Harsiwi Achmad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Harsiwi Achmad (lahir di Karanganyar, Jawa Tengah, 29 Agustus 1966; umur 53 tahun) adalah direktur program dan produksi SCTV dan Indosiar yang menjabat sejak tahun 2010. Sebelumnya, Harsiwi mememegang jabatan yang sama selama 6,5 tahun di RCTI. Beberapa program televisi yang pernah dikelola antara lain Indonesian Idol, The Master, D'Academy, dan D'Academy Asia.[1][2][3][4]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Harsiwi Achmad lahir di Karanganyar, Jawa Tengah, 29 Agustus 1966. Dia merupakan salah satu tokoh pertelevisian Indonesia, yang memiliki pengalaman dalam bidang program dan produksi di beberapa stasiun televisi Indonesia. Sejak tahun 2010, Harsiwi dipercaya menjadi Direktur Program dan Produksi di SCTV dan Indosiar yang utamanya mengelola acara-acara reality seperti kompetisi musik dan ajang penghargaan seperti D'Academy dan D'Academy Asia yang ditayangkan hampir setiap hari di Indosiar. Dalam menangani program tersebut, dia bekerja sama dengan Direktur Artistik Indra Yudhistira. Sebelumnya, selama 6,5 tahun, Harsiwi dipercaya memegang jabatan yang sama di stasiun RCTI.

SCTV menjadi stasiun televisi tempat kedua kali dia berlabuh. Bidang riset dan kreatif menjadi kekuatan ilmu yang dimiliki. Sejak mulai bekerja, dia selalu diandalkan mengurusi penelitian sosial, bidang yang memang sudah didalaminya selama menimba ilmu di perguruan tinggi. Selesai kuliah di UGM, Harsiwi ingin sekali menerapkan ilmu antropologi dalam bidang bisnis. Ternyata, ilmunya cocok di bidang industri pertelevisian yang berhubungan dengan hiburan dan masyarakat sebagai target pasarnya. Siwi mengawali karier selama 1 tahun pada bidang riset di suatu perusahaan yang menjadi cikal bakal stasiun Indosiar.

Dia kemudian melanjutkan kuliah di Monash University. Sewaktu kuliah, Siwi sudah tertarik di bidang pertelevisian. Namun setelah selesai kuliah, ia tidak langsung bekerja, karena menikah dengan sesama kawan yang sama-sama melanjutkan kuliah di Australia. Setelah anak pertamanya berumur 6 bulan, Siwi baru berkarier di bidang riset di salah satu stasiun televisi. Dia menerapkan ilmu antropologi dan sosiologi di industri pertelevisian. Dari pengalamannya berkecimpung di bidang riset program dan produksi itulah dia melihat bidang ini dapat menjadi inti dari industri pertelevisian, karena dapat menggabungkan antara hasil riset dan kreativitas.

Karier[sunting | sunting sumber]

  • Direktur Program dan Produksi SCTV dan Indosiar 2010-
  • Direktur Program dan Produksi RCTI 2006-2010
  • Senior Vice President Programming RCTI 2005-2006
  • GM Programming TPI (2004-2005)
  • Field Research Excecutive SCTV sampai Planing, Scheduling & Research
  • Senior Manager SCTV (1996-2004)
  • Material Researcher

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tabloid Bintang: Harsiwi Achmad, 'Ibu Negara' SCTV, diakses 25 Februari 2017
  2. ^ Data Bisnis: Harsiwi Achmad, diakses 25 Februari 2017
  3. ^ Bloomberg: Harsiwi Achmad, diakses 25 Februari 2017
  4. ^ Kapanlagi: Harsiwi Ahmad, diakses 25 Februari 2017