Gunung Pojoktiga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Gunung Pojoktiga
Titik tertinggi
Ketinggian 1.354 m (4.442 Kaki)
Koordinat 7°09′07″LS 108°41′38″BT / 7,15207°LS 108,693898°BT / -7.152070; 108.693898
Geografi
Letak Perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat, Indonesia

Gunung Pojoktiga adalah gunung di Pulau Jawa dan merupakan puncak tertinggi di rangkaian Pegunungan Pojoktiga-Lio yang membelah Pulau Jawa menjadi dua. Gunung ini terletak di perbatasan Provinsi Jawa Barat dengan Jawa Tengah. Di Jawa Barat gunung ini mencangkup Kecamatan Karangkancana, Kabupaten Kuningan. Sedangkan di wilayah Jawa Tengah mencangkup Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes dan Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap. Gunung Pojoktiga memiliki ketinggian 1.354 meter dari permukaan air laut. Sejumlah puncak lainnya ada Puncak Sawah (1.326 Mdpl), Puncak Baturungkupan (1.274 Mdpl dan Puncak Karangtengah (1.284 Mdpl). Sungai yang berhulu dari Gunung Pojoktiga antara lain Ci Taal, Ci Dayeuh, Ci Jalu, dan Ci Tatah.

Pada masa perang kemerdekaan, wilayah Gunung Pojoktiga merupakan daerah strategis bagi perlawanan melawan penjajah. Ketika para pejuang di perkotaan (daerah dataran rendah Pantura) mulai terdesak, maka mereka akan lari untuk menyusun pertahanan kembali di Pojok Tiga. Karakteristik medan yang dimiliki dan medan yang sangat sulit untuk dilewati, bagi yang belum mengenal daerah tersebut, mengakibatkan medan tempur yang sangat sempurna untuk perang gerilya.

Pada zaman di awal kemerdekaan, gunung ini pula yang dijadikan basis pertahanan DI/TII pimpinan Amir Fatah. Daerah pertahanan Gunung Pojoktiga dan Kumbang merupakan daerah yang terakhir berhasil dibebaskan oleh TNI dari DI/TII.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]