gunung Klabat merupakan gunung tertinggi di Provinsi Sulawesi Utara. Puncak ketinggiannya mencapai sekitar 2100 mdpl. Gunung ini oleh masyarakat Tonsea (Minahasa Utara) disebut juga Gunung Tamporok. Gunung ini merupakan objek wisata alam dan dapat ditelusuri mulai dari Airmadidi (Ibu Kota Kabupaten Minahasa Utara). Gunung ini merupakan gunung api yang tidak aktif lagi. Puncak Gunung Klabat ini mempunyai kepundan berbentuk danau kecil dengan air yang sangat jernih. Mendaki gunung klabat melalui daerah air madidi ditempuh sekitar 8 jam perjalanan.

Sejarah Nama Klabat[sunting | sunting sumber]

Kata Klabat diambil dari bahasa Tonsea "Kalawat”. Kalawat adalah nama dari sejenis satwa lokal yang juga disebut babirusa. Kata ini disebutkan oleh para pelaut Portugis "Calabets" sebagai nama gunung di pulau sulawesi, dari kata ini dinamakan sebagai nama pulau yang kemudian Calabes jadi Calabes = Celebes yang menjadi Sulawesi akhirnya kata ini menjadi nama pulau Sulawesi. Baca sejarah Sulawesi oleh David DS Lumoindong.

Nama-nama yang dari kata Klabat[sunting | sunting sumber]

Nama Klabat diabadikan menjadi nama desa Klabat, Stadion Klabat di Kota Manado, dan Universitas Klabat di Kota Airmadidi.

Jalur Pendakian[sunting | sunting sumber]

Sebagai gunung tertinggi di Sulawesi Utara Klabat merupakan salah satu objek wisata alam.

Untuk jalur pendakian, kebanyakan pendaki mengambil jalur dari Airmandidi, dan untuk sampai ke puncak, pendakian dari Airmadidi akan melewati 6 pos (tempat istirahat). Pos yang terdapat mata air adalah pos 2, pos 4 dan pos 5.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Klabat". Global Volcanism Program. Smithsonian Institution. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-03-21. Diakses tanggal 2006-12-31. 
  2. ^ a b "Mountains of the Indonesian Archipelago" Diarsipkan 2012-08-09 di Wayback Machine. The prominence value of 1,850 m given here was calculated based on a summit elevation of 1,990 m for Mount Klabat. Peaklist.org. Retrieved 2012-01-22.
  3. ^ "Klabat, Indonesia" Diarsipkan 2013-08-22 di Wayback Machine. The prominence value given at Peakbagger (1,852 m) was calculated from a summit elevation of 1,990 m. Peakbagger.com. Retrieved 2012-01-22.