Kalis, Kapuas Hulu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kalis
Negara Indonesia
ProvinsiKalimantan Barat
KabupatenKapuas Hulu
Pemerintahan
 • Camat-Mahmud Syahdan
Populasi
 • Total14,345 (2.012) jiwa
Kode pos
78756
Kode Kemendagri61.06.18 Edit the value on Wikidata
Luas2.519,58 km²
Desa/kelurahan17

Kalis adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Indonesia yang di lalui oleh sungai Manday. Jumlah penduduk sebanyak 14.345 jiwa menjadikan kecamatan kalis sebagai kecamatan dengan penduduk terbanyak ke-5 di Kabupaten Kapuas Hulu, dengan pusat pusat pemerintahannya yang berada di Kalis Raya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Kalis terbentuk secara resmi pada tanggal 17 Juni 1996 yang dilaksanakan secara terpusat di Sanggau berdasarkan PP No. 39 Tahun 1996 tentang Pembentukan 16 (Enam Belas) Kecamatan di Wilayah Kabupaten Daerah Tingkat II Pontianak, Sanggau, Sambas, Sintang, Ketapang dan Kapuas Hulu Dalam Wilayah Provinsi Daerah Tingkat I Kalimantan Barat. Kecamatan Kalis pada awalnya merupakan bagian dari Kecamatan Manday (sekarang Kecamatan Bika).

Demografi[sunting | sunting sumber]

Jumlah penduduk terbanyak terdapat di dua daerah, yang sekaligus menjadi pusat pemerintahan yaitu Nanga Kalis (584 KK) dan Kalis Raya (465 KK).

Sebanyak 7.826 jiwa atau 50% jumlah penduduknya menganut agama Khatolik yang kabanyakan merupakan Suku asli Kalis (Dayak) dan biasanya hanya bisa ditemui di daerah-daerah pedalaman. 35% penduduknya merupakan Muslim yang terpusat di Kalis Raya, Nanga kalis, dan Semerantau, dengan penganut terbanyak adalah suku Melayu. 10% Protestan, dan 1% penganut Konghuchu