Gunung Telomoyo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gunung Telomoyo
Ambarawa Bypass Road from Eling Bening, 2017-03-15.jpg
Jalan Bypass Ambarawa dari Eling Bening, 2017. Di latar belakang adalah Danau Rawa Pening dan Gunung Merbabu (kiri) dan Gunung Telomoyo,
Titik tertinggi
Ketinggian1.894 m (6.213 kaki)
Geografi
LetakJawa Tengah, Indonesia
Jalan menuju puncak Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo (bahasa Jawa: Télåmåyå, Han.: ꦒꦸꦤꦸꦁꦠꦺꦭꦩꦪ) adalah gunung yang terletak di wilayah Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 1.894 m dpl dan merupakan gunung api yang berbentuk strato (kerucut) tetapi belum pernah tercatat meletus. Ia terlihat dari kota-kota sekitarnya, seperti Salatiga, Ambarawa, dan Secang, Magelang.

Gunung ini diapit oleh Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Sumbing, dan Gunung Ungaran. Ia terbentuk dari sisi selatan Gunung Soropati yang telah tererosi dan runtuh sejak masa Pleistosen. Akibat runtuhan ini, terbentuk cekungan berbentuk U yang membuka ke arah tenggara. Gunung Telomoyo muncul di sebelah selatan depresi ini setinggi 600 m dari dasar cekungan.

Jalur ke puncak Gunung Telomoyo telah diaspal sehingga dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan maupun berjalan kaki. Terdapat air terjun kecil di pertengahan jalan menuju puncak gunung. Pemandangan di sekitar gunung ini sangat bagus. Di puncak gunung ini sekarang banyak didirikan menara penerus sinyal radio.

panorama pemandangan gunung Sumbing, Sindoro, dan Prau dilihat dari tanjakan sebelum puncak Telomoyo.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]