Upik Abu dan Laura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Upik Abu dan Laura
Genre
PembuatSinemArt
SutradaraDesiana Larasati
Pemeran
Lagu pembuka"You Say Aku" — Cinta Laura
Lagu penutup"You Say Aku" — Cinta Laura
Negara asalBendera Indonesia Indonesia
Bahasa asliIndonesia
Jmlh. episode103 (daftar episode)
Produksi
ProduserLeo Sutanto
Lokasi produksiJakarta
Durasi90—120 menit (2 jam)
Rilis
Jaringan asli
Format gambar480i Standard Definition Television (SDTV)
Tanggal tayang asli30 Juni (2008-06-30) –
19 Oktober 2008 (2008-10-19)
Kronologi
Didahului olehGara-Gara Cinta
Dilanjutkan olehAqso dan Madina
Pranala luar
[www.sinemart.com Situs web]

Upik Abu dan Laura adalah sinetron yang ditayangkan oleh RCTI yang diproduksi oleh SinemArt pada tahun 2008 mulai tanggal Senin, 30 Juni 2008 dan tamat tanggal Minggu, 19 Oktober 2008 berapa jumlah oleh 103 Episode. dengan lagu tema soundtrack yang diambil berjudul You Say Aku yang penyanyikan vokal oleh Cinta Laura dengan sinetron ini dibintangi antara lain oleh Alyssa Soebandono, Cinta Laura, Irwansyah, Glenn Alinskie, Lucky Perdana dan Bobby Joseph setiap hari pukul 17.30 WIB.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Oppie dan Laura adalah dua remaja yang sangat bertolak belakang, baik karakter maupun kehidupannya. Oppie (Alyssa Soebandono) adalah seorang gadis pintar, sangat sederhana, pekerja keras dan yatim piatu. Ia tinggal bersama kakaknya, Rangga (Irwansyah), di sebuah rumah yang sekaligus menjadi penampungan anak-anak yatim piatu dan anak-anak telantar.

Sementara itu, Laura (Cinta Laura Kiehl) adalah seorang gadis cantik, manja, liar, kaya, gaul, dan sombong. Segala fasilitas hidup mewah yang diberikan papanya, Ronald (Ferry Salim), seorang konglomerat membuat Laura tumbuh menjadi gadis yang suka hura-hura. Baginya hidup itu mudah dan menyenangkan, mau apapun tinggal gesek kartu, beres!!

Laura dan Oppie bersekolah di satu sekolah, SMU Bentara Budaya yang merupakan salah satu SMU terkenal di Jakarta. Dimana Laura menduduki peringkat pertama kepopuleran sebagai gadis kaya dan suka pesta. Kemana-mana, Laura selalu bersama teman segang-nya, Renne (Izalna Balqis) dan Jessie (Masayu Clara). sedangkan Oppie popular karena kepintarannya dimana ia bersekolah di sana karena mendapatkan beasiswa.

Jujur, Laura tidak sudi bersaing kepopuleran dengan Oppie yang biasa dipanggilnya dengan sebutan "Oppie Abu". Laura selalu menghina dan mengolok-olok Oppie, sementara Oppie cuek bebek, karena menurutnya Laura hanya gadis yang sombong dan bodoh!

Mereka berdua akhirnya jadi bermusuhan, apalagi saat Laura tahu Oppie bekerja di perusahaan ayahnya sebagai cleaning service paruh waktu, dan ayahnya sering membandingkan Laura dengan Oppie yang mandiri dan pintar. Selain itu, geng Laura juga membenci Oppie, karena Tristan (Bobby Joseph) cowok populer di sekolah mereka sering kali membela Oppie.

Hingga pada suatu hari, Ronald sadar bahwa keborosan dan keliaran Laura semakin tidak terkendali. Ronald secara bertahap mulai mencabut fasilitas yang Laura terima, agar Laura sadar akan segala tingkahnya yang sudah mulai keterlaluan. Laura pun terpaksa harus mengikuti aturan Ronald, termasuk untuk menerima Oppie sebagai guru lesnya.

Permusuhan Laura dan Oppie pun semakin membara, Laura merasa terhina sedangkan Oppie seperti punya senjata untuk menjatuhkan Laura. Hingga suatu hari Laura pun ngerjain Oppie di rumahnya saat sedang les. Sialnya Laura, ayahnya memergoki tindakannya. Ronald benar-benar marah besar, sampai-sampai ia mengusir Laura dari rumah. Laura tidak percaya ayahnya tega melakukan itu, karena selama ini ia yakin bahwa tindakan tegas ayahnya hanya untuk sementara. Laura menaruh sedikit harapan jika ayahnya akan kasihan dengannya. Tapi ternyata keputusan Ronald sudah final, tidak ada tawar-menawar lagi untuk Laura, karena menurutnya itu semua untuk kebaikan Laura. Laura boleh pulang ke rumah bila ia sudah benar-benar berubah.

Dengan kesal dan sedih, Laura pun terpaksa membereskan barang-barangnya dan pergi dari rumah tanpa tahu harus ke mana. Laura harus berjuang untuk mengurus dan menghidupi dirinya sendiri. Tetapi tanpa sepengetahuan Laura, Ronald mengutus anak buahnya untuk memantau Laura selama 24 jam, dan melaporkan semuanya ke Ronald.

Perjuangan berat pun harus Oppie alami. Ia harus berjuang atas rumahnya, yang akan segera digusur untuk pembangunan mal. Oppie tidak hanya memikirkan dirinya sendiri, tetapi juga anak-anak jalanan yang selama ini ia dan Rangga tampung. Mereka semua tak tahu harus ke mana, karena tidak punya cukup uang untuk mencari tempat tinggal lain.

Dalam masa yang sama, Laura dan Rangga mulai saling jatuh cinta sementara Oppie mula ingin menjauhi Tristan yang menyayanginya walaupun Oppie juga menyayangi Tristan. Tidak lama kemudian, Orangtua Laura dan Tristan saling menjodohi mereka karena tidak menpersetujui hubungan Laura dan Tristan yang menyukai orang yang tidak se-level dan setaraf mereka yaitu Rangga dan Oppie.

Tidak lama kemudian, Rangga dan Oppie menerima harta dari arwah orang tua mereka dan menjadi kaya. Rangga, Oppie dan adik-adik mereka yang lain berpindah ke rumah yang lebih baik dengan harta itu. Setelah itu, Laura dan Rangga maka berpacaran ketika orang tua Tristan membenarkan Oppie untuk bersama Tristan, tetapi hanya untuk hartanya. Ketika itu juga, Oppie dan Rangga diberitahu bahwa mereka bukan kakak beradik kandung kerana Oppie diambil sebagai anak angkat ketika Rangga berumur 7 tahun. Ketika itu, Oppie mulai menyadari bahwa dia telah menyukai kakaknya sendiri yaitu Rangga dan sadar yang perasaannya kepada Tristan telah mulai hilang.

Kebahagiaan Laura dan Rangga mulai hancur saat Oppie mulai melarang Rangga untuk berpacaran dengan Laura karena Oppie mencintai kakaknya dan tidak mau orang lain merebut Rangga darinya. Tidak lama setelah itu, Laura dan Tristan juga mulai menyadari hal ini. Tristan mulai mengambil keputusan untuk melupakan Oppie, sedangkan Laura dan Rangga berpisah gara-gara Oppie. Tristan dan Laura mengambil keputusan untuk berpura-pura pacaran untuk membuat Rangga dan Oppie cemburu. Tetapi Oppie langsung tidak kelihatan cemburu saat Rangga memutuskan untuk melupakan Laura walaupun dia masih mencintainya. Setelah berpura-pura pacaran, Tristan mulai jatuh cinta kepada Laura dan Laura pun menyadari bahwa dia juga mulai menyukai Tristan.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran
Alyssa Soebandono Oppie
Cinta Laura Laura
Irwansyah Rangga
Bobby Joseph Tristan
Lucky Perdana Lucky
Glenn Alinskie Glenn/Gatot
Ferry Salim Ronald
Inzalna Balqis Renne
Masayu Clara Jessie
Dian Nitami Riris
Sultan Djorghi Ayah Tristan
Umay Shahab Ruslan (Episode 1—36)
Diah Permatasari Sisca
Mathias Muchus Fadil
Ninok Wiryono Desi
Omaswati Omas
Meriam Bellina Mary
Mirna
Jaja Mihardja Jaja
Tarzan Tarzan
Stuart Collin Randy
Jason Daniel Paul
Sandy Syarief Adi
Michelle Denise Era
Jessica Veranda Tanumihardja Tita
Qubil AJ Boy

Trivia[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]