Gunung Pesagi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gunung Pesagi
Puncak gunung pesagi.jpg
Titik tertinggi
Ketinggian3.262 mdpl
Geografi
LetakKabupaten Lampung Barat, Indonesia
Geologi
Jenis gunungStratovolcano (Tidak Pernah Aktif)

Gunung Pesagi adalah salah satu dari 12 Gunung yang ada di provinsi Lampung, Indonesia. Dari beberapa gunung tersebut, Pesagi. Bukit Humatang Sulang adalah gunung yang mempunyai puncak paling tertinggi yang ada di Lampung. Ketinggian puncak dari gunung ini mencapai 3.262 mdpl bila diukur dari atas permukaan laut. Sedangkan ketinggian dari punggung Pegunungan Bukit Barisan yang terletak di Kabupaten Lampung Barat memikiki ketinggian 1000 mdpl[1]. Dataran tanah Sekala Brak di ketinggian 500 mdpl.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Lokasi gunung Pesagi sendiri terletak di kecamatan Belalau, Balik Bukit dan Batu Brak, Belalau, Balik Bukit dan Batu Brak yang masih masuk dalam wilayah Kabupaten Lampung Barat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan oleh para ahli arkeologi, gunung Pesagi (Humatang Sulang) merupakan tempat dimana suku Tumi yaitu kerajaan Sekala Brak Kuno pernah berdiri sekitar abad 3 M. Kerajaan Sekala Brak adalah kerajaan asli dari tanah Lampung. Penduduk yang berada dibawah kekuasaan kerajaan Sekala Brak inilah yang merupakan nenek moyang dari etnis asli Suku Lampung.

Berdasarkan penelitian itu juga diketahui bahwa Kepaksian Sekala Brak pernah berdiri dalam dua era yang berbeda. Era pertama, yaitu pada kepercayaan animisme bercorak hindu biarawa dan menganut animisme kedalam lingkungan kerajaan Sekala Brak (Kepaksian Sekala Brak), Dahulu Kepaksian adalah Sebutan Kerajaan saat ini. Sementara era termuda adalah ketika Islam masuk ke kerajaan yang ada di Lampung ini sekitar abad ke-12 Masehi 29 Rajab 688 Hijriyah dengan raja terakhir kerajaan Sekala Brak adalah seorang laki-laki yang bernama Ratu Sekaghummong dan saat islam masuk dibawa oleh 4 (empat) putra dari Umpu Ngegalang Paksi gelar Sultan Ratu Ngegalang Paksi yang bernama Ratu Bejalan di Way, Umpu Belunguh, Umpu Pernong gelar Sultan Ratu Buay Pernong dan Ratu Nyerupa mereka membuat Paksi Pak Sekala Brak sebagai empat pemegang tertinggi di Kepaksian Sekala Brak sebagai bagian dari Kerajaan di Nusantara yang salah satu daerah kekuasaannya adalah Kepaksian Pernong beribu negeri di Hanibung Batu Brak, Kepaksian Nyerupa di Tampak Siring, Bejalan Diway berada di Puncak dan Kepaksian Belunguh berada di Tanjung Menang, Dengan wilayah searah jarum jam Bukit humatang sulang, Tebak, suoh, tanjung cina, tebu tegattung, danau ranau. Pada Jaman Pra-sejarah Kepaksian Sekala Brak menjadi Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak[2][3][4]

Gallery[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. http://digilib.isi.ac.id/5905/2/BAB%20IV%20Penutup.pdf
  2. http://repository.radenintan.ac.id/3439/22/BAB%20%20II-Acc.pdf