Teater Tanah Airku

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Teater Tanah Airku adalah Gedung pertunjukan pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi mulitimedia dengan peralatan berstandar internasional. Terletak di Kompleks Taman Mini Indonesia Indah Teater ini di resmikan pada tanggal 20 April 1998 oleh Presiden Soeharto bertepatan dengan ulang tahun ke 23 TMII .

Bentuk bangunanya memadukan unsur arsitektur tradisional dan modern, menyatu secara serasi dan artistik. Bagian atap diilhami oleh atap rumah adat [Sumatra]] dan Sulawesi, sedang ragam hiasnya memadukan unsur nusantara dengan budaya global. Pada bagian depan terdapat ragam hias gunungan dari Jawa di apit ragam hias khas Batak Toba serta ragam hias Naga dan Burung Enggang yang mewakili budaya Dayak. Sementara di dinding-dinding bagian samping gedung dipenuhi ragam khas budaya Indonesia Timur.

Gedung Teater ini terdiri atas tiga lantai, yakni lantai dasar, auditorium, dan lantai balkon, yang dibagi dalam empat zona pemanfaatan.Ke empat zona tersebut adalah zona penerimaan, zona penggunaan, zona pelayanan, dan zona penunjang. Zona penerimaan terdiri atas pendapa dan taman yang di tata menyatu sehingga memberi kenyamanan bagi pengunjung yang akan memasuki gedung. Zona penggunaan terdiri atas panggung penunjang pentas pasang bongkar, tempat pemain musik ( orchestra pit), auditorium untuk penonton berdaya tamping 1.300 tempat duduk, dan fly tower untuk peralatan pentas. Zona pelayanan memiliki ruang penerangan, cafeteria dan tempat penjualan tiket.Adapun zona penunjang terdiri atas jalan, genset dan toilet.

Perangkat teknologi multimedia melalui laser video projector mampu menyajikan gambar yang dapat diproyeksikan pada segala jenis benda sasar, termasuk benda cair, sehingga menjadikan suasana dan citra spektakuler.Penataan dan rancangan akustik memungkinkan suara dapat terdengar secara jelas hingga ke sudut-sudut auditorium.

Beberapa acara yang pernah tampil di Teater Tanah Airku antara lain pergelaran Opera Anoman dan Sampek Engtai produksi Teater Koma, Opera Ciung Wanara dan Sangkuriang produksi pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat, King Liar yang merupakan kolaborasi seminar ASEAN, dan I La Galigo. Berbagai konser musik dari dalam dan laur negeri di selenggarakan di sini baik dalam rangka siaran langsung maupun siaran tunda bagi acara stasiun televisi maupun konser band musik lawas Arkarna dari Inggris.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]