Laskar Pelangi (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Laskar Pelangi
Laskar Pelangi film.jpg
Poster rilis teatrikal
Sutradara
Produser
Penulis
Didasarkan
dari
Laskar Pelangi
oleh Andrea Hirata
Pemeran
Penata musik
SinematograferYadi Sugandi
Distributor
Tanggal rilis
  • 25 September 2008 (2008-09-25)
Durasi125 menit
Negara
Bahasa
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Melayu
AnggaranRp 8 miliar[1]
Pendapatan
kotor
Rp 61,3 miliar

Laskar Pelangi adalah sebuah film drama Indonesia tahun 2008 yang disutradarai oleh Riri Riza dari skenario yang ditulis oleh Salman Aristo bersama Riri dan Mira Lesmana berdasarkan novel berjudul sama karya Andrea Hirata. Film ini diproduksi oleh Miles Films bersama Mizan Productions dan SinemArt.

Film Laskar Pelangi mencetak rekor film Indonesia terlaris sepanjang masa dengan 4,6 juta penonton.[1][2] Rekor ini dipegang oleh film ini selama delapan tahun hingga dipatahkan oleh film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 pada tahun 2016.[3]

Untuk mencari pemeran tokoh-tokoh anggota Laskar Pelangi, Riri Riza melakukan casting di daerah Belitung dengan menggunakan pemeran-pemeran lokal dalam pembuatan film. Film ini juga diambil di lokasi yang sama, Pulau Belitung. Film ini memadukan 12 aktor Indonesia yang dikenal dengan kemampuan akting mereka dengan 12 anak-anak Belitung asli yang bertalenta akting.[4]

Film Laskar Pelangi ditayangkan di bioskop Indonesia mulai 25 September 2008 serta diputar di sejumlah layar tancap untuk daerah yang tidak terjangkau bioskop.[5]

Daftar Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran Utama[sunting | sunting sumber]

Pemeran pendukung[sunting | sunting sumber]

Album tema[sunting | sunting sumber]

OST. Laskar Pelangi
Ost Laskar Pelangi.jpg
Album studio karya Kompilasi
Dirilis2008
Direkam2008
GenrePop
LabelTrinity Optima Production
Miles Music
ProduserMira Lesmana

OST. Laskar Pelangi adalah album kompilasi beberapa musisi ternama Indonesia yang digunakan untuk mengiringi film tahun 2008, Laskar Pelangi.[6]

Album lagu tema film ini diproduseri oleh Mira Lesmana dengan lagu utama "Laskar Pelangi" yang dibawakan oleh grup musik Nidji. Sementara itu, lagu lainnya dibawakan oleh Sherina, Netral, Gita Gutawa, Ipang, Meng Float, Garasi, Gugun & The Bluesbug, dan salah satu lagu yang ditampilkan dalam film "Bunga Seroja" dinyanyikan oleh Verrys Yamarno yang memerankan tokoh Mahar.

Lagu-lagu yang ditampilkan dari album lagu tema tersebut antara lain "Laskar Pelangi" oleh Nidji sebagai lagu penutup, "Sahabat Kecil" oleh Ipang dalam adegan yang menggambarkan kegiatan anak-anak Laskar Pelangi saat libur sekolah dan "Bunga Seroja" oleh Verrys Yamarno dalam adegan Ikal berkhayal dihibur oleh Mahar dan semua teman. Sementara itu, lagu lainnya adalah lagu "Begadang 2" oleh Rhoma Irama dalam adegan Ikal akan bertemu A Ling untuk pertama kali.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

  1. "Laskar Pelangi" (Nidji)
  2. "Ku Bahagia" (Sherina)
  3. "Lintang" (Netral)
  4. "Tak Perlu Keliling Dunia" (Gita Gutawa)
  5. "Sahabat Kecil" (Ipang)
  6. "Waltz Musim Pelangi (Meng Float)
  7. "Sahabat" (Garasi)
  8. "Mengejar Harapan" (Gugun & The Bluesbug)
  9. "Bunga Seroja" (Verrys Yamarno & Mara Karma)

"Tak Perlu Keliling Dunia" adalah lagu kelima dari album kompilasi Laskar Pelangi dan merupakan single ketiga dari keseluruhan single penyanyi Gita Gutawa. Lagu ini sendiri bermakna tidak jauh dari film Laskar Pelangi, yaitu mengajarkan bahwa kita tidak perlu keliling dunia untuk mencari yang terbaik, karena negeri kita sendiri sudah kaya akan yang terbaik. Lagu ini juga terinspirasi dari Ikal dalam film Laskar Pelangi yang sangat terpesona dengan kuku dari A Ling, dan mengatakan bahwa ia tidak perlu keliling dunia untuk menemukan kuku terindah, karena kuku terindah tersebut sudah ia temukan sendiri.

Tangga Lagu[sunting | sunting sumber]

Lagu ini merupakan komersial yang lumayan sukses di tangga lagu Indonesia, berhasil menduduki posisi #6 di Inbox, #4 di Dahsyat, #2 di MTV Ampuh, #1 di Klik dan On The Spot.

Chart (2008 - 2009) Posisi
MTV Ampuh 3
Inbox 6
Dahsyat 4
On The Spot 1
Klik 1

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Media, Kompas Cyber (2008-11-14). "Laskar Pelangi Pecahkan Rekor". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2022-05-17. 
  2. ^ Rachmawati, Yunita (23 Desember 2009). "'SANG PEMIMPI' Masih di Bawah 'LASKAR PELANGI'". KapanLagi.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-05-17. 
  3. ^ Media, Kompas Cyber (2016-09-21). "Raup 4,6 Juta Penonton, "Warkop DKI Reborn" Jadi Film Terlaris Indonesia". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2022-05-17. 
  4. ^ Media, Kompas Cyber (2008-09-26). "Kisah di Balik Film Laskar Pelangi Halaman all". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2022-05-17. 
  5. ^ "'Laskar Pelangi' Segera Tayang di Layar Tancap". detikhot. Diakses tanggal 2022-05-17. 
  6. ^ "Album Soundtrack Laskar Pelangi Dirilis". liputan6.com. 2008-09-06. Diakses tanggal 2022-05-17. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]