Gunung Sumbing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Untuk kegunaan lain dari Sumbing, lihat Sumbing (disambiguasi).
Gunung Sumbing
Sumbing, Java.jpg
Ketinggian 3.371 m (11.060 kaki)[1]
Daftar Ribu
Lokasi
Letak Jawa Tengah, Indonesia
Koordinat 7°23′02″LS 110°04′12″BT / 7,384°LS 110,07°BT / -7.384; 110.070
Geologi
Jenis Stratovolcano

Gunung Sumbing adalah gunung api yang terdapat di Jawa Tengah, Indonesia. Berdiri tegak setinggi 3.371 meter di atas permukaan laut, gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet. Gunung ini secara administratif terletak di tiga wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Magelang; Kabupaten Temanggung; dan Kabupaten Wonosobo. Bersama dengan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing membentuk bentang alam gunung kembar, seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, apabila dilihat dari arah Temanggung. Celah antara gunung ini dan Gunung Sindoro dilalui oleh jalan provinsi yang menghubungkan kota Temanggung dan kota Wonosobo. Jalan ini biasa dijuluki sebagai ""Kledung Pass".

Letusan terakhir tercatat pada tahun 1730, yang membentuk kubah lava dengan aliran lava ke arah bibir kawah terendah[2]

Gunung Sumbing mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Sebagian besar wilayah kereng gunung ini telah digunakan untuk lahan pertanian.

Jalur Pendakian[sunting | sunting sumber]

COLLECTIE TROPENMUSEUM De vulkaan Sumbing in het gewest Kedara op Midden Java TMnr 60010925.jpg

Jalur pendakian Gunung Sumbing paling populer adalah melalui pos Garung. Garung adalah sebuah desa di kaki bagian utara Gunung Sumbing, di kawasan Kledung Pass. Dekat dengan Desa Garung tersebut juga terdapat basecamp untuk pendakian ke Gunung Sindoro.

Letak Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro saling berhadapan. Banyak disebut oleh masyarakat bahwa gunung Sumbing-Sindoro adalah gunung kembar layaknya gunung Merapi-Merbabu. Tinggi yang tidak jauh berbeda, dan juga kondisi alam gunung yang juga hampir sama. Namun bagi para pendaki Gunung Sumbing memiliki trek yang lebih berat daripada Gunung Sindoro.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Gunung Sumbing

  1. ^ "Sumbing". Global Volcanism Program. Smithsonian Institution. Diakses tanggal 2006-12-26. 
  2. ^ PVMBG. 2014. http://vsi.esdm.go.id/index.php/gunungapi/data-dasar-gunungapi/543-g-sumbing?start=2. diakses pada 25 Februari 2017.

www.gunungsumbing.id adalah situs resmi gunung sumbing silakan kunjungi untuk melihat lebih