Anakku Bukan Anakku

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Anakku Bukan Anakku
Poster Anakku Bukan Anakku.jpg
Genre
PembuatSinemArt
PengarangSalim Tariq
Penulis skenarioSalim Tariq
SutradaraKey Mangunsong
Pemeran
Penggubah lagu temaOpick feat Amanda
Lagu pembuka"Alhamdulillah" — Opick feat Amanda
Lagu penutup"Alhamdulillah" — Opick feat Amanda
Negara asalIndonesia
Bahasa asliBahasa Indonesia
Jmlh. musim1
Jmlh. episode65
Produksi
Produser eksekutifElly Yanti Noor
ProduserLeo Sutanto
KameraMulti-kamera
Durasi60 menit
Rumah produksiSinemArt
DistributorMNC Media
Rilis
Tanggal tayang asli14 Juli 2005 (2005-07-14) –
21 Oktober 2006 (2006-10-21)
Pranala luar
Situs web produksi

Anakku Bukan Anakku adalah sinetron Indonesia produksi SinemArt yang ditayangkan perdana 14 Juli 2005 pada pukul 20.30 WIB di RCTI. Sinetron ini disutradarai oleh Key Mangunsong dan dibintangi oleh Nabila Syakieb, Roger Danuarta, dan Raya Kohandi.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

HIDUP tak pernah mudah bagi manusia yang sedang dicoba imannya. Pasangan Bayu (Eeng Saptahadi) dan Rona (Ana Pinem) tengah diuji iman mereka. Namun Bayu tak kuasa, ia lebih suka berpihak pada bisikan jahat daripada mengikuti nuraninya. Bayu tega menukarkan nasib keturunannya agar sang anak bisa menikmati hidup tanpa derita seperti dirinya.

Bayu memilih jalan keliru. Ia tukarkan bayi yang tak pernah ia harapkan kehadirannya dengan bayi pasangan Nico (Krisna Mukti) dan Vivian (Raslina Rasidin). Padahal Nico adalah tetangga Bayu yang sangat baik dan penuh perhatian.

Kehidupan sosial keluarga Bayu dan Nico sangatlah kontras. Bayu sangat miskin. Ia harus menerima kenyataan pahit, Bayu di-PHK. Padahal istrinya tengah hamil tua. Lebih pahit lagi, saat hendak melahirkan Rona ditolak rumah sakit. Pasalnya, Bayu tak mampu membayar biaya rumah sakit. Nico menolongnya. Ia biayai kelahiran bayi Bayu. Sementara itu Vivian sendiri hendak melahirkan.

Ketika kedua bayi lahir, setan (Vicky Burky) merasuki hati Bayu. Jika Bayu ingin anaknya hidup mulia dan membalaskan ketidakadilan hidup terhadap Nico, ia harus menukar bayinya. Jadilah Adel (Raya Kohandi) diakui sebagai putri keluarga Nico, sementara Tatia (Nabila Syakieb) dirawat keluarga Bayu. Adel dan Tatia telah bertukar orang tua. Karena iba, Nico meminta Bayu bekerja dan tinggal di paviliun rumah keluarga Nico.

Bayu merasa puas. Ia bisa menyaksikan putrinya, Adel tumbuh dengan dilimpahi harta dan serba-kecukupan. Sebaliknya, Tatia setiap hari menerima siksaan dari Rona yang tak menginginkan Tatia menjadi anaknya. Bayu menikmati kemenangan semuanya ini.

ENAM Belas tahun berlalu. Adel dan Tatia tumbuh menjadi gadis belia. Sama-sama pintar, sama-sama cantik. Tapi Adel benar-benar mewarisi sifat buruk orangtuanya sesungguhnya. Sementara sikap baik dan mulia selalu diperlihatkan Tatia, tak peduli ia harus menghadapi siksaan Adel dan Rona.

Pernah Vivian curiga terhadap sikap Rona yang kerap memukuli Tatia. Sementara Vivian tahu Rona lebih perhatian terhadap Adel. Vivian merasa Tatia bukan anak Rona dan Bayu.

Nico berusaha untuk tetap adil. Ia masukkan Tatia dan Adel di sekolah yang sama. Namun tanpa Nico sadari, Adel kerap iri terhadap keberhasilan Tatia di sekolah. Tatia lebih pintar, nilai-nilai ulangannya lebih bagus. Bahkan Rafly (Roger Danuarta) - cowok idola di sekolah - lebih tertarik pada Tatia dibanding Adel. Ini yang membuat sifat dengki Adel makin menjadi.

SIKSAAN demi siksaan masih terus dialami Tatia. Nico dan Vivian tak pernah menyadari bahwa Tatia adalah putri mereka sesungguhnya. Sementara Bayu puas, putrinya bisa hidup serba-kecukupan. Bayu puas bisa melampiaskan dendamnya kepada orang-orang kaya seperti Nico.

Adel hidup dalam kemewahan. Adel hidup di atas derita Tatia. Kesucian dan ketulusan hati Tatia inilah yang akan terus diuji. Iblis terus menggoyahkannya. Mampukah Tatia tidak terjerumus dalam godaan iblis? Bukankah menjadi miskin maupun kaya sebenarnya adalah cobaan? Pesan inilah yang ingin disampaikan pembuat serial Anakku Bukan Anakku kepada pemirsa.

Dan ternyata, Adel dan Tatia sebenarnya tidak tertukar. Karena pada saat Bayu menukarkan bayi Tatia dan Adel di rumah sakit, seorang perawat memergoki perbuatan Bayu tersebut. Lalu, oleh perawat itu, dikembalikan dan ditukar kembali ke tempatnya masing-masing. Jadi, Tatia adalah anak kandung Rona dan Bayu yang sesungguhnya sedangkan Adel memang anak kandung Nico dan Vivian.

Rona dan Bayu yang mengetahui hal itu pun sangat menyesal bukan kepalang, karena sudah bertahun-tahun mereka menyiksa anak yang selama ini mereka kira bukan anak kandungnya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran
Roger Danuarta Raffi
Nabila Syakieb Tatia
Raya Kohandi Adel
Krisna Mukti Nico
Raslina Rasidin Vivian
Eeng Saptahadi Bayu
Vicky Burki Setan Hitam
Femmy Permatasari Luci
Ana Pinem Rona
Dude Harlino Topan
Dinda Kanyadewi Noni
Ryan Delon N/A
Marcelino Lefrandt Robin Hood
Marini Nenek Topan
Him Damsyik Atuk
Boy Irshandy Lan
Nia Ramadhani Wilda
Dwi Damar Ramon
Benny Ruswandi Jimbo
Keterangan
  • N/A : Not Available

Pranala luar[sunting | sunting sumber]