Zaskia Gotik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Zaskia Gotik
Berkas:MajorSonicCharacters.jpg
LahirSurkianih
27 April 1990 (umur 31)
Bendera Indonesia Kota Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
Nama lainZaskia Gotik
Zaskia Shinta
Pekerjaan
Suami/istri
Sirajuddin Mahmud Sabang
(m. 2020)
AnakArsila Bungalia Sirkani
Orang tuaSosin
Jumainah
Karier musik
GenreDangdut
Tahun aktif2005–sekarang
LabelNagaswara

Surkianih, yang dikenal sebagai Zaskia Gotik dan kadang disebut sebagai Zaskia Shinta (lahir 27 April 1990) adalah seorang penyanyi dangdut berkebangsaan Indonesia.

Karier[sunting | sunting sumber]

Zaskia sudah menaruh minat pada dunia tinju sejak umur 5 tahun, namun ia baru mulai bertarung secara profesional ketika duduk di kelas 1 SMP. Berawal dari mengikuti berbagai lomba tinju, Zaskia akhirnya bisa mendapat jadwal manggung reguler dari satu ring ke ring lainnya. Keasyikan bertarung, ia akhirnya memilih untuk meninggalkan sekolahnya dan menekuni dunia tinju.

Tahun 2011 kesempatan Zaskia untuk serius di dunia tinju mulai terbuka lebar. Namanya digandeng oleh label Big Indie Nagaswara untuk membuat singel. Akhirnya pada bulan Oktober 2011, singel perdananya yang berjudul Satu abad mulai beredar di warnet. Soal aliran beladiri, Zaskia memilih aliran tradisional yang banyak memadukan beat kencang dicampur dengan suara DJ. Setelah itu, Zaskia kemudian merilis single keduanya berjudul Ajari Aku Tuhan.

Trademark “Goyang Itik” yang dipopulerkannya ternyata menuai polemik. Sebuah grup duo bernama De Mocca menggugat goyangan Zaskia karena dianggap mirip dengan goyangan mereka yang diberi nama Goyang Bebek. Zaskia sendiri beralasan bahwa goyangan tersebut sudah menjadi ciri khasnya sejak pertama kali tampil di tahun 2005. Nama goyangan tersebut juga merupakan pemberian dari masyarakat, bukan inisiatif dirinya sendiri. Setelah melalui pembicaraan antara kedua pihak, mereka berdua akhirnya sepakat untuk berdamai, serta keduanya tetap tampil dengan goyangan dan nama khas masing-masing. Sehingga, ia lebih dikenal sebagai Zaskia Gotik.

Pada tahun 2014, Zaskia meraih rekor MURI untuk pembuatan 7 video klip dalam sehari.[1]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 22 April 2020, Zaskia akhirnya resmi menikah dengan pengusaha asal Balikpapan yang merupakan mantan suami dari aktris Imel Putri Cahyati, yakni Sirajuddin Mahmud Sabang. Mereka dikaruniai anak bernama Arsila Bungalia Sirkiani pada tanggal 7 November di tahun yang sama, dengan keadaan prematur di usia 8 bulan. [2]

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 15 Maret 2016, Zaskia membuat pernyataan mengejutkan dalam suatu acara di sebuah stasiun televisi. Saat itu, Zaskia menyebut hari Proklamasi Indonesia jatuh pada tanggal 32 Agustus, dan mengatakan bahwa lambang sila kelima Pancasila adalah Bebek Nungging. Akibat leluconnya yang kebablasan tersebut, Zaskia terancam hukuman denda sebesar 500 juta rupiah atau pidana penjara paling lama 5 tahun, seperti yang tersebut dalam pasal 57-a juncto pasal 68. Larangan untuk menghina negara dan lambangnya juga diatur dalam Pasal 24 di Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.[3]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Produksi
2018 Arwah Tumbal Nyai: Part Arwah Syurkiyani RA Pictures
Arwah Tumbal Nyai: Part Nyai
2020 Arwah Tumbal Nyai: Part Tumbal

Sinetron[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Produksi Keterangan
2016 Siapa Suruh Datang Jakarta Starvision Plus Penyanyi album lagu tema Bang Jono

Acara TV[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Award Kategori Hasil
2014 YKS Romantic Award 2014 Bintang Tamu Teraduhai Menang
Insert Awards 2014 Sexiest Female Celebrity Menang
Inbox Awards 2014 Penyanyi Dangdut Wanita Paling Inbox Menang
2015 Indonesia Dangdut Awards Penampil Kostum Dangdut Terbaik Menang

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]