9 Naga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
9 Naga
Poster9nagafauzi.jpg
Poster film 9 Naga
Sutradara
Produser
Penulis
PemeranLukman Sardi
Fauzi Baadila
Donny Alamsyah
Penata musikAndi Rianto
DistributorSinemArt Pictures
Tanggal rilis
12 Januari 2006
Durasi104 menit
NegaraIndonesia Indonesia
Bahasa

9 Naga (judul internasional: 9 Dragons) adalah sebuah film drama kriminal tahun 2006 dari Indonesia yang disutradarai oleh Rudi Soedjarwo dan dibintangi oleh Lukman Sardi, Fauzi Baadila, Donny Alamsyah, Marcel Anthony, dan Ajeng Sardi. Film ini dirilis dengan semboyan Manusia terbaik di Indonesia adalah seorang penjahat.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Tiga orang yang telah bersahabat sejak kecil: Marwan, Donny dan Lenny mencari nafkah dengan bekerja sebagai pembunuh bayaran. Semakin dijalani, mereka semakin sadar bahwa pekerjaan tersebut tidak menjanjikan masa depan yang lebih baik. Tiba-tiba terjadi suatu peristiwa yang membuat mereka merasa muak karena pilihan hidup mereka selama itu. Ketiganya sadar telah melakukan kesalahan dalam hidupnya dan berusaha untuk bertobat dan memperbaiki kesalahannya.

Kontroversi poster[sunting | sunting sumber]

Sekitar pertengahan Desember 2005, Lembaga Sensor Film (LSF) menyatakan keberatan dengan semboyan film yang dikhawatirkan dapat menimbulkan penafsiran yang negatif bagi siapa saja yang membacanya. Selain itu, LSF juga tidak setuju dengan terlihatnya pusar Fauzi Baadila dalam sebuah poster film tersebut. Awalnya dilaporkan 9 Naga akan dicekal akibat hal tersebut, tetapi ini dibantah oleh Ketua LSF, Titie Said. Ada pula yang menyebut bahwa peristiwa ini adalah salah satu aksi publisitas dari pihak pembuat film.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]