Fristian Griec

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Fristian Griec
LahirFristian Shamsapeel Griec Humalanggi
12 Oktober 1988 (umur 35)
Jakarta, Indonesia
KebangsaanIndonesia
PekerjaanPembawa acara, Jurnalis televisi
Dikenal atasPresenter berita TV

Fristian Shamsapeel Griec Humalanggi atau yang dikenal dengan nama Fristian Griec (lahir 12 Oktober 1988), adalah jurnalis dan host Indonesia. Ia mempunyai program Talk Show Berita dengan namanya sendiri yaitu "Obrolan Malam Fristian" yang tayang di BTV. Selain memandu program talk show berita tersebut, Fristian juga menjadi Manajer News Gathering B Universe yang terdiri dari BTV, BeritaSatu.com, Koran Investor Daily, Majalah Investor, Investor.id, dan Jakarta Globe. Perjalanan karir Fristian sebagai jurnalis diwarnai berbagai liputan dan wawancara eksklusif.

Sebelumnya, Fristian menjadi host untuk Talk Show Berita Forum Fristian, yang mulai mengudara di TVRI Nasional sejak 14 April 2021. Ia sendiri sebenarnya bukan orang baru di TVRI. Fristian memulai karir di layar kaca sebagai host sejumlah program talk show berita di TVRI Jawa Barat pada 2011 silam.

Pada 2012, penyuka kopi hitam ini lantas melanjutkan karirnya di Indosiar. Di stasiun televisi ini, Ia tercatat memandu sejumlah program antara lain “Patroli”, “Fokus Kasus”, “Halo Polisi”, dan daily news bulletin “Fokus”. Selanjutnya pada 2014, Fristian pindah ke RTV.

Setelah menghilang beberapa waktu dari layar kaca, wajah dan kiprah Fristian kembali hadir di layar kaca yaitu di Kompas TV. Di stasiun televisi berita yang merupakah bagian dari Kompas Gramedia Group inilah, karir Fristian melejit. Berawal dari memandu program berita singkat “Kompas Update”, mengudara tengah malam jelang dini hari dalam program “Kilas Kompas”, kemudian mendapat kesempatan membawakan Kompas Malam dan Kompas Petang. Karirnya makin menanjak saat Ia dipercaya untuk membawakan program primetime news talk show Sapa Indonesia Malam. Kepiawaian Fristian dalam membawakan acara juga terlihat saat Ia membawakan program Breaking News sejumlah peristiwa penting yang terjadi di tanah air.

Di Kompas TV pula, Fristian tercatat meliput sejumlah momen penting antara lain kasus fenomenal “Kopi Bersianiada”, pembebasan sandera WNI oleh kelompok militan Abu Sayyaf di Filipina Selatan, serta berbagai liputan eksklusif lainnya.

Acara televisi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]