Gunung Yile-Yile

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gunung Yile-Yile
Huidu ile-ile
Titik tertinggi
Ketinggian2.073 m (6.801 ft)
Penamaan
Nama lokalHuidu Yile-Yile
Geografi
LetakSumalata, Kabupaten Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Pulau Sulawesi, Indonesia

Gunung Yile-Yile atau Gunung ile-ile adalah nama sebuah gunung yang terletak di Pegunungan Boliyohuto, tepatnya di wilayah Sumalata, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Pulau Sulawesi.[1]

Gunung Yile-Yile memiliki ketinggian 2.073 mdpl dan menjadi gunung tertinggi di Provinsi Gorontalo.[2] Titik tertinggi di ini sering disebut juga oleh para pendaki dengan nama Puncak ile-ile.

Nama Lokal[sunting | sunting sumber]

Gunung Yile-Yile dikenal dengan nama "Huidu Yile-Yile atau Huidu ile-ile". Dalam Bahasa Gorontalo, Huidu berarti Gunung dan Yile-Yile merupakan nama lokal yang merujuk pada wilayah ini.

Atap Negeri Gorontalo[sunting | sunting sumber]

Puncak ile-ile di Gunung Yile-Yile menjadi titik tertinggi yang bisa "diakses langsung" oleh para pendaki di wilayah Provinsi Gorontalo.

Meskipun Gunung Tentolomatinan menjadi titik tertinggi di wilayah Barat Laut Gorontalo, namun akses pendakian terdekatnya justru harus melalui Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Admin (2020-02-01). "Tim Gabungan Mapala Lakukan Ekspedisi Pegunungan Boliyohuto Puncak Ile-Ile". Pojok6.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-23. Diakses tanggal 2023-05-23. 
  2. ^ "Gunung Yile-Yile (Huido ile-ile)". peakvisor.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-25. Diakses tanggal 2023-05-24.