Nabila Syakieb

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Nabila Syakieb
Nabila Syakieb.jpg
Lahir 18 November 1985 (umur 29)
Bogor
Pekerjaan aktris, model
Tahun aktif 1999 - sekarang
Agama Islam

Nabila Syakieb (lahir di Bogor, 18 November 1985; umur 29 tahun) adalah seorang aktris Indonesia. Nabila adalah kakak kandung dari artis sinetron Ali Syakieb. Nabila mengawali karier sebagai model dengan terpilih sebagai Finalis GADIS Sampul 1999. Ia terjun ke dunia hiburan sejak berusia 16 tahun, saat lolos casting sinetron Cinta SMU sebagai Putri Regina Prayoga yang diproduksi oleh Rapi Films. Nabila makin dikenal saat membintangi Anakku Bukan Anakku yang dibintanginya bersama Roger Danuarta yang merupakan sinetron pertamanya di rumah produksi SinemArt. Sinetron lain yang pernah dibintanginya antara lain Pilihlah Aku, Aku Bukan Untukmu, Maha Kasih, Taqwa (bersama Indra L. Bruggman), Darling, Jodoh Romantis, Maha Cinta, Ratu (bersama Christian Sugiono), Kasih, Sinema Romantis, Yasmin, Cinta dan Anugerah (bersama Giovanni L. Tobing), Mertua dan Menantu, Anugerah, Detak Cinta (bersama Fero Walandouw) dan Cinta di Langit Taj Mahal.

Karier[sunting | sunting sumber]

Nabila Syakieb memulai karier keartisannyanya sebagai finalis Gadis Sampul pada tahun 1999. Pada tahun 2001 Nabila mulai merambah dunia akting dengan lolos casting untuk sinetron produksi Rapi Films berjudul Cinta SMU bersama bintang pendatang baru kala itu seperti Faisal, Zaskia Adya Mecca dan Hessel Steven. Dalam sinetron ini Nabila langsung dipercaya sebagai pemeran utama. Meski dibintangi oleh para pendatang baru sinetron ini mendapat sambutan baik dari para pemirsa dan menjadi salah satu sinetron remaja populer kala itu. Setelah sukses membintangi sinetron Cinta SMU, Nabila kembali dipercaya Rapi Films untuk menjadi pemeran utama dalam sinetron Pilihlah Aku bersama Yogi Nugroho, Nina Shaqi dan Lucky Hakim.

Tahun 2005 Nabila menerima tawaran sinetron produksi SinemArt berjudul Anakku Bukan Anakku yang dipasangkan dengan aktor Roger Danuarta. Sinetron ini sukses besar dan mempopulerkan kembali tema anak tertukar ke dalam sinetron Indonesia. Setelah sukses membintangi Anakku Bukan Annakku, Nabila kembali dipercaya membintangi sejumlah sinetron seperti Aku Bukan Untukmu (bersama Bertrand Antolin), Taqwa (bersama Indra L. Bruggman), Darling (bersama Baim Wong) dan Jodoh Romantis (bersama Marcel Chandrawinata).

Memasuki era sinetron stripping, Nabila kembali menghiasi layar kaca dengan membintangi sinetron Ratu yang dipasangkan bersama Christian Sugiono. Chemistry keduanya sebagai sepasang kekasih di sinetron tersebut ternyata mampu memikat para penikmat sinetron, sehingga SinemArt akhirnya kembali memasangkan keduanya di sinetron Kasih.

Tahun 2008 Nabila dipercaya membintangi sinetron Yasmin yang juga dibintangi Richard Kevin, Oka Antara, Rama Michael dan Tika Putri. Sinetron ini menceritakan tentang Alvino seorang pria yang tampan, namun kurang beruntung dalam cinta. Hingga akhirnya ia bertemu dengan Yasmin gadis lugu yang tidak silau oleh harta yang membuat alvino terpesona dan kembali percaya adanya cinta yang tulus.

Tahun 2009 Nabila membintangi sinetron yang berjudul Cinta dan Anugerah. Dalam sinetron ini, Nabila memerankan karakter bernama Nabila Fatharani yang dewasa dan mengayomi adik-adiknya. Sinetron ini mendapatan sambutan hangat bagi pencinta sinetron drama. Bahkan dalam sinetron ini juga menghadirkan adengan pernikahan Nabila dan Gio (nama karakter yang diperankan Nabila Syakieb dan Giovanni L. Tobing) dengan nuansa budaya Jawa yang dibuat mendekati aslinya dan merupakan salah satu adegan pernikahan dalam sinetron paling dikenang.

Tahun 2010 Nabila membintangi sinetron Mertua dan Menantu. Dalam sinetron ini ia beradu akting dengan Carissa Putri, Giovanni L. Tobing dan Fachry Albar. Dari awal penayangannya, sinetron ini sudah mengalami banyak kendala seperti perombakan pemain awal dan proses perubahan alur cerita serta editing penggabungan dua skenario menjadi satu judul. Hal ini disebut-sebut sebagai penyebab rendahnya rating sinetron ini pada masa penayangannya.

Tahun 2011 Nabila membintangi sinetron Anugerah dengan lawan main Samuel Zylgwyn, Giovanni L. Tobing, Dhini Aminarti, Kevin Andrean, Sheila Marcia, Ketrin Agustine dan didukung sederet aktor dan aktris papan atas lainnya seperti Paramitha Rusady, Tamara Bleszynski, Anjasmara, Jeremy Thomas, Teddy Syah dan para pemain pendukung lainnya. Dalam sinetron ini Nabila berperan sebagai Nabila Dharmawan, seorang gadis lugu yang tanpa sengaja hamil akibat kesalahan inseminasi di sebuah rumah sakit saat ia menjalani tes ginjal. Dari peristiwa inilah konflik utama dimulai, di mana Nabila akhirnya melahirkan anak dari benih pria bernama Bima yang ternyata telah beristri dan merupakan kakak tiri Fandy kekasihnya. Anak tersebutlah yang kemudian diberi nama Anugerah. Sinetron ini mengalami sukses besar pada masa penayangannya dan sering menduduki rating teratas tayangan harian di televisi. Sinetron ini pula merupakan sinetron stripping terpanjang Nabila, mencapai 473 episode.

Usai kesuksesan sinetron Anugerah, Nabila memilih istirahat dari layar kaca dan mulai mengembangkan hobinya berkuda. Dari hobinya tersebut, Nabila meraih medali perunggu Kejuaraan Nasional Berkuda AE Kawilarang Memorial Cup 2013 di Arthayasa. Nabila dengan kuda Vascitanya berhasil mengumpulkan nilai 58,875 persen. Sementara medali emas jatuh ke tangan Joei Momongan (61 persen), dan medali perak diraih Jolfi Momongan (60 persen). Keberhasilan Nabila itu cukup mengejutkan. Pasalnya, Nabila berhasil melampaui raihan nilai salah satu atlet berbakat Indonesia, Brayen Brata Coolen (Bandung Equestrian Center) yang harus puas di posisi keempat dengan 56,875 persen.

Lama absen dari dunia akting, tahun 2014 Nabila kembali berkarya di layar kaca dengan membintangi sinetron mini seri Detak Cinta. Sinetron ini merupakan produksi Screenplay Productions. Dalam sinetron ini Nabila berperan sebagai Saskia, seorang gadis berpenyakit jantung yang berjuang untuk tetap hidup dengan bantuan baterai dalam tubuhnya. Konflik pun bermunculan ketika ia bertemu dengan Braga, karyawan magang di pabrik tekstil tempatnya bekerja. Dalam sinetron ini Nabila dipasangkan dengan aktor pendatang baru Fero Walandouw yang berusia jauh lebih muda darinya.

Tahun 2015 Nabila menerima tawaran membintangi sinetron produksi Maxima Pictures yang berjudul Cinta di Langit Taj Mahal. Sinetron ini mengambil setting di tiga negara yaitu Indonesia, India dan Arab Saudi. Dalam sinetron ini Nabila beradu akting dengan dua aktor asal india Shaheer Sheikh dan Harshad Aurora serta didukung artis Indonesia seperti Evan Sanders, Miller Khan, dan Aurélie Moeremans. Sinetron ini dijadwalkan tayang sebagai sinetron spesial Ramadhan 2015. Meski banyak menuai kritikan dari netizen karena alurnya yang kurang rapi, namun Antv selaku pihak televisi penayang justru memperpanjang masa tayang sinetron yang seharusnya berakhir pada 18 Juli 2015 bertepatan pada hari kedua lebaran ini, karena dianggap memiliki rating yang stabil.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Sinetron[sunting | sunting sumber]

[butuh rujukan]

Iklan[sunting | sunting sumber]

[butuh rujukan]

  • Nescafe
  • Puteri
  • Panin Bank
  • Xon-C
  • Mcdonalds
  • Pop Mie
  • Honda Revo
  • YongMa
  • Pixy
  • Shampoo Zinc

Video Klip[sunting | sunting sumber]

[butuh rujukan]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]