Gunung Welirang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Gunung Welirang
Arjuno Welirang Penanggungan from Sidoarjo.jpg
Kompleks Pegunungan Arjuno-Welirang dan Penanggungan dari arah Sidoarjo. Gunung Welirang terletak di paling kanan dari rangkaian pegunungan sebelah kiri.
Ketinggian 3.156 m (10.354 kaki)
Lokasi
Letak Kabupaten Malang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia
Geologi
Jenis Stratovolcano

Gunung Welirang adalah sebuah gunung berapi aktif dengan ketinggian 3.156 m dpl yang secara administratif terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang dan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Gunung Welirang berada dalam pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Gunung Welirang bersebelahan dengan Gunung Arjuno, Gunung Kembar I, dan Gunung Kembar II. Puncak Gunung Welirang terletak pada satu punggungan yang sama dengan puncak gunung Arjuno, sehingga kompleks ini sering disebut juga dengan Arjuno-Welirang. Kompleks Arjuno-Welirang sendiri berada di dua gunung berapi yang lebih tua, Gunung Ringgit di timur dan Gunung Linting di selatan. Area Fumarol dengan cadangan belerang ditemukan di sejumlah lokasi pegunungan ini.

"Welirang" atau Walirang (nama kunanya) dalam bahasa Jawa berarti belerang. Di sekujur lerengnya ditumbuhi tetumbuhan kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Jalur pendakian dapat dilakukan melalui Desa Jubel, Kecamatan Pacet, Mojokerto. Di bagian sekitar puncak hidup tumbuhan endemik yang dinamakan penduduk setempat sebagai manis rejo.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]