Infotainment Awards

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Infotainment Awards
Infotainment Awards 2017
Diberikan kepadaSebagai apresiasi terhadap dunia Infotainment
Pertama diberikan20 Januari 2012
Situs web resmiSitus resmi
Siaran televisi/radio
SaluranSCTV (2012–)
Pemenang Infotainment Awards
2016 ←
22 Januari 2016 → 2017
  Isyana sarasvati explore.jpeg
Pemenang Selebriti Pria Paling Memikat Selebriti Wanita Paling Memikat Pendatang Baru Paling Memikat
penghargaan Aliando Syarief Raisa Isyana Sarasvati
  160x160px
Pemenang Selebriti Wanita Paling Fashionable Selebriti Pria Paling Fashionable
penghargaan Syahrini Aliando Syarief

Celebrity of the Years petahana

"Aliando Syarief"

Celebrity of the Years terpilih

"Chicco Jerikho"

Infotainmen Awards adalah acara penghargaan dari Surya Citra Media untuk mengapresiasi selebriti infotainment serta artis yang terlibat, khususnya yang selama ini telah menjadi bagian dari SCTV dan memberi dampak positif bagi masyarakat. Penghargaan ini pertama kali diberikan pada 20 Januari 2012 yang menghadirkan 9 kategori penghargaan yang direbutkan. Penghargaan ini juga melibatkan seluruh infotainment yang tayang di SCTV dan Indosiar untuk memberi saran nominator dan dalam penjurian.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ajang penghargaan ini diberikan sebagai perwujudan apresiasi SCTV terhadap dunia infotainment berita dan hiburan, mulai dari program hingga bintang yang bergelut di dalamnya. Selain itu, apresiasi ini juga diberikan kepada insan berprestasi sehingga acara ini berbeda dengan ajang penghargaan lain yang lebih mengedepankan kontroversi dan gosip.

Sistem pemilihan[sunting | sunting sumber]

Dalam pemilihan nominator pihak SCTV sendiri juga akan melibatkan beberapa pihak. Piha-pihak yang terlibat dalam proses pemilihan adalah usulan dari infotainment baik dari SCTV maupun Indosiar, kemudian melibatkan Bintang.com sebagai portal dan situs berita dari Surya Citra Media, dan juga melalui social media Twitter maupun Facebook serta survey by phone. Kemudian akan diverifikasi oleh tim juri dan tim internal yang memverifikasi ulang sampai nanti yang masuk nominasi masing-masing kategori ada 5 nama yang akan menjadi nominator. Selain itu, Infotainment Awards juga melibatkan para pewarta berita yang memang mengetahui langsung mengenai reputasi para selebritas Indonesia untuk turut menentukan nominator. Para pemanang nantinya akan dipilih langsung oleh masyarakat Indonesia melalui voting sms yang kemudian akan diverifikasi kembali oleh tim juri yang terlibat.

Kategori penghargaan[sunting | sunting sumber]

Infotainment Awards diberikan dalam beberapa kategori, masing-masing kategori mengedepankan insan dunia hiburan yang berprestasi. Beberapa katogori juga ditambahkan dan dikurangi dalam beberapa jangka waktu. Pada tahun 2012, untuk pertama kali diberikan ada 9 katori, sedangkan di 2014 ada 12 kategori.

Ada 13 kategori yang akan di berikan pada tahun 2017, diantaranya:

  • Gorgeous Baby
  • Gorgeous Mom
  • Gorgeous Dad
  • Selebriti Pendatang Baru Paling Memikat
  • Selebriti Berhijab Paling Fashionable
  • Pasangan Selebriti Paling Romantis
  • Pernikahan Selebriti Paling Fenomenal
  • Penampilan Selebriti Paling Ditunggu
  • Selebriti Wanita Paling Fashionable
  • Selebriti Pria Paling Fashionable
  • Selebriti Wanita Paling Memikat
  • Selebriti Pria Paling Memikat
  • Celebrity of The Year

Penghargaan lainnya yang setiap tahun diberikan yaitu Lifetime Achievement yang biasanya ditujukan kepada artis besar yang sudah berjasa dalam dunia hiburan.

Tempat[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2013, digelar di Balai Sarbini

Pada tahun 2012, Infotainment Awards digelar pertama kalinya di Balai Sarbini. Setelah itu tempat penyelenggaraan selalu berganti-ganti, dari tahun 2012 sampai 2013 bertempat di Balai Sarbini. Ditempat ini pula penghargaan digelar dengan megah.[1]

Pada tahun 2014, acara ini diselenggarakan di Teater Tanah Airku, tempat ini menjadi tempat kedua penyelenggaraan setelah pindah dari Balai Sarbini.[2] Tak mau kalah dengan tempat sebelumnya, ditempat ini acara juga diselenggarakan tak kalah megah.

Sedangkan pada tahun 2015 sampai sekarang, Infotainment Awards digelar megah di Studio 6 Emtek City yang baru diresmikan pada tahun 2014 dan tidak akan berpindah tempat lagi kecuali ada halangan atau bersamaan dengan acara lain sehingga mengharuskannya pindah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tempat Infotainment Awards". Balai Sarbini. Diakses tanggal 7 Januari 2017. 
  2. ^ "Ini Daftar Pemenang SCTV Infotainment Awards 2014". Liputan6.com. Diakses tanggal 7 Januari 2017.