Anugerah Cinta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Anugerah Cinta
GenreAsmara, melodrama
Kekerasan
Penindasan
PembuatSinemArt
PengarangSerena Luna
SutradaraSridhar Jetty
PemeranIrish Bella
Giorgino Abraham
Angela Gilsha
Omar Daniel
Michella Putri
Baim Wong
Riza Syah
Claudia Andhara
Adjie Pangestu
Ria Probo
Umar Lubis
Natasha Dewanti
Tri Ningtyas
Roger Danuarta
Nicole Elizabeth Rossi
Moniq Crasivaya
Elly Sugigi
David Hoffman
Hakiem Aziz
Lily SP
Vanty Veronica
Indah Indriana
Adam Jordan
Penggubah lagu temaPurwacaraka
PenggubahCharly Setia Band
Negara Indonesia
BahasaBahasa Indonesia
Jumlah musim1
Jumlah episode244 (daftar episode)
Produksi
Produser eksekutifElly Yanti Noor
ProduserLeo Sutanto
LokasiJakarta, Indonesia
Durasi60 – 150 menit
Rumah produksiSinemArt
DistributorMedia Nusantara Citra
Rilis
Jaringan penyiarRCTI
Format audioStereo
Dolby Digital 5.1
Tayang perdanaSenin, 15 Agustus 2016
Tanggal rilisSenin, 15 Agustus 2016 – Minggu, 22 Januari 2017
Kronologi
Diawali olehAsisten Rumah Tangga 2
Dilanjutkan olehCinta Dari Surga
Acara terkaitBerkah Cinta
Pranala luar
[www.sinemart.com Situs web]

Anugerah Cinta merupakan sebuah sinetron yang ditayangkan di RCTI mulai tanggal 15 Agustus 2016 hingga 22 Januari 2017. Sinetron ini dibintangi oleh Irish Bella dan Giorgino Abraham sebagai pemeran utama. Ini adalah sinetron ketiga yang mereka bintangi bersama setelah sinetron Karunia tahun 2012 dan Rajawali pada tahun 2015.[1][2][3] Anugerah Cinta merupakan sinetron terakhir RCTI yang diproduksi SinemArt sebelum SinemArt kembali memfokuskan diri kerjasama dengan SCTV.

Sinopsis

Naura (Irish Bella) adalah gadis sederhana yang tinggal bersama ayah angkatnya, Suhari, dan adik angkatnya, Oki (Riza Syah) di sebuah desa yang jauh dari hingar bingar kota. Sehari-hari, Naura membantu ayahnya bertani. Di usianya yang beranjak dewasa, kecantikan Naura meraik perhatian Bang Jaja, rentenir di desanya. Hutang Suhari yang besar kepada Jaja dan sudah jatuh tempo membuat Jaja yakin kalau Suhari tidak akan menolak lamarannya, sehingga Naura akan segera menjadi istrinya. Ternyata Suhari dan naura menolak lamaran tersebut. Jaja pun marah besar. Di suatu hari, Suhari pun meninggal dan memberikan uang untuk Naura dan Oki.

Naura pergi ke Jakarta memakai uang pemberian Pak Suhari, agar tidak terjamah oleh Jaja dan anak buahnya yang selalu mengganggu mereka. Suhari pun menelpon kawan lamanya, Hutomo (Adjie Pangestu) , untuk mau menolongnya menampung Naura selama di Jakarta. Hutomo yang berhutang budi banyak pada Suhari langsung mengiyakan dan berjanji akan mengirimkan sms alamat rumahnya di Jakarta. Ia bahkan berjanji akan memperlakukan Naura seperti anaknya sendiri. Suhari merasa lega, karena putrinya akan aman.

Ternyata anak buah Jaja ada yang mendengarkan pembicaraan tersebut dan segera melaporkan ke Jaja. Jaja marah besar. Ia pun langsung berusaha mencelakakan Suhari. Awalnya hanya sekedar menggertak, tetapi ternyata berakibat fatal yang mengakibatkan Suhari meninggal dunia, tanpa sempat memebri tahu nama dan alamat temannya di Jakarta. Naura dan Oki sangat kehilangan. Momen itu dimanfaatkan Jaja untuk memaksa Naura menikahinya esok hari.

Naura dan Oki memutar otak bagaimana cara melarikan diri dari kesewenang-wenangan Jaja yang selama ini menghantui kehidupan mereka. Naura dan Oki berhasil kabur dari pengejaran anak Buah Jaja dan melarikan diri ke Jakarta. Di Jakarta, Naura dan Oki tidak tahu harus tinggal dimana. mereka hanya bermodal keyakinan bahwa mereka akan mencari teman ayah mereka yang sebelumnya telah berjanji akan mau membantu mereka. Mereka pun lalu mendatangi sebuah stasiun radio untuk mencoba memberi pengumuman mencari teman ayahnya walaupun dengan informasi seadanya.

Pemeran

Pemeran Peran
Irish Bella Naura Suhari
Giorgino Abraham Arka Herlambang
Omar Daniel Rey Armando Bratawijaya
Michella Putri Alea
Angela Gilsha Kinta Rosita Bratawijaya
Baim Wong Choky
Adjie Pangestu Hutomo Herlambang
Ria Probo Vina
Umar Lubis Samsul Armando
Natasha Dewanti Aruni
Claudia Andhara Tiara Herlambang
Riza Syah Oky
Nicole Rossi Mia
Elly Sugigi Kiyem
Roger Danuarta Dr.Ryan
Indah Indriana Jenny
Triningtyas Ira
Moniq Crasivaya Winda
Adam Jordan Dodi Kurinawan
Hakiem Aziz Agung
Riana Chalid Narti
Vanty Veronica Bella

Kontroversi

Pada saat penayangan episode perdana sampai sekarang, sinetron Anugerah Cinta mendapatkan protes keras oleh beberapa pengguna media sosial dan kecaman netizen tersebut akhirnya membawa sinetron Anugerah Cinta berujung pada pelaporan KPI terkait adegan kekerasan terhadap perempuan yang dilontarkan oleh pemeran antagonis Kinta Angela Gilsha Panari, pemeran Aruni Natasha Dewanti dan pemeran Ibu Vina Ria Probo pada saat pemeran Naura Irish Bella jadi pembantu disiksa terus-terusan. Sehingga pihak KPI mengeluarkan Surat Teguran pertama untuk sinetron tersebut karena tidak sesuai dengan konten pendidikan usia anak dan remaja serta tidak bagus untuk mental anak dan remaja dan pihak KPI memberikan sanksi tegas sinetron tersebut potong durasi.

Penghargaan

Tahun Penghargaan Nominasi Kategori Hasil
2016 Silet Awards 2016 Sinetron Tersilet Anugerah Cinta Nominasi
Peran Pembantu Sinetron Tersilet Kiyem (Elly Sugigi) Nominasi
Theme Song Sinetron Tersilet Mengapa Cinta – (Indah Dewi Pertiwi) Nominasi
Pasangan Sinetron Tersilet Arka & Naura (Giorgino Abraham & Irish Bella) Menang
Idola Baru Tersilet Giorgino Abraham Nominasi
Irish Bella Nominasi

Referensi