Pegunungan Baturagung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Puncak Gunung Baturagung atau yang biasa disebut Puncak Tugu Magir dengan latar belakang Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Klaten.

Pegunungan Baturagung merupakan pegunungan yang membentang di sisi timur Kabupaten Bantul dan sisi utara Kabupaten Gunungkidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta serta sebagian Kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa Tengah. Rangkaian Pegunungan Baturagung ini dimulai dari bagian barat pada tinggian Gunung Sudimoro (507 m) di daerah Dlingo, Bantul lalu ke utara hingga daerah Patuk, Gunungkidul dan berbelok ke timur melalui Gunung Nglanggeran lalu Gunung Baturagung (828 m) hingga Gunung Gajahmungkur (737 m) di Wonogiri. Di bagian timur pegunungan ini terdapat tinggian yang agak terpisah yaitu antara Gunung Panggung (706 m) dan Gunung Gajahmungkur.[1][2][3]

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Batuan di pegunungan ini hampir seluruhnya merupakan batuan asal gunungapi seperti tuf, breksi gunungapi, aglomerat, batupasir dan batulanau. Stratigrafi penyusun Pegunungan Baturagung adalah Formasi Kebo-Butak, Formasi Semilir, Formasi Nglanggran dan Formasi Sambipitu sedangkan pada Gunung Gajahmungkur merupakan bagian dari Formasi Mandalika.[3][4]Puncak tertinggi pegunungan ini yang sekaligus merupakan puncak tertinggi di Gunungkidul adalah puncak Tugu Magir yang berada di kawasan wisata Embung Sriten.

Potensi Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Pariwisata yang menonjol di sekitar Pegunungan Baturagung adalah wisata alam. Ada banyak tempat wisata yang sudah lama ada maupun yang baru dikembangkan antara lain:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pembagian Zona Kabupaten Gunungkidul". bpbdgunungkidul.blogspot.co.id. Diakses tanggal 2017-04-02. 
  2. ^ "Analisis Geologi dan Geomorfologi Kabupaten Bantul". Dewiultralight08's Blog. 2012-02-10. Diakses tanggal 2017-04-02. 
  3. ^ a b MualMaul (2009-10-06). "SEJARAH GEOLOGI ZONA PEGUNUNGAN SELATAN JAWA TIMUR". Wingman Arrows. Diakses tanggal 2017-04-02. 
  4. ^ Surono; B.Toha; I. Sudarno (1992). Peta Geologi Lembar Surakarta - Giritontro, Jawa. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi.