Ribu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Ribu adalah sebuah gunung atau gunung berapi di Indonesia dengan ketinggian topografi 1000 m (3281 kaki) atau lebih [1]. Saat ini terdapat total 192 puncak di seluruh Indonesia. Beberapa ketinggian yang terkenal, seperti Gunung Rinjani, Gunung Semeru, dan Gunung Kerinci, sementara banyak yang lainnya tidak jelas dan beberapa bahkan tidak memiliki nama resmi. Beberapa gunung terkenal di Indonesia, seperti Gunung Bromo dan Tangkuban Perahu, bukan bagian gunung Ribu karena mereka terhubung ke puncak yang lebih tinggi dengan lolos lebih tinggi dan karena itu tidak cukup mencapai topografi menonjol. Namun, terdapat kategori tambahan untuk puncak-puncak "khusus" yang terdiri dari puncak-puncak yang dianggap penting seperti bunga yang mereka pantas inklusi, walaupun secara subyektif, dalam daftar sekunder.

Istilah "Ribu" berasal dari kata Bahasa Indonesia "ribu" yang berarti "seribu" dan mencerminkan fakta bahwa untuk memenuhi syarat sebagai puncak Ribu harus memiliki seribu meter menonjol. Ada tiga kategori Ribu, sesuai dengan ketinggian mutlak puncak. "Sangat Tinggi" untuk kategori ini adalah puncak lebih dari 3000 meter tinggi, "Tinggi Sedang" untuk puncak antara tahun 2000 dan 3000 meter dan "Kurang Tinggi" untuk puncak dengan ketinggian antara 1000 dan 2000 meter. Saat ini, 192 puncak di Ribu telah diidentifikasi dan terdapat 39 puncak khusus.

Daftar puncak Ribu disusun oleh Andy Dean dan Daniel Patrick Quinn. Hingga November 2009, tak seorang pun yang telah menyelesaikan daftarnya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tempo magazine. Jardine, D., "The Ascents of Dan", Edisi 1007, p.63, 2009.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]