Kabupaten Dogiyai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Dogiyai)
Lompat ke: navigasi, cari
Kabupaten Dogiyai
Kabdogiyai.jpg
Lambang Kabupaten Dogiyai
Moto: Dogiyai Dou Enaa



Peta lokasi Kabupaten Dogiyai
Koordinat: -
Provinsi Papua
Dasar hukum UU Nomor 8 Tahun 2008
Tanggal 4 Januari 2008
Ibu kota Mapia Barat
Pemerintahan
 - Bupati Thomas Tigi
 - Wakil Bupati Herman Auwe
 - DAU Rp. 388.183.045.000.-(2013)[1]
Luas 4.237,4 km2
Populasi
 - Total 51.805 jiwa
 - Kepadatan 12,23 jiwa/km2
Demografi
 - Kode area telepon -
Pembagian administratif
 - Kecamatan 7
 - Kelurahan -
 - Situs web www.dogiyaikab.go.id
Peta Kabupaten Dogiyai
Peta Infrastruktur Kabupaten Dogiyai (2012).gif
Peta Adminsitrasi Dogiyai
Ibukota kabupaten Dogiyai

Kabupaten Dogiyai adalah sebuah kabupaten di Provinsi Papua, Indonesia. Wilayah kabupaten ini dulu tercakup dalam Kabupaten Nabire. Pusat pemerintahan Kabupaten Dogiyai secara definitif berada di Kigamani, Distrik Kamu.

Kabupaten ini dibentuk pada tanggal 4 Januari 2008 berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2008, bersama-sama dengan pembentukan 5 kabupaten lainnya di Papua. Peresmiannya dilakukan oleh Mendagri Mardiyanto pada tanggal 20 Juni 2008 di Nabire.[2]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Dogiyai terletak pada posisi 3o57 4o15 Lintang Selatan dan 135o20 136o37 Bujur Timur. Kabupaten Dogiyai yang beribukota di Kigamani terbagi dalam 79 Desa 10 Kecamatan, Diantaranya Kecamatan Sukikai Selatan, Kecamatan Piyaiye, Kecamatan Mapia Barat, Kecamatan Mapia Tengah, Kecamatan Mapia, Kecamatan Dogiyai, Kecamatan Kamu Selatan, Kamu, Kecamatan Timur, dan Kecamatan Utara.

Kabupaten Dogiyai adalah kabupaten yang wilayahnya terletak di pegunungan tengah Pulau Papua, memiliki posisi strategis bagi lalu lintas perdagangan dan transportasi antara kabupaten di daerah pesisir dan daerah pegunungan di wilayah Papua. Hal ini karena Kabupaten Dogiyai terletak diantara Kabupaten Nabire dan Kabupaten Paniai.

Kabupaten Dogiyai memiliki topografi yang bervariasi mulai dari dataran bergelombang, berbukit dan pegunungan. Wilayah perbukitan dan pegunungan mendominasi hampir 85 persen wilayah Kabupaten Dogiyai dan masih dipenuhi hutan alami.

Berdasarkan perbedaan geomorfologisnya wilayah Kabupaten Dogiyai dapat dikelompokkan menjadi 2 (dua) Zona agrolosistem, yaitu :

Zona ketinggian sedang 600 a500 dpl.

Zona dataran tinggi diatas 600 dpl.

Lereng bukit dan daerah pegunungan / dataran tinggi pada umumnya mempunyai jenis tanah Podzolik Merah, Hidromorf Kelabu, Merah sampai kuning.

Pada umumnya Kabupaten Dogiyai beriklim tropis basah dengan curah hujan hampir sepanjang tahun. Suhu udara dipengaruhi oleh ketinggian letak dimana setiap kenaikan 100 m dari permukaan air laut mengalami penurunan rata-rata 0,60 C, sehingga dengan topografi yang bervariasi di dataran tinggi maka suhu udara di kabupeten Dogiyai berkisar antara 22,6 C sampai dengan 33,1 C dengan suhu rata-rata pada Tahun 2009 mencapai 27 C.

Kampung/Desa per Distrik[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah daftar kampung/desa per distrik di Kabupaten Dogiyai, berdasarkan Master Wilayah Skema 456 Kabupaten/Kota (Keadaan Desember 2007), terbitan Badan Pusat Statistik, dengan beberapa penyesuaian. Pada saat itu wilayah yang kini menjadi Kabupaten Dogiyai masih berada dalam Jurisdiksi Kabupaten Nabire, beberapa distrik baru masih belum terbentuk. Distrik Kamu Barat, Distrik Kamu Utara dan Distrik Kamu Selatan masih menjadi bagian dari Distrik Kamu. Kemudian Distrik Mapia Barat masih menjadi bagian dari Distrik Mapia dan yang terakhir adalah Distrik Sukikai Selatan masih menjadi bagian dari Distrik Sukikai. Semua hal ini berdampak pada masih dituliskannya kampung-kampung atau desa-desa sebagai bagian dari distrik-distrik lamanya.

No. Distrik Desa/Kampung
1 Kamu Abgoigi, Bobubutu, Bogiyateugi, Botumuma, Bukapa, Denemani, Digikebo, Dikiyouwa, Dogimani, Egebutu, Ekemenida, Idadagi, Idakotu, Ikebo, Kegemani, Kimipugi, Makidimi, Matadi, Mauwa, Moanemani, Motito, Obaibega, Pona, Pouwoda, Puweta, Puweta II, Sukamaju, Tokapo, Tuwaida, Ugikagouda, Ugikebo, Uputapa, Yepo
2 Kamu Selatan masih dituliskan bersama-sama Distrik Kamu
3 Kamu Timur masih dituliskan bersama-sama Distrik Kamu
4 Kamu Utara masih dituliskan bersama-sama Distrik Kamu
5 Mapia Abaimaida, Abaugi, Abouyaga, Adauwo, Atou, Bomomani, Dawaikunu, Diyeugi, Diyoudimi, Gabaikunu, Gapoya, Magode, Maikotu, Megaikebo, Modio, Obaikagopa, Putapa, Timepa, Tobaikebo, Tuamani, Ugida, Ukudawata, Upibega
6 Mapia Barat masih dituliskan bersama-sama Distrik Mapia
7 Sukikai Aporomakida, Deneiode, Egipa, Ideduwa, Iyaro, Kegata, Sukikai, Tekekota, Ukagu, Unito, Wigoumakida, Yegeiyepa
8 Sukikai Selatan masih dituliskan bersama-sama Distrik Sukikai

Batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

Utara Distrik Siriwo, Kabupaten Nabire
Selatan Distrik Mimika Barat, Kabupaten Mimika
Barat Distrik Uwapa, Kabupaten Nabire, Kabupaten Kaimana dan Papua Barat
Timur Distrik Paniai Barat, Kabupaten Paniai

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Perpres No. 10 Tahun 2013". 2013-02-04. Diakses 2013-02-15. 
  2. ^ Gatra Daring Mendagri resmikan enam kabupaten baru. Diakses 20 Juni 2008