Gunung Gajah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gunung Gajah

Gunung Gajah
Ketinggian 1.100 meter (3.609 kaki)[1]
Lokasi
Lokasi Kecamatan Randudongkal,Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah,
Pendakian
Rute termudah Desa Kejene dan Desa Gongseng

Gunung Gajah adalah sebuah gunung di Pemalang Jawa Tengah. Secara administrasi gunung ini terletak di desa Gongseng Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang.

Gunung ini berjarak 35 km dari Kota Pemalang ke barat daya. Gunung Gajah memiliki ketinggian sekitar 1.100 mdpl, dinamakan Gunung Gajah karena bentuknya yang mirip sosok seekor Gajah. Disekitar Gunung Gajah masih banyak terlihat jenis monyet yang bergelantungan di pohon-pohon, jika hari menjelang sore bahkan mereka akan turun ke tanah mencari sisa makanan dari pengunjung yang datang.

Akses[sunting | sunting sumber]

Alternatif pertama menuju Gunung Gajah adalah melalui Desa Kejene Kecamatan Randudongkal, karena kondisi jalan jika melalui desa ini sudah beraspal sehingga bila ditempuh menggunakan kendaraan tidak akan kesulitan. Jika melalui rute dari Desa Kejene terus melewati Pucangsari, dari Pucangsari akan langsung memasuki area Hutan dengan pemandangan kanan dan kiri yang menarik, hutan yang mayoritas adalah hutan Jati.

Jika ditempuh dari Desa Kejene akan memakan waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan, akan tetapi jika ditempuh dengan jalan kaki akan memakan waktu sekitar 3-4 jam.

disarankan untuk melalui melalui Rute Desa Gongseng yang dulu hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki atau menggunakan kendaraan roda 2 saja sekarang sudah bisa menggunakan kendaraan roda 4, karena saat ini jembatan penghubung dari Kedung jati menuju Desa ini sudah menggunakan Jembatan Gelagar Besi yang dulunya masih menggunakan jembatan gantung , dan hanya bisa dilewati mengunakan kendaraan roda 2 sekarang sudah bisa dilewati kendaraan roda 4.

Di sepanjang jalan Desa Kejene dan Desa Gongseng akan banyak dijumpai warung yang menyediakan bahan perbekalan . Masyarakat desa ini juga tidak pelit untuk berbagi informasi mengenai rute menuju ke Gunung Gajah.

Bagi yang hobby Motorcross, lokasi disekitar Gunung Gajah sangat cocok untuk kegiatan ini, rute dari Desa Kejene yang sangat dianjurkan jika penggila Motorcross akan berkunjung ke Gunung Gajah menggunakan kendaraan motorcross , karena medan menuju Gunung Gajah jika ditempuh melalui rute ini sangat menarik dan menantang untuk ditaklukan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]