Acara bakat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Acara pencarian bakat sekolah diadakan di St Ninian's High School di Glasgow, Skotlandia.

Sebuah acara bakat atau acara pencarian bakat merupakan acara di mana peserta melakukan talenta bernyanyi, menari, akrobat, peran, drum, seni bela diri, memainkan alat musik, atau kegiatan lainnya untuk menunjukkan keterampilan yang dimiliknya. Banyak acara bakat merupakan suatu pertunjukan daripada kontes, tetapi beberapa diantaranya sesungguhnya merupakan kontes. Dalam contoh kontes, peserta dapat termotivasi menampilkan bakat mereka untuk meraih piala, atau hadiah dari beberapa jenis. Misalnya, sebuah sekolah tinggi mungkin tidak memiliki banyak siswa dengan minat dalam tampil di depan siswa lain atas dasar keinginannya sendiri dan mungkin pihak sekolah menawarkan hadiah sebagai insentif bagi para siswa untuk berpartisipasi dalam kontes tersebut. [1]

Media[sunting | sunting sumber]

Juri pada audisi pencarian bakat X Factor tahun 2012

Saat ini, pertunjukan bakat telah menjadi genre penting dari acara realitas maupun ragam acara dalam televisi,[2] Beberapa contoh ajang pencarian bakat televisi seperti Idol, Got Talent, The X Factor, dan The Voice, yang telah kritis dalam melambungkan beberapa seniman amatir menjadi bintang dan menyebabkan karier mereka sukses secara komersial.

Acara pencarian bakat di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Indonesian Idol, salah satu acara pencarian bakat tersukses di Indonesia.

Acara pencarian bakat di Indonesia seringkali diasosiasikan dengan acara musik, namun ada juga acara yang tidak berfokus hanya pada bakat musik. Akademi Fantasi Indosiar dan Indonesian Idol menjadi ajang pencarian bakat pertama yang sukses meraih banyak pemirsa televisi di era 2000-an. Sebelumnya, pada tahun 90-an, ajang pencarian bakat yang cukup banyak menarik perhatian adalah Asia Bagus yang disiarkan di TVRI dan RCTI yang berhasil mengorbitkan sejumlah penyanyi kenamaan Indonesia seperti Krisdayanti dan Dewi Gita.[3]

Beberapa acara pencarian bakat pada televisi Indonesia di antaranya adalah:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Parke, Beverly N. (2003). Discovering Programs for Talent Development. Thousand Oaks, Calif.: Corwin Press. pp. 131–132. ISBN 978-0-7619-4613-7. 
  2. ^ Redden, Guy (2008). "Making Over the Talent Show". Exposing Lifestyle Television: The Big Reveal. Ashgate Publishing. pp. 129–144. ISBN 978-1-4094-9286-3. 
  3. ^ Iwabuchi, Koichi (2002). Recentering Globalization: Popular Culture and Japanese Transnationalism. Duke University Press. pp. 100–100, 225. ISBN 0822384086.