Ketika Cinta Bertasbih (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ketika Cinta Bertasbih
Poster film Ketika Cinta Bertasbih.jpg
Sutradara
Produser
  • Mitzy Christina
  • Cindy Christina
Penulis
Penulis skenarioImam Tantowi
Didasarkan
dari
Ketika Cinta Bertasbih
oleh Habiburrahman El Shirazy
Pemeran
Penata musik
SinematograferRudy Kurwet
PenyuntingRizal Basri
Perusahaan
produksi
Tanggal rilis
  • 11 Juni 2009 (2009-06-11) (Indonesia)
Durasi120 menit
Negara
Bahasa
Penghargaan
Anugerah Syiar Ramadan 2022

Ketika Cinta Bertasbih adalah film drama religi Indonesia tahun 2009 yang disutradarai oleh Chaerul Umam berdasarkan novel berjudul sama karya Habiburrahman El Shirazy. Film produksi SinemArt Pictures ini dibintangi oleh Kholidi Asadil Alam, Oki Setiana Dewi, dan Alice Sofie Norin. Ketika Cinta Bertasbih tayang perdana di bioskop Indonesia pada 11 Juni 2009.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Khairul Azzam, seorang mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Universitas Al-Azhar, Kairo. Ia sangat bekerja keras menuntut ilmu sekaligus berjuang menghidupi ibu dan adik-adiknya di kampung. Selain itu, ia juga berjuang menemukan jodohnya dengan tetap memegang teguh ajaran agama.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penampilan spesial

Audisi[sunting | sunting sumber]

Untuk lebih menampilkan nafas islami dalam film ini, dilakukan audisi untuk memilih pemeran lima tokoh utama, yaitu Azzam, Furqon, Anna, Husna, dan Eliana. Audisi awal dilakukan di 9 kota. Selain kemampuan akting, para peserta juga menjalani tes membaca Al-Quran, mengaji, dan akhlak keagamaan. Peserta dinilai oleh tim juri audisi yang terdiri dari Chaerul Umam, Neno Warisman, Didi Petet, Deddy Mizwar, dan Habiburrahman El Shirazy selaku penulis novel Ketika Cinta Bertasbih. Pada akhirnya terpilih lima orang pemeran, yaitu Kholidi Asadil Alam sebagai Azzam, Andi Arsyil Rahman sebagai Furqon, Oki Setiana Dewi sebagai Anna, Meyda Sefira sebagai Husna, dan Alice Norin sebagai Eliana.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]