Pantai Kedung Tumpang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kedung Tumpang merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.[1] Pantai ini dikenal dengan salah satu pantai dengan adanya karang-karang dan tebing yang terjal yang dapat menjadi salah satu hal untuk menarik wisatawan.[1] Selain itu, dengan adanya ceruk (lekukan yang berbentuk seperti kolam) di tengah karang-karang tersebut, wisatawan dapat menggunakannya untuk berenang. Penduduk di sekitar lokasi tersebut kadang kala menyebut kolam itu dengan kedung atau lubuk atau bagian sungai yang dalam.[1]

Selain untuk berwisata, wisatawan yang berkunjung ke pantai tersebut dapat pula mendirikan perkemahan di area parkir.[2] Lokasi perkemahan ini sangat cocok untuk menikmati suasana laut luas, bahkan kadang kala melihat lumba-lumba yang sedang berada di dekat pantai tersebut.[3]

Untuk mencapai lokasi wisata ini, pengunjung harus melalui Blitar atau Kediri, atau untuk rute termudah dapat melalui Kota Tulungagung.[4]

Mitos larangan membawa jeruk[sunting | sunting sumber]

Terdapat larangan untuk membawa buah jeruk berbagai jenis ke pantai ini, dikarenakan orang yang membawa jeruk tersebut dapat dibawa hanyut[5] oleh ombak yang tiba-tiba menjadi ganas.[6] Larangan ini juga berlaku ketika pelarungan di laut, dimana tidak ada jeruk di dalam sesaji.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Pantai Kedung Tumpang, Primadona Baru Wisata Jatim". nationalgeographic.co.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-01-31. Diakses tanggal 2 Februari 2016. 
  2. ^ "Indahnya Pantai Kedung Tumpang, Mirip Kolam Alami Dikelilingi Karang Eksotis". iNews.ID. 8 Oktober 2019. Diakses tanggal 4 September 2021. 
  3. ^ "Keren! Dulu Rutenya Berbahaya, Kolam Renang Alami Ini Makin Ramai". jpnn.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-02-02. Diakses tanggal 2 Februari 2016. 
  4. ^ "Kolam Alami Pantai Kedung Tumpang Ditemukan". sindonews.com. Diakses tanggal 2 Februari 2016. 
  5. ^ Okezone (5 April 2021). "Kalau Bawa Jeruk di Pantai Ini Nyi Roro Kidul Murka? : Okezone Travel". travel.okezone.com/. Diakses tanggal 4 September 2021. 
  6. ^ "Pantai Kedung Tumpang di Tulungagung dan Larangan Membawa Jeruk ke Tempat Ini". Tribunnews.com. Diakses tanggal 4 September 2021. 
  7. ^ rctiplus.com (23 Agustus 2021). "Pantai Kedung Tumpang Tulungagung, Tempat Wisata dan Upacara Adat". rctiplus.com. Diakses tanggal 4 September 2021.