Bintang Pantura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bintang Pantura
Logo Bintang Pantura.jpeg
Format Realitas
Pencarian bakat
Pembuat Indra Yudhistira
Pembawa acara Ramzi
Irfan Hakim
Melaney Ricardo
Andhika Pratama
Okky Lukman
Nikita Mirzani
Juri Inul Daratista
Zaskia Gotik
Dewi Persik
Beniqno
Didi Kempot
Saipul Jamil
Iis Dahlia
Soimah Pancawati
Jenita Janet
Uut Permatasari
Nassar
Iyeth Bustami
Komposer Estepe
Negara Indonesia
Jumlah musim 4
Produksi
Durasi 240 menit
Rumah produksi Indonesia Entertainmen Produksi
Siaran
Stasiun televisi Indosiar
Format gambar 720p (HDTV)
Format audio Stereo
Siaran sejak 27 April 2015  sekarang
Pranala luar
Situs resmi

Bintang Pantura adalah acara realitas atau ajang pencarian bakat penyanyi dangdut pantura terbesar yang ditayangkan di Indosiar. Nantinya akan ada empat mentor yang akan memilih peserta yang tampil pada audisi langsung. Peserta yang terpilih akan diberi kesempatan untuk diberi arahan dari mereka. Acara ini hampir serupa dengan pencarian bakat bergenre pop yaitu The Voice Indonesia namun acara ini dikemas lebih menarik dengan memadukan mentor dan komentator dalam satu panggung.[1]

Seluruh peserta yang telah lolos terseleksi di babak audisi hingga babak pilih-pilih akan dikarantina di sebuah asrama dan diberikan pelatihan-pelatihan berupa koreografi, olah vokal, perfomance, personalitas, dan tata busana oleh beberapa guru pada bidangnya masing-masing. Peserta yang telah lolos terseleksi setiap minggunya akan diadu dalam babak-babak yang telah ditentukan hingga menuju malam grand final di Bintang Pantura. Penampilan para peserta akan dinilai oleh para mentor dan komentator/agent yang diambil dari kalangan penyanyi papan atas serta dukungan voting sms dari pemirsa dan para penggemarnya. Acara ini mulai tayang perdana pada Senin, 27 April 2015 untuk musim pertamanya.[2][3]

Format[sunting | sunting sumber]

Bintang Pantura adalah acara televisi realitas ayng menampilkan empat mentor yang mencari artis penyanyi dangdut pantura berbakat, yang bisa menjadi superstar dangdut. Konsep acara ditunjukkan dengan judulnya yaitu mencari penyanyi pantura dengan kemampuan vokal dan tarian yang ditunjukkan sehingga bisa memikat para penonton untuk melihat mereka. Biasanya penyanyi pantura identik dengan saweran dan goyangan sronok, akan tetapi dengan program ini diharapkan penyanyi pantura bisa dirubah pandanganya melalui didikan para mentor. Pesaing dibagi menjadi empat tim, yang dibimbing oleh menotor yang pada gilirannya memilih lagu untuk artis atau anak didiknya mereka tampil. Tidak ada rentang usia yang spesifik dan siapapun bisa mengikuti audisi; jika seorang mentor menyukai apa yang mereka dengar, sebuah tombol bintang ditekan sehingga memungkinkan akan dibimbing oleh mereka. Jika ada lebih dari satu mentor, peserta berhak memilih untuk berganbung dengan tim mentor siapa. Ada satu hak veto di musim keempat jika satu peserta diperebutkan empat mentor, mentor bisa memberikan hak tersebut sehingga peserta menjadi bagian dari tim mentor tersebut. Mentor dari musim ke musim memiliki satu partner yang nantinya akan menggantikannya bila berhalangan untuk bertugas.

Ada tiga tahap yang dilakukan: audisi produsen, audisi langsung, dan panggung pertunjukkan konser final.

Audisi Produsen[sunting | sunting sumber]

Tahap pertama Bintang Pantura adalah audisi produser, yang tidak ditampilkan di televisi. Tahap pertama yang ditunjukkan adalah audisi buta, di mana mereka bernyanyi di depan pelatih. Apaabila peserta bernyanyi dengan baik maka peserta berhak masuk dalam audisi langsung di Panggung Pilih-Pilih. Biasanya kriteria yang dipilih yaitu bersuara bagus, unik, dan menarik.

Audisi Langsung: Panggung Piih-Pilih[sunting | sunting sumber]

Pada tahap ini peserta berhak menunjukkan aksi terbaik mereka di hadapan para mentor dan peserta terpilih akan bergabung dengan tim mentor. Peserta dituntut bernyanyi dan diselingi dengan ciri khas yang dapat memikat para mentor, biasanya suatu goyangan dan aksi panggung. Peserta disuruh menulis list lagu dangdut unggulan dan nantinya dari Indosiar yang akan menentukan peserta lagu peserta.

Tahap Final: Panggung Final[sunting | sunting sumber]

Di tahap terakhir ini, peserta yang telah terpilih bergabung dengan tim mentor akan di adu satu per-satu. Biasanya ada tujuh hingga sepuluh peserta yang terpilih. Hingga nantinya peserta yang terplih di panggung grand final berjumlah dua hingga tiga peserta. Hingga nanti dapat ditentukan siapa yang menjadi juara berdasarkan jumlah sms tertinggi. Pemilihan melalui sms dilakukan mulai dari panggung final. Ada beberapa permainan yang biasanya dilakukan yakni acak peserta dan acak lagu.

Sekilas seri[sunting | sunting sumber]

Sampai saat ini, empat musim telah disiarkan, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Musim Mulai Berakhir Pemenang Asal Runner-up Pemenang mentor Pembawa acara Pelatih Komentator Sponsor
1 27 April 2015 14 Juni 2015 Lilis Darawangi Banyuwangi Erna Parvez Inul Daratista Ramzi
Irfan Hakim
Andhika Pratama
Adibal Sahrul Ivan Gunawan Gosok Pijat Urut
2 27 Juli 2015 6 November 2015 Toto Anggit Wonosobo Norman Divo Inul Daratista Ramzi
Irfan Hakim
Andhika Pratama
Soimah Pancawati
Ivan Gunawan
3 13 September 2016 21 Oktober 2016 Tika Zeins Bandung Iis Susant Inul Daratista Ramzi
Irfan Hakim
Andhika Pratama
Melaney Ricardo
Rina Nose
Soimah Pancawati
Ivan Gunawan
Sarimi Isi 2

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Baru Tayang, Bintang Pantura Indosiar Rating Tertinggi Ke-3". Diakses tanggal 21 Februari 2016. 
  2. ^ "Ini Dia Juara Grand Final Bintang Pantura". Diakses tanggal 21 Februari 2016. 
  3. ^ "Siapakah Juara 1 Bintang Pantura 2?". Diakses tanggal 21 Februari 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]