D'Academy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
D'Academy
Logo Dangdut Academy.jpg
GenrePencarian Bakat
PembuatProgramming Indosiar
Presenter
Juri
Penggubah lagu temaEstepe
Penata musik
  • Marcell Aulia Band
  • D'Band
Negara asalIndonesia
Jmlh. musim5
Produksi
Durasi180–240 menit
Rumah produksi
DistributorSurya Citra Media
Rilis
Jaringan asliIndosiar
Format gambar720p (HDTV)
Format audioStereo
Tanggal tayang asli3 Februari 2014 (2014-02-03) –
sekarang (sekarang)
Pranala luar
Situs web

D'Academy atau disingkat DA (nama lain atau kepanjangan dari Dangdut Academy) adalah acara musik dangdut sekaligus ajang pencarian bakat penyanyi dangdut di Indonesia yang ditayangkan oleh Indosiar.

Produksi dilaksanakan oleh Indosiar Production pada musim pertama hingga ketiga dan Indonesia Entertainmen Produksi pada musim keempat hingga sekarang. Acara ini sukses membuat musik dangdut yang sempat mati suri menjadi bangkit dan berkembang kembali, hingga acara ini berhasil menjadi ajang pencarian bakat dangdut nomor satu di Indonesia.[butuh rujukan] Kesuksesan acara ini membuahkan hasil yaitu dengan adanya program D'Academy Celebrity untuk para selebritas dan D'Academy Asia pertandingan bintang dangdut beberapa negara Asia Tenggara.[1]

Seluruh peserta yang telah lolos terseleksi di babak audisi dikarantina dan diberikan pelatihan-pelatihan berupa koreografi, olah vokal, perfomance, training kepribadian, dan tata busana oleh beberapa ahli pada bidangnya masing-masing, seperti Hamdan ATT, Nassar, Uncle Jo, Adibal Sahrul, Dedi Puja, dan Mislam. Peserta yang telah lolos terseleksi setiap minggunya akan diadu dalam babak-babak yang telah ditentukan hingga menuju malam grand final. Penampilan para peserta akan dinilai oleh para juri seperti Iis Dahlia, Saipul Jamil, Inul Daratista, Rita Sugiarto dan Beniqno , juga dinilai oleh pemirsa dan para penggemar melalui dukungan SMS yang akan mempengaruhi kedudukan para peserta. Di setiap episode, peserta dengan nilai perolehan poling SMS terendah akan tersenggol.

Pemenang ajang pencarian bakat ini, akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 150 juta dan satu unit mobil, untuk musim ketiga jumlah uang tunai bertambah menjadi sebesar 250 juta. Selain itu, pemenang juga berhak mendapatkan kontrak manajemen Stream Entertainment serta kesempatan rekaman untuk meluncurkan sebuah karya single atau album bersama Trinity Optima Production (yang kemudian digantikan sub-label khusus dangdut Trinity yaitu 3D Entertainment) yang menaungi mereka.[butuh rujukan]

Acara ini mulai tayang perdana pada Senin, 3 Februari 2014 untuk musim pertamanya, musim keduanya tanggal 8 Februari 2015, dan 24 Januari 2016 untuk musim ketiganya. D'Academy juga berhasil menjadi nominasi Panasonic Gobel Awards 2015 & Panasonic Gobel Awards 2016 untuk kategori Pencarian Bakat & Reality Show Terbaik. Selain itu, juga menjadi nominasi di program penghargaan baru Indonesian Television Awards untuk kategori Program Prime Non Drama Terpopuler.

Pada 27 Januari 2022, Indosiar mengumumkan bahwa D'Academy akan diadakan kembali untuk musim kelima setelah terakhir diadakan pada tahun 2017 dan sempat digantikan oleh Liga Dangdut Indonesia sejak 2018 hingga 2021.[2][3]

Format[sunting | sunting sumber]

Tahapan[sunting | sunting sumber]

Ada lima tahapan berkompetisi, diantaranya:

  • Tahap 1 — Audisi
  • Tahap 2 — Konser nominasi
  • Tahap 3 — Konser wildcard
  • Tahap 4 — Konser final
  • Tahap 5 — Konser grand final

Acara ini dibuka untuk seluruh warga negara Indonesia yang berusia minimal 15 tahun sampai 28 tahun dan tidak terikat dengan label manapun. Pendaftar diberi kesempatan untuk mengunggah audisi video ke Vidio.com dengan durasi maksimal 3 menit ditahap audisi musim ketiga. Produser acara juga mengirimkan audisi mobil ke berbagai lokasi di seluruh Indonesia untuk mengaudisi peserta yang tidak dapat menghadiri audisi arena ditahap audisi musim pertama. Audisi arena berlangsung di kota-kota besar seperti Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, Makassar, Palembang, dan berakhir di Jakarta. Audisi terdiri dari empat tahapan, tahap pertama yang bertindak sebagai tim penyeleksi adalah juri artis lokal, tahap kedua berhadapan dengan pihak Indosiar dan prosuder ditahap ketiga, dan tahap keempat audisi juri artis. Juri artis yang sering hadir adalah Inul Daratista, Iis Dahlia, Saipul Jamil, Nassar, Beniqno, Zaskia Gotik, dan Dewi Persik. Peserta yang lolos terseleksi di tahap ini akan mendapat golden ticket.

Panggung ilustrasi pada musim ketiga

Setelah itu para peserta yang terpilih akan diperkenalkan satu persatu di konser selamat datang. Barulah mereka menjalani tahap selanjutnya di konser nominasi untuk memperebutkan tempat di babak final. Seluruh peserta akan dibagi menjadi tujuh kelompok yang teridiri dari lima peserta di setiap kelompok. Setiap kelompok nantinya diberi kesempatan tampil dalam tiga minggu dan nantinya hanya akan tersisa 14 peserta. Dukungan sms sangat penting untuk masing-masing peserta, karena penerima sms tertinggi berhak lolos ke babak selanjutnya tanpa penentuan dewan juri. Untuk menuju babak final, peserta masih diberi kesempatan kembali di Konser Wildcard, peserta yang tersenggol sejumlah 12 peserta terpilih akan diadu kembali, untuk memperebutkan empat posisi, dan lima peserta lagi dari hak veto juri di Konser Launching Final.

Pada tahap ini semua peserta yang telah terpilih dari tahap-tahap sebelumnya sejumlah 25 peserta akan dibagi menjadi lima kelompok, setiap kelompok terdiri lima peserta. Peserta yang mendapat jumlah sms tertinggi sampai tahap 20 besar akan diberi hak previllage untuk tidak tampil pada malam result dan memastikan diri lolos pada babak berikutnya. Di musim keempat peserta yang mendapat keistimewaan tersebut akan memperoleh uang tunai sebesar lima juta, tetapi tetap tampil di result show dan bebas menentukan urutan tampil. Sedangkan di babak 10 besar, peserta akan hanya dibagi menjadi dua kelompok hingga babak 8 besar. Namun pada musim 2–4, peserta dibagi menjadi dua kelompok sehingga tersisa hanya empat peserta dan satu peserta lainya akan diambil di Konser Wildcard.

Pada musim 2–4 terdapat penambahan Konser Sosial Media Darling adalah konser penghargaan untuk para juri, komentator, pembawa acara, dan peserta yang memiliki banyak penggemar. Dimana masing-masing nominasi berhak mendapatkan dukungan dari pendukung mereka melalui sosial media Facebook dan Twitter yang akan di adakan langsung oleh Indosiar.

Di babak terakhir grand final, dua peserta yang telah lolos dari tahap sebelumnya akan bertanding memperebutkan kedudukan pemenang dan tempat kedua. Sebelumnya mereka harus menyelesaikan tantangan demi tantangan dan merebut hati masyarakat untuk memberi dukungan sms, karena pemenang akan ditentukan oleh hasil sms. Selain itu, mereka juga diberikan kesempatan bernyanyi lagu dangdut sama tetapi dengan aransemen genre musik yang berbeda, mereka juga diberi kesempatan berduet dengan penyanyi dangdut senior maupun diva pop seperti Judika dan Syahrini, Elvy Sukaesih, Krisdayanti dan Rita Sugiarto.[4][5]

Pembawa Acara[sunting | sunting sumber]

Pembawa acara pada musim pertama ada Rina Nose, Irfan Hakim, dan Ramzi. Mereka membuat Trio D'Terong dan didaulat mengisi acara D'Terong Show, selain itu mereka juga mempunyai julukan masing-masing yakni Rina Nose Terong Pesek karena tidak mempunyai hidung yang terlalu mancung, Ramzi disebut Terong Burik karena tidak mempunyai badan yang terlalu putih, dan Irfan Hakim diberi julukan Terong Boncel karena mempunyai badan yang tidak terlalu tinggi. Di musim kedua pembawa acara ditugaskan kepada Ramzi, Rina Nose, Irfan Hakim, dan ditambah dengan Andhika Pratama,[6] tetapi terkadang salah satu di antara mereka ada yang tidak hadir. Di musim kedua pula Ramzi, Irfan Hakim dan Andhika Pratama membuat Trio Julit dan didaulat mengisi acara Bintang Pantura. Sedangkan pada musim ketiga untuk pembawa acara ada Irfan Hakim, Ramzi, Rina Nose, Andhika Pratama, dan ditambah satu lagi yakni Gilang Dirga, tetapi jika salah satu dari mereka tidak hadir biasanya digantikan oleh Gading Marten, Uus, dan Kartika Putri. Di musim keempat formasi pembawa acara kembali ke musim pertama. Pada musim kelima, pembawa acara lama yang masih bertahan hanyalah Ramzi dan Irfan Hakim, dengan kehadiran pembawa acara baru yaitu Ruben Onsu, Jirayut dan Tiara Ramadhani.

Petunjuk
  Pembawa acara
  Pembawa acara tamu
Pembawa acara Musim 1 Musim 2 Musim 3 Musim 4 Musim 5
Ramzi
Irfan Hakim
Rina Nose
Bianca Liza
Andhika Pratama
Gilang Dirga
Kartika Putri
Gading Marten
Uus
Ricky Harun
Ruben Onsu
Jirayut
Tiara Ramadhani


Juri[sunting | sunting sumber]

Juri yang dipilih pada musim pertama ada Iis Dahlia penyanyi dangdut senior, Beniqno penyanyi dangdut senior sekaligus pemain film televisi, Saipul Jamil penyanyi dangdut baru namun namanya mulai tidak asing di telinga masyarakat, ada Inul Daratista penyanyi dangdut senior yang namanya dikenal dengan Ratu Ngebor, dan Zaskia Gotik penyanyi dangdut baru.[7] Namun seiring berjalannya waktu posisi Zaskia Gotik digantikan oleh Rita Sugiarto[8] selaku komposer sekaligus penyanyi dangdut senior Indonesia.

Pada musim kedua, juri yang bertugas ada Saipul Jamil, Iis Dahlia, Inul Daratista, Rita Sugiarto, dan Beniqno. Akan tetapi terkadang ada salah satu juri yang tidak hadir dikarenakan ada off-air atau ada acara penting sehingga harus meninggalkan kursi juri. Untuk mengisi kursi yang kosong, Cici Paramida penyanyi dangdut senior dipilih untuk menggantikannya sehingga kursi juri tetap terisi penuh.

Di musim ketiga posisi pembawa acara dan juri mengalami perubahan, sedangkan komentator tetap Soimah Pancawati komentator aksi panggung, Ivan Gunawan mengomentari penampilan para peserta, dan Nassar mengomentari vokal. Posisi juri ada Iis Dahlia, Inul Daratista, Saipul Jamil, Rita Sugiarto dan Hetty Koes Endang. Pada musim ini Beniqno sudah tidak bertugas lagi, tetapi dia menjadi juri tamu. Seiring berjalannya waktu Saipul Jamil tidak lagi bertugas sebagai juri karena terjerat khasus hukum yang mengharuskan dia keluar dari posisi juri, dan untuk sementara yang menggantikan posisi Saipul Jamil adalah juri-juri tamu seperti Ratu Dangdut Elvy Sukaesih, penyanyi dangdut senior Cici Paramida dan Erie Suzan, penyanyi dangdut melayu Iyeth Bustami dan beberapa juri yang ditugaskan di D'Academy Asia yakni Fakhrul Razi, Mas Idayu, dan Rosalina Musa. Pada musim keempat formasi juri kembali ke musim pertama dan kedua, tetapi posisi Saipul Jamil digantikan Dewi Persik. Namun setelah Dewi Persik memutuskan untuk cuti, posisinya digantikan oleh penyanyi dangdut melayu Iyeth Bustami hingga selesai. Pada musim kelima, posisi juri kembali mengalami perombakan dimana Nassar, Dewi Persik, Soimah Pancawati, Elvy Sukaesih dan Rita Sugiarto kembali mengisi acara ini dengan menjadi juri, namun dengan kehadiran para juri baru yaitu Erie Suzan, Jenita Janet, Via Vallen, dan para alumni D'Academy musim sebelumnya yaitu Lesti Kejora, Reza Zakarya dan Fildan Rahayu.

Petunjuk
  Juri
  Juri tamu
Juri Musim 1 Musim 2 Musim 3 Musim 4 Musim 5
Inul Daratista
Iis Dahlia
Saipul Jamil
Rita Sugiarto
Beniqno
Sule
Dewi Persik
Zaskia Gotik
Hetty Koes Endang
Iyeth Bustami
Erie Suzan
Cici Paramida
Fakhrul Razi
Mas Idayu
Rosalina Musa
Elvy Sukaesih
Soimah Pancawati
Via Vallen
Jenita Janet
Lesti Kejora
Reza Zakarya
Fildan Rahayu
Nassar Sungkar


Komentator[sunting | sunting sumber]

Pada musim pertama komentator hanya Ivan Gunawan yang mengomentari penampilan busan para peserta. Namun pada musim kedua dan ketiga komentator yang ditugaskan adalah Ivan Gunawan tetap menjadi komentator penamilan, Soimah Pancawati untuk mengomentari aksi panggung para peserta, dan Nassar yang mengomentari olah vokal peserta sesekalinya dia juga didaulat menjadi pelatih vokal pada musim kedua. Dimusim ketiga hingga saat ini, mereka membuat grup yang disebut Keluarga Gunarso yang merupakan singkatan dari nama masing-masing.[9] Namun jika di antara mereka ada yang tidak hadir karena berhalangan, Samuel Watimena perancang busana Indonesia yang menggantikan posisi Ivan Gunawan. Posisi Soimah digantikan oleh Denada, Elvy Sukaesih, Dewi Gita, Syahrini, dan beberapa artis lainya.[10]

Petunjuk
  Komentator
  Komentator tamu
Komentator Musim 1 Musim 2 Musim 3 Musim 4 Musim 5
Ivan Gunawan
Soimah Pancawati
Nassar
Samuel Wattimena
Valentino Simanjuntak
Dewi Gita
Syahrini
Denada
Okky Lukman
Zaskia Gotik


Sekilas Musim[sunting | sunting sumber]

Untuk saat ini, empat musim telah disiarkan dan satu musim akan disiarkan, dengan rincian sebagai berikut.

  Peserta dari Pulau Kalimantan
  Peserta dari Pulau Sumatra
  Peserta dari Pulau Papua
  Peserta dari Pulau Sulawesi
  Peserta dari Pulau Jawa

Musim Mulai Berakhir Pemenang Tempat kedua Tempat ketiga Lagu kemenangan Pembawa acara Juri tetap Juri tamu Komentator
1 3 Februari 2014 30 Mei 2014 Lesti Andryani Nur Aty Edfrans Angga "Kejora" Ramzi
Rina Nose
Irfan Hakim
Saipul Jamil
Iis Dahlia
Inul Daratista
Rita Sugiarto
Beniqno
N/A Ivan Gunawan
2 2 Februari 2015 12 Juni 2015 Evi Anggraini Danang Pradana Dieva Irwan Krisdiyanto "Muara Hati" Ramzi
Rina Nose
Irfan Hakim
Andhika Pratama
Cici Paramida Ivan Gunawan
Soimah Pancawati
Nassar
3 24 Januari 2016 27 Mei 2016 Muhammad Irsyad Basir Weni Wahyuni Irsya Cendikiawan "Pemenang Hati" Ramzi
Rina Nose
Irfan Hakim
Andhika Pratama
Gilang Dirga
Iis Dahlia
Inul Daratista
Rita Sugiarto
Hetty Koes Endang
Fakhrul Razi
Iyeth Bustami
Beniqno
Erie Suzan
Elvy Sukaesih
Mas Idayu
Rosalina Musa
Cici Paramida
4 16 Januari 2017 19 Mei 2017 Fildan Rahayu Putri Isnari Aulia "Terima Kasihku" Ramzi
Rina Nose
Irfan Hakim
Gilang Dirga
Iyeth Bustami
Elvy Sukaesih
Rita Sugiarto
Inul Daratista
Beniqno
Iis Dahlia
Dewi Persik
Cici Paramida
Hetty Koes Endang
5 6 Juni 2022 Sekarang TBA TBA TBA TBA Ramzi
Irfan Hakim
Jirayut Afisan
Tiara Ramadhani
Ruben Onsu
Nassar Sungkar
Soimah Pancawati
Lesti Andryani
Dewi Perssik
Elvy Sukaesih
Rita Sugiarto
Fildan Rahayu
Reza Zakarya
Via Vallen
Jenita Janet
Erie Suzan
TBA N/A

Catatan
  1. ^ Juri tetap diduduki oleh 5 juri pada musim pertama dan kedua.
  2. ^ Komentator pada musim pertama hanya Ivan Gunawan sedangkan pada musim kedua Soimah dan Nassar masuk dan melengkapi kursi komentator.
  3. ^ Soimah mempunyai wewenang untuk mengomentari penampilan panggung peserta, Ivan Gunawan mengomentari penampilan kostum peserta, sedangkan Nassar mengomentari vokal
  4. ^ Pembawa acara pada musim pertama hanya Ramzi, Rina Nose, dan Ramzi. Pada musim kedua ditambah oleh Andhika Pratama dan musim ketiga ditambah Gilang Dirga.
  5. ^ Pada musim ketiga kedudukan juri sering berganti, yang menempati posisi juri sebenarnya adalah Saipul Jamil, Iis Dahlia, Rita Sugiarto, dan Inul Daratista.

Musim 1 (2014)[sunting | sunting sumber]

Logo acara musim pertama

D'Academy musim pertama ini dimenangkan oleh Lesti mengalahkan Aty dan Frans yang sebelumnya berada di 3 besar.[11] Sebelumnya, audisi D Academy musim pertama ini di selenggarakan di 5 kota, diantaranya Medan, Makassar, Surabaya, Bandung, dan Jakarta. Selain itu audisi juga dilakukan di bus dan diadakan di 6 kota, diantaranya Cirebon, Solo, Purwokerto, Tasikmalaya, Serang dan Bogor. Di musim pertama ini, Ramzi, Rina Nose, dan Irfan Hakim selaku pembawa acara, kursi juri diduduki oleh Saipul Jamil, Iis Dahlia, Inul Daratista, Zaskia Gotik dan Benigno, sedangkan Ivan Gunawan didapuk menjadi komentator pernampilan para peserta. Namun seiring berjalannya waktu Zaskia Gotik digantikan oleh Rita Sugiarto. Musim pertama ditayangkan mulai tanggal 3 Februari hingga 30 Mei 2014.

Tempat Peserta Asal Kota Provinsi
01 Lesti Andryani Cianjur  Jawa Barat
02 Nur Aty Selayar  Sulawesi Selatan
03 Edfrans Angga Palembang  Sumatra Selatan
04 Subro Al-Farizhi Lampung  Lampung
05 Ikif Khawazima Ngawi  Jawa Timur
06 Eka Pradona Sidoarjo  Jawa Timur
07 Glenn Sereby Rumbino Papua  Papua
08 Febrohadi Kisyanto Mojokerto  Jawa Timur
09 Dedy Suwandi Medan  Sumatra Utara
10 Eva Diarti Dinar Garut  Jawa Barat
11 Ariyanto Tanggerang  Banten
12 Zahdan Hasan Makassar  Sulawesi Selatan
13 Nurasya Jamil Makassar  Sulawesi Selatan
14 Bonita Yolanda Malang  Jawa Timur
15 Adit Kemal Banten  Banten
Legenda
Perempuan Laki-laki Grup Tempat Kedua Juara
Tidak tampil Tidak lanjut/Langsung SMS Tertinggi Tidak Aman Eliminasi Previllage
Tahap: Final
Posisi: 10 Besar 9 Besar 8 Besar 7 Besar 6 Besar 5 Besar 4 Besar 3 Besar Tempat Kedua Pemenang
1 Lesti Andryani 3rd 2nd 3rd 4th 1st 1st 1st 1st
2 Nur Aty 3rd 2nd 2nd 2nd 2nd 2nd 2nd
3 Edfrans Angga 4th 3rd 1st 3rd 3rd 3rd
4 Subro Al-Farizhi 2nd 1st 4th 1st 4th
5 Ikif Khawazima 2nd 1st 5th 5th
6 Eka Pradona 4th 3rd 6th
7 Glenn S. Rumbino 1st 4th
8 Febrohadi Kisyanto 1st 4th
9 Dedy Suwandi 5th
10 Eva Diarti Dinar 5th

Musim 2 (2015)[sunting | sunting sumber]

Logo acara musim kedua
Evi Anggraini, pemenang pada musim kedua

D'Academy musim kedua ini dimenangkan oleh Evi mengalahkan Danang dan Irwan yang sebelumnya berada di 3 besar.[12] Audisi D Academy musim kedua ini di selenggarakan di 7 kota, diantaranya Medan, Surabaya, Makassar, Semarang, Bandung, Palembang dan Jakarta. Di musim kedua ini, Ramzi, Rina Nose, dan Irfan Hakim selaku pembawa acara ditambah Andhika Pratama, sedangkan kursi juri diduduki oleh Saipul Jamil, Iis Dahlia, Inul Daratista, Rita Sugiarto dan Benigno. Selain juri, ada 3 juga komentator yang mengomentari penampilan peserta diantaranya Ivan Gunawan, Soimah, dan Nassar, tetapi mereka tidak diberi tugas untuk menentukan peserta yang bertahan atau tersenggol. Musim kedua ditayangkan mulai tanggal 8 Februari hingga 12 Juni 2015.

Tempat Peserta Asal Kota Provinsi
01 Evi Anggraini Masamba  Sulawesi Selatan
02 Danang Pradana Dieva Banyuwangi  Jawa Timur
03 Irwan Krisdiyanto Madura  Jawa Timur
04 Reza Zakarya Mahdami Bandung  Jawa Barat
05 Ika Sugiyarti Jakarta  Jakarta
06 Ady Kasipahu Bima  Nusa Tenggara Barat
07 Ega Noviantika Kuningan  Jawa Barat
08 Endah Purwaningsih Banjarmasin  Kalimantan Selatan
09 Intan Nova Putama Jember  Jawa Timur
10 Mahrita Mauliyani Banjarmasin  Kalimantan Selatan
11 Titik Sanova Blitar  Jawa Timur
12 Tria Aprilia Wulandari Palembang  Sumatra Selatan
13 Sri Ayu Kurnia Cirebon  Jawa Barat
14 Rizki Syafaruddin
Ridho Syafaruddin
Medan  Sumatra Utara
15 Muhammad Albi Maududi Batu bara  Sumatra Utara
Legenda
Perempuan Laki-laki Grup Tempat Kedua Juara
Tidak tampil Tidak lanjut/Langsung SMS Tertinggi Tidak Aman Eliminasi Previllage
Tahap: Final
Posisi: 15 Besar 14 Besar 13 Besar 12 Besar 11 Besar 10 Besar 9 Besar 8 Besar 7 Besar 6 Besar 5 Besar 4 Besar 3 Besar Tempat Kedua Pemenang
1 Evi Anggraini 1st 4th 2nd 1st 1st 1st 1st 1st
2 Danang Pradana Dieva 1st 2nd 1st 1st 2nd 2nd 2nd 2nd
3 Irwan Krisdiyanto 1st 2nd 1st 3rd 3rd 3rd
4 Reza Zakrya Mahdami 1st 3rd 3rd 4th 4th
5 Ika Sugiyarti 2nd 4th 3rd 5th
6 Ady Kasipahu 2nd 1st 2nd 3rd
7 Ega Noviantika 2nd 1st 4th
8 Endah Purwaningsih 2nd 3rd 4th
9 Intan Nova Putama 1st 5th
10 Mahrita Mauliyani 2nd 5th
11 Titik Sanova 3rd
12 Tria Aprilia Wulandari 3rd
13 Sri Ayu Kurnia 3rd
14 RizkiRidho 3rd
15 Muhammad Albi Maududi 3rd

Musim 3 (2016)[sunting | sunting sumber]

Logo acara musim ketiga

D'Academy musim ketiga ini dimenangkan oleh Ical mengalahkan Weni dan Irsya yang sebelumnya berada di 3 besar.[13] Audisi D Academy musim ketiga ini di selenggarakan di 7 kota, diantaranya Surabaya, Banjarmasin, Medan, Bandung, Semarang, Makassar, dan Jakarta. Di musim ketiga Ramzi, Irfan Hakim, Rina Nose, Andhika Pratama, dan Gilang Dirga didaulat menjadi pembawa acara, sedangkan kursi juri diduduki oleh Hetty Koes Endang, Iis Dahlia, Inul Daratista, dan Rita Sugiarto. Untuk menggenapi kursi juri, Indosiar selalu mengundang juri tamu yang seiring waktu bergantian, yakni Iyeth Bustami, Elvy Sukaesih, Erie Suzan, Cici Paramida, dan beberapa juri dari negara tetangga Mas Idayu, Rosalina Musa, dan Fakhrul Razi. Selain juri, ada 3 juga komentator yang bertugas diantaranya Ivan Gunawan untuk mengomentari penampilan para peserta, Soimah mengomentari aksi panggung, dan Nassar didaulat mengomentari vokal para peserta, tetapi mereka tidak diberi tugas untuk menentukan peserta yang bertahan atau tersenggol. Musim ketiga ditayangkan mulai tanggal 24 Januari hingga 27 Mei 2016.

Tempat Peserta Asal Kota Provinsi
01 Muhammad Irsyad Basir Majene  Sulawesi Barat
02 Weni Wahyuni Pontianak  Kalimantan Barat
03 Irsya Cendikiawan Bandung  Jawa Barat
04 Nurafni Kutai Kartanegara  Kalimantan Timur
05 Alfin Habib
Alfin Ladeli
Medan  Sumatra Utara
06 Muhammad Rafly Heriawan Gowa  Sulawesi Selatan
07 Ismail Kadir Gorontalo  Gorontalo
08 Anggun Merdekawati Bima  Nusa Tenggara Barat
09 Sherly Marlinda Ponorogo  Jawa Timur
10 Dila Erista Aselolle Karawang  Jawa Barat
11 Anisya Cosmaningrum Tanggerang  Banten
12 Arin Wulan Cirebon  Jawa Barat
13 Natasya Oktavika Duri Pekan Baru  Riau
14 Anissa Farella Solo  Jawa Tengah
15 Sarah Rizkia Tunnisa Tasikamalaya  Jawa Barat
Legenda
Perempuan Laki-laki Grup Tempat Kedua Juara
Tidak tampil Tidak lanjut/Langsung SMS Tertinggi Tidak Aman Eliminasi Previllage
Tahap: Final
Posisi: 15 Besar 14 Besar 13 Besar 12 Besar 11 Besar 10 Besar 9 Besar 8 Besar 7 Besar 6 Besar 5 Besar 4 Besar 3 Besar Tempat Kedua Pemenang
1 Muhammad Irsyad Basir 1st 1st 2nd 1st 1st 1st 1st 1st
2 Weni Wahyuni 2nd 3rd 1st 4th 3rd 2nd 2nd
3 Irsya Cendikiawan 2nd 1st 1st 1st 2nd 2nd 3rd
4 Nurafni 2nd 4th 2nd 2nd 3rd 4th
5 Duo Alfin 2nd 3rd 3rd 5th
6 Muhammad Rafly Heriawan 2nd 3rd 3rd 3rd
7 Ismail Kadir 1st 2nd 4th
8 Anggun Merdekawati 1st 2nd 4th
9 Sherly Marlinda 1st 5th
10 Dila Erista Aselolle 1st 5th
11 Anisya Cosmaningrum 5th
12 Arin Wulan 5th
13 Natasya Oktavika Duri 5th
14 Anissa Farella 5th
15 Sarah Rizkia Tunnisa 5th

Musim 4 (2017)[sunting | sunting sumber]

Logo acara musim keempat

D'Academy musim keempat ini dimenangkan oleh Fildan asal Baubau mengalahkan Putri Isnari di konser kemenangan dan Aulia di konser grand final. Acara ini diselenggarakan pada tahun 2017 di Studio 5 Indosiar. Untuk saat ini, musim ini masih melakukan audisi hunt maupun audisi show. Audisi akan berlangsung pada tanggal 6 November 2016 di Kota Surabaya dan audisi terakhir di Kota Jakarta pada tanggal 18 Desember 2016 di Studio 5 Indosiar. Pada saat ini sudah berlangsung audisi spesial hunt di kota-kota kecil maupun besar yang tidak terjadwal untuk didatangi audisi show. Pada saat proses audisi, juri yang ditugaskan adalah Nassar, Iis Dahlia, Beniqno, Inul Daratista, Dewi Persik, dan Itje Trisnawati. Pembawa acara yang ditugaskan pada saat audisi adalah Rina Nose, terkadang ada RizkiRidho. Juri yang didaulat adalah Dewi Persik, Iis Dahlia, Inul Daratista, Rita Sugiarto, dan Beniqno. Pembawa acara yang ditugaskan adalah Ramzi, Rina Nose, dan Irfan Hakim, sedangkan komentator yakni Ivan Gunawan, Soimah Pancawati, dan Nassar.

Tempat Peserta Asal Kota Provinsi
01 Fildan Rahayu Baubau  Sulawesi Tenggara
02 Putri Isnari Balikpapan  Kalimantan Timur
03 Aulia Pontianak  Kalimantan Barat
04 Teguh Purwa Saputra Bandung  Jawa Barat
05 Arland Singh Rantau Prapat  Sumatra Utara
06 Firdaus Sanjaya Sumenep  Jawa Timur
07 Raiga Denindra Ciamis  Jawa Barat
08 Muhammad Hafiz Batu Bara  Sumatra Utara
09 Sugeng Hidayaturrahman Situbondo  Jawa Timur
10 Azizah Ismi Hayrunisa Maumere  Nusa Tenggara Timur
11 Muhammad Abdul Nabi Bima  Nusa Tenggara Barat
12 Poppy Widiarti Taubari Musi Rawas  Sumatra Selatan
13 Ayu Anjani Deli Serdang  Sumatra Utara
14 Qolbi Nuril Huda Jember  Jawa Timur
15 Rafi Fenderico Cirebon  Jawa Barat

Musim 5 (2022)[sunting | sunting sumber]

Logo acara musim kelima

Musim kelima ini dilaksanakan setelah lima tahun absen pada tahun 2022. Berbeda dengan musim-musim sebelumnya, audisi D'Academy musim ini hanya dilaksanakan secara daring melalui situs Kapanlagi.com dan seluruh platform digital resmi Indosiar.[14] Di musim kelima ini, tidak ada audisi langsung di berbagai kota dikarenakan masih berlangsungnya pandemi COVID-19. Audisi daring sendiri dilaksanakan mulai 7 Februari hingga 31 April 2022. Nantinya pendaftar terpilih akan mendapat panggilan untuk mengikuti audisi daring dan dinilai langsung oleh juri kreatif serta juri alumni diantaranya Aulia, Fildan Rahayu, Muhammad Irsyad Basir, Irsya Chendikiawan, Irwan Krisdiyanto, Putri Isnari, Rani Zamala, Reza Zakarya dan Weni Wahyuni.[15] Pada musim ini, pembawa acara lama yang masih bertahan hanyalah Ramzi dan Irfan Hakim, dengan kehadiran pembawa acara baru yaitu Ruben Onsu, Jirayut dan Tiara Ramadhani. Posisi juri kembali mengalami perombakan dimana Nassar, Dewi Persik, Soimah Pancawati, Elvy Sukaesih dan Rita Sugiarto kembali mengisi acara ini dengan menjadi juri, namun dengan kehadiran para juri baru yaitu Erie Suzan, Jenita Janet, Via Vallen, dan para alumni D'Academy musim sebelumnya yaitu Lesti Kejora, Reza Zakarya dan Fildan Rahayu.

Spesial Konser[sunting | sunting sumber]

Dua Generasi: Rhoma Irama & D'Academy[sunting | sunting sumber]

Konser ini digelar pada 2 Juli 2017, dengan mempertemukan pertama kalinya Raja Dangdut Indonesia yang sekaligus menjabat sebagai Persatuan Artis Musik Melayu Dangdut Indonesia dengan jebolan D'Academy. Acara ini dipandu oleh Evan Sanders, Ruben Onsu, dan Arie Untung. Dengan mengundang Lesti Andryani, Evi Anggraini, Muhammad Irsyad Basir, Fildan Rahayu, dan beberapa lainya. Setelah sekian lama Rhoma Irama tidak pernah ke Indosiar semenjak perayaan ulang tahun Indosiar yang ke-8. Kini Rhoma Irama akhirnya mengungkapkan rasa kagum dan bangganya terhadap jebolan D'Academy karena mereka memiliki kemampuan dan bakat bernyanyi yang sangat luar biasa.[16]

Pengisi Acara[sunting | sunting sumber]

Segmen 1
  1. Evi Anggraini—"Judi"
  2. Muhammad Irsyad Basir—"Mirasantika"
  3. Fildan Rahayu—"Kehilangan"
  4. Lesti Andryani—"Keramat"
  5. Rhoma Irama feat. Soneta Group—"Apa Kabar?"
  6. Rhoma Irama feat. Soneta Group—"Lebaran"
  7. Rhoma Irama feat. Lesti Andryani—"Dasi Dan Gincu"
  8. Evi, Danang, Weni, Lesti, Ical, Fildan—"Seni"
Segmen 2
  1. Rhoma Irama feat. Soneta Group—"Setan Pasti Kalah"
  2. Rhoma Irama feat. Soneta Group—"Narkoba"
  3. Rhoma Irama feat. Soneta Group—"Mirasantika"
  4. Fildan Rahayu—"Setetes Air Hina"
Segmen 3
  1. Danang Pradana Dieva—"Baca"
  2. Putri Isnari—"Anak Yang Malang"
  3. Subro Al-Farizhi—"Buta"
  4. Muhammad Irsyad Basir feat. Teguh Purwa Saputra—"Sebujur Bangkai"
Segmen 4
  1. Weni Wahyuni feat. Evi Anggraini—"Badai Fitnah"
  2. Rhoma Irama feat. Soneta Group—"Keram"
  3. Rhoma Irama feat. Soneta Group—"Mardatilah"
  4. Rhoma Irama feat. Fildan Rahayu—"Judi"
  5. Irwan Krisdiyanto feat. Rafi—"Musik"
  6. Reza, Irwan, Rafi—"Darah Muda"
Segmen 5
  1. Lesti Andryani—"Ampunilah"
  2. Evi Anggraini feat. Subro Al-Farizhi—"Kerindu"
  3. Lesti Andryani feat. Putri Isnari—"Mati Aku"
Segmen 6
  1. Lesti, Reza, Putri, Teguh—"Terajana"
  2. Irwan Krisdiyanto feat. Weni Wahyuni—"Ghibah"
  3. Rhoma Irama feat. Soneta Group—"Azza"
  4. Rhoma Irama feat. Soneta Group—"Sedekah"
  5. Semua Artis—"Insya Allah"

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Rating[sunting | sunting sumber]

Peringkat musiman diperoleh berdasarkan total rata-rata pemirsa per episode D'Academy di Indonesia. Rating televisi acara pencarian bakat bernyanyi dangdut ini juga selalu stabil di peringkat 1 untuk musim pertama dan kedua, sedangkan musim ketiga dan keempat stabil di peringkat 5 besar. Dengan demikian, acara ini menjadi salah satu acara unggulan untuk kategori pencarian bakat di Indonesia.

Musim Perdana Berakhir Musim TV Waktu (WIB) Musim
Peringkat
Sumber
Tanggal Penonton Tanggal Penonton
1 3 Februari 2014
Tayangan Audisi
12.50 Konser Grand Final:
30 Mei 2014
29.60 2014 Jum'at 6:30 pm
(Konser Grand Final)
1 [17][18][19]
Konser Kemenangan:
6 Juni 2014
30.20 Jum'at 6:30 pm
(Konser Kemenangan)
1
2 2 Februari 2015
Tayangan Audisi
14.30 Konser Grand Final:
5 Juni 2015
24.30 2015 Jum'at 6:30 pm
(Konser Grand Final)
1 [20][21][22]
Konser Kemenangan:
12 Juni 2015
24.90 Jum'at 6:30 pm
(Konser Kemenangan)
1
3 18 Januari 2016
Tayangan Audisi
11.60 Konser Grand Final:
20 Mei 2016
23.60 2016 Jumat 6:30 pm
(Konser Grand Final)
2 [23]
Konser Kemenangan:
27 Mei 2016
25.40 Jum'at 6:30 pm
(Konser Kemenangan)
2
4 16 Januari 2017
Tayangan Audisi
11.70 Konser Grand Final:
12 Mei 2017
19.10 2017 Jumat 6:30 pm
(Konser Grand Final)
3 [24]
Konser Kemenangan:
19 Mei 2017
26.20 Jum'at 6:30 pm
(Konser Kemenangan)
1
5 6 Juni 2022
Tayangan Audisi
TBA TBA TBA 2022 TBA TBA TBA
TBA TBA TBA TBA

Penghargaan dan Nominasi[sunting | sunting sumber]

D'Academy menjadi nominasi Panasonic Gobel Awards 2015 & Panasonic Gobel Awards 2016 untuk kategori Pencarian Bakat & Reality Show Terbaik. Selain itu, D'Academy juga menjadi nominasi di program penghargaan baru Indonesian Television Awards untuk kategori Program Prime Non Drama Terpopuler.

Tahun Asosiasi Kategori Nominasi Hasil
2015 Panasonic Gobel Awards Pencarian Bakat & Reality Show D'Academy Nominasi
2016 Panasonic Gobel Awards Pencarian Bakat & Reality Show D'Academy Nominasi
Presenter Kuis/Game Show, Pencarian Bakat, & Reality Show Irfan Hakim Nominasi
Indonesian Television Awards Program Prime Time Non Drama Terpopuler D'Academy Nominasi
Pembawa Acara Terpopuler Rina Nose Nominasi
Irfan Hakim Nominasi
Andhika Pratama Nominasi
2017 Panasonic Gobel Awards Presenter Program Musik, Variety Show, Pencarian Bakat & Reality Show Ramzi Nominasi
Irfan Hakim Nominasi
Rina Nose Nominasi
Indonesian Television Awards Pembawa Acara Terpopuler Rina Nose Nominasi
Duet Pembawa Acara Terpopuler Rina Nose & Irfan Hakim Nominasi

Album Yang Diproduksi[sunting | sunting sumber]

D'Academy 2014[sunting | sunting sumber]

D'Academy 2014 merupakan album kompilasi karya D'Academy. Dirilis pada tahun 2014. Album ini berisikan 5 lagu pilihan. Lagu utamanya di album ini adalah "Kejora" oleh Lesti. Selain itu, di dalam album ini juga terdapat single perdana dari Aty, Edfrans Angga, Subro. dan Ikif. Dalam mengemas album ini, D'Academy bekerjasama dengan Trinity Optima Production dan Indosiar.[25]

Disk 1
No.JudulPenulisArtisDurasi
1."Kejora (Versi Lesti)"Lesti Andryani5:29
2."Tak Bisa Melupakanmu"
  • Estepe
Nur Aty6:01
3."Makhluk Cantik"Edfrans Angga4:14
4."Kenyataan Cinta"Subro Al-Farizhi4:42
5."Kapokmu Kapan"Ikif Khawazima3:32
Durasi total:29:58

D2 Academy[sunting | sunting sumber]

D2 Academy merupakan album kompilasi karya D'Academy. Dirilis pada tahun 2015. Album ini berisikan 13 lagu pilihan. Lagu utamanya di album ini adalah "Theme Song Dangdut Academy" oleh Evi, Irwan, Reza, Ady, Ega, Mahrita Mauliyani dan lagu "Kembalilah Padaku" oleh RizkiRidho. Selain itu, di dalam album ini juga terdapat single perdana dan rycycle dari Danang, Irwan, Reza, Ika, Endah, Intan, Lesti, Aty, Frans, Subro. dan Ikif. Dalam memasarkan album ini, D'Academy bekerjasama dengan Trinity Optima Production, Indosiar dan Indomaret. Album ini hanya dijual di minimarket Indomaret seluruh Indonesia.[26]

Disk 1
No.JudulPenulisArtisDurasi
1."Dangdut Academy (Theme Song)"
  • Estepe
3:38
2."Benang Biru"
  • Faisal Dath
Irwan Krisdiyanto5:19
3."Gadis Atau Janda"
  • Awab Purnama
Danang Pradana Dieva feat. Endah Purwaningsih3:12
4."Pacar Dunia Akhirat"
  • Edi Lestaluhu
Intan Nova Putama5:51
5."Engkau Laksana Bulan"
  • P. Ramlee
  • Jamil Sulong
Reza Zakarya4:36
6."Lumpuhkan Ingatanku"
  • Roby Satria
Ika Sugiyarti4:54
7."Kembalilah Padaku"RizkiRidho4:30
8."Kejora"Lesti Andryani5:31
9."Tak Bisa Melupakanmu"
  • Estepe
Nur Aty6:02
10."Kapokmu Kapan"Ikif Khawazima4:32
11."Makhluk Cantik"Edfrans Angga4:15
12."Kenyataan Cinta"Subro Al-Farizhi4:44
13."Pokoke Joget"Lesti Andryani3:47
Durasi total:61:25

Hits Collection D'Academy[sunting | sunting sumber]

Hits Collection D'Academy merupakan album kompilasi karya D'Academy yang berbentuk VCD karaoke. Dirilis pada tahun 2016. Album ini berisikan 10 lagu pilihan dan merupakan hits single dari artis D'Academy dengan Trinity Optima Production dan Stream Entertainment. Lagu yang ada pada album ini merupakan karya dari Lesti, Evi, Ical, Danang, Irwan, RizkiRidho, dan Aty. Dalam memasarkan album ini, Stream Entertainment dan Trinity Optima Production bekerja sama dengan Indosiar, Alfamidi dan Lawson. Album ini hanya dijual di minimarket Alfamidi dan Lawson seluruh Indonesia.[27]

Disk 1
No.JudulPenulisArtisDurasi
1."Zapin Melayu"
  • Pak Ngah
Lesti Andryani3:38
2."Pemenang Hati"
  • Adi Sahrul Hartono
Muhammad Irsyad Basir4:53
3."Bidadari Jiwa"
  • Pak Ngah
Danang Pradana Dieva4:23
4."Cinta Yang Kembali"RizkiRidho4:27
5."Muara Hati"
Evi Anggraini6:09
6."Main Api"
  • M. Adi Mashudi
Irwan Krisdiyanto4:47
7."Kejora"Lesti Andryani5:29
8."Bunga Surgawi"
  • Adi Sahrul Hartono
Danang Pradana Dieva4:45
9."Kembalilah Padaku"RizkiRidho4:30
10."Kumis"
  • S. Suto Pranto
Nur Aty3:53
Durasi total:47:08

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Syaiful Bahri (2015-11-13). "Indosiar Resmi Luncurkan Kontes Dangdut D'Academy Asia 2015". Fimela.com. Diakses tanggal 2019-06-11. 
  2. ^ Liputan6.com (2017-09-07). "D'Academy Usai, Indosiar Siap Suguhkan Liga Dangdut Indonesia". liputan6.com. Diakses tanggal 2022-01-28. 
  3. ^ Karim, Muhammad. "D'Academy 5 Akan Segera Hadir Lagi di Indosiar, yang Mau Ikutan Siap-siap, Ega: Masya Allah Jadi Rindu DA2 - Bagikan Berita". bagikanberita.pikiran-rakyat.com. Diakses tanggal 2022-01-28. 
  4. ^ Kapanlagi.com. "Syahrini Bergoyang Dangdut di D'Academy 2, Ika Jakarta Tersenggol". Diakses tanggal 27 Oktober 2016. 
  5. ^ Bintang.com. "Krisdayanti Ikut Ramaikan Grand Final D'Academy 3". Diakses tanggal 27 Oktober 2016. 
  6. ^ "Didaulat Jadi Host D'Academy, Andhika Pratama Kegirangan". Diakses tanggal 30 Mei 2016. 
  7. ^ "Indosiar Hadirkan Program D'Academy". Diakses tanggal 19 Mei 2016. 
  8. ^ "Zaskia "Gotik" Didepak dari Kursi Juri D'Academy Indosiar?". Diakses tanggal 19 Mei 2016. 
  9. ^ "Nassar Ingin Keluarga Gunarso D'Academy 3 Buat Sesuatu". Diakses tanggal 27 Mei 2016. 
  10. ^ "Sukses di Tahun Pertama, D'Academy 2 Siap Digelar". Diakses tanggal 19 Mei 2016. 
  11. ^ "Lesti Raih Juara 1 Dangdut Academy Indonesia". Liputan6.com. Diakses tanggal 27 Mei 2016. 
  12. ^ "Selamat, Evi Masamba Juara D'Academy 2". Liputan6.com. Diakses tanggal 27 Mei 2016. 
  13. ^ "Pemenang Hati, Iringi Euforia Ical Jadi Juara 1 D'Academy 3". Diakses tanggal 27 Mei 2016. 
  14. ^ "Berikut Cara Daftar Audisi Online D'Academy 5, Persiapkan Dirimu Jadi Bintang Dangdut Selanjutnya!". KapanLagi.com. Diakses tanggal 2022-02-03. 
  15. ^ Parceka, Yetto. "Cara Daftar dan Link Audisi Online Dangdut Academy 5". seputarcibubur.pikiran-rakyat.com. Diakses tanggal 2022-02-03. 
  16. ^ Vidio.com (2 Juli 2017). "Konser Dua Generasi Rhoma Irama dan D'Academy". Diakses tanggal 3 Juli 2017. 
  17. ^ ""Dangdut Academy" Tembus 5 Besar, Kembalikan Kejayaan Primetime Indosiar". Diakses tanggal 11 Oktober 2015. 
  18. ^ "Rating Konser Grand Final D'Academy". Rating Program Televisi Indonesia. Diakses tanggal 14 Januari 2017. 
  19. ^ "Rating Konser Kemenangan D'Academy". Rating Program Televisi Indonesia. Diakses tanggal 14 Januari 2017. 
  20. ^ "Rating 'D'Academy' Season 2 Akhirnya Kalahkan 'Jodha Akbar'". Wowkeren.com. Diakses tanggal 11 Oktober 2016. 
  21. ^ "Rating "D'Academy 2" Mulai Unjuk Gigi, Bagaimana Rerun "Para Pencari Tuhan"?". Bintang.com. Diakses tanggal 11 Oktober 2016. 
  22. ^ "Rating Konser Grand Final D'Academy 2". Diakses tanggal 14 Januari 2017. 
  23. ^ "Hadirkan Konser Grand Final, Rating 'D'Academy 3' Saingi 'Anak Jalanan'". Diakses tanggal 11 Oktober 2016. [pranala nonaktif permanen]
  24. ^ Puji Astuti. "Final Dangdut Academy 4 Berjaya di Papan Rating". Liputan6.com. Diakses tanggal 21 April 2021. 
  25. ^ "D'Academy 2014 - EP". iTunes. Diakses tanggal 17 Mei 2016. 
  26. ^ "D2 Academy". iTunes. Diakses tanggal 17 Mei 2016. 
  27. ^ "D'Academy Rilis Hits Collection D'Academy". Diakses tanggal 6 Oktober 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]