Binar Bening Berlian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Binar Bening Berlian
Binar Bening Berlian (poster).jpg
Poster Binar Bening Berlian di RCTI+
Genre
PembuatSinemArt
PengarangSerena Luna
SutradaraSanjeev Kumar
Pemeran
Penggubah lagu temaPurwacaraka
Lagu pembukaCinta dan Benci - Geisha
Lagu penutupCinta dan Benci - Geisha
KomposerRoby Satria
Negara asal Indonesia
Bahasa asliBahasa Indonesia
Jmlh. episode143 (daftar episode)
Produksi
ProduserLeo Sutanto
Lokasi produksi Jakarta
EditorHendra K
Taufik Kodra
KameraMulti-camera
Durasi180 menit
Rumah produksiSinemArt
Rilis
Jaringan penyiar
Format gambar480i Standard Definition Television (SDTV)
Format audioStereo
Dolby Digital 5.1
Tanggal tayang asli12 Desember 2011 (2011-12-12) –
18 Februari 2012 (2012-2-18)
Kronologi
Didahului olehPutri yang Ditukar
Dilanjutkan olehYusra dan Yumna

Binar Bening Berlian merupakan sebuah sinetron yang segera ditayangkan di RCTI. Sinetron ini diproduksi oleh SinemArt. Pemainnya antara lain ialah Asmirandah Zantman, Celine Evangelista, Irish Bella, Jonas Rivanno, Ashraf Sinclair, Christian Sugiono, Ari Wibowo, Vira Yuniar, Tia Ivanka, Teuku Ryan dan masih banyak lagi. Digarap oleh sutradara Sanjeev Kumar dan cerita ditulis oleh Serena Luna. Pemilihan nama Binar Bening Berlian mengandung satu makna filosofis. Binar menggambarkan sesuatu yang paling menonjol, Binar sang antagonis. Bening mengibaratkan sesuatu yang polos dan nyaris tanpa riak, Bening hidup dengan penyakit. Berlian sebagai simbol kekuatan, Berlian si pekerja keras yang tahan segala cobaan dan datang dari lokalisasi pelacuran.[1]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran
Asmirandah Berlian
Celine Evangelista Binar
Irish Bella Bening
Jonas Rivanno Jack/Tegar
Christian Sugiono Mirza
Ashraf Sinclair Dimas/Adam
Ari Wibowo Junus
Vira Yuniar Fahira
Tia Ivanka Dinda
Yoelitta Palar Herlina
Sultan Djorghi Hendri
Mieke Wijaya Nenek Rossa
Teuku Ryan Bram
Devi Permatasari Mita
Umar Lubis Ananta
Ria Probo Kirana
Lucky Alamsyah dr. Lubis
Adipura Prima
Yadi Timo Imo
Suhel Fahmi Biru
Tsania Marwa Sania
Iqbal Pakula Aldo
Yura Aighuersern Yura
Diah Permatasari Ratna

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Binar Bening Berlian bercerita tentang kehidupan tiga orang gadis sebaya yang bernama Binar (Celine Evangelista), Bening (Irish Bella), dan Berlian (Asmirandah Zantman). Binar dan Bening merupakan anak kembar dari pasangan Junus (Ari Wibowo) dan Herlina (Yoelitta Palar). Meskipun kembar, Binar memiliki fisik yang lebih sehat dibandingkan Bening. Bening menderita leukemia yang membuatnya penghuni rutin rumah sakit di bawah pengawasan dr. Mirza (Christian Sugiono).

Sebenarnya, ayah mereka berdua adalah Hendri (Sultan Djorghi), sepupu Junus yang sangat mencintai Herlina sehingga rela melakukan apa saja. Herlina yang termakan ramalan wanita misterius memaksa Hendri melenyapkan Fahira (Vira Yuniar), pacar Junus sebelumnya yang baru saja melahirkan bayi perempuan hasil hubungannya dengan Junus. Bayi tersebut bernama Berlian.

Akibat perbuatan jahat Hendri, Fahira menjadi koma, dan Berlian hanyut terbawa arus. Junus yang sangat mencintai Fahira menempatkan Fahira di ruang khusus rumah sakit tanpa sepengetahuan keluarganya. Sedangkan Berlian dibesarkan di lingkungan pelacuran, di bawah asuhan Dinda (Tia Ivanka) yang menemukannya di pinggir jalan saat bayi. Dinda sangat melindungi Berlian dan mengajarkan Berlian agar tidak menjadi pelacur seperti dirinya. Berlian pun bertekad untuk membayar hutang-hutang ibunya dan secepatnya keluar dari pemukiman pelacur tersebut.

Berlian dan Bening kemudian bersahabat akrab, karena Berlian pernah membantu Bening dari keroyokan massa. Bening pun kemudian meminta bantuan Berlian untuk menggantikan posisinya di pengobatan alternatif, karena ia sudah bosan dengan segala macam pengobatan yang pernah dijalaninya, ia ingin hidup normal, Bening pun menyanggupinya. Bening juga meminta bantuan Berlian untuk menggantikannya bertemu dengan pria yang dijodohkan dengannya, Adam. Berlian bersedia membantu Bening. Tanpa ia ketahui bahwa Adam itu sebenarnya adalah Jack yang menyamar.

Adam (Ashraf Sinclair) yang sebenarnya adalah pengusaha muda yang pernah memarahi Berlian karena menabrak mobilnya. Jack (Jonas Rivanno) melakukan penyamaran tersebut karena paksaan ayahnya, supir Adam yang bernama Prima (Adipura) yang terobsesi menjadi kaya.

Di sisi lain, Binar yang sangat iri akan perhatian dr. Mirza pada Bening pun mulai menyusun siasat agar perhatian itu teralih kepadanya. Begitupun dengan perhatian ayahnya, Junus. Bahkan ketika tanpa sengaja Binar mengetahui rahasia terbesar ibu dan pamannya, Binar pun berusaha berbagai macam cara agar aib itu tidak terbuka, karena ia sangat membenci Hendri dan sangat mengagumi Junus.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Binar Bening Berlian di RCTI+, diakses tanggal 2020-08-22.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]