Sambas Mangundikarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sambas Mangundikarta (21 September 1926 – 30 Maret 1999) adalah seorang penyiar dan pencipta lagu asal Indonesia. Ia memulai kariernya sebagai penyiar di RRI Bandung pada bulan Agustus 1952. Bahkan jauh sebelum itu, pada tahun 1946 hingga 1949 sebagai anak buah Jenderal Dr. Mustopo ia sudah bertugas pada "Radio Perjuangan Jawa Barat" yang awalnya berkedudukan di Subang, Jawa Barat, kemudian pindah ke Madiun dan Blitar di Jawa Timur.

Pada tahun 1950 dan 1951, walau saat itu ia belum bekerja pada Jawatan Radio (istilah dulu demikian), ia sudah sering membantu RRI Studio Jakarta dalam bidang seni suara. Bersama Ping Astono dan Hamid Arif ia menyanyi dalam "Orkes Dupa Nirmala" pimpinan Ping Astono di RRI. Yang merupakan kebanggaan[butuh rujukan] baginya adalah, bahwa ketika RRl mengadakan pemilihan Bintang Radio yang pertama (1951) ia berhasil memasuki babak final. Setelah itu ia berulang kali mengikuti pemilihan Bintang Radio sebagai wakil dari RRI Bandung, Samarinda (dua tahun di RRI Samarinda), dan Cirebon (3 tahun), ia mulai tertarik pada penciptaan lagu, baik lagu Indonesia maupun Sunda. Tapi ternyata, lagu-lagu daerah ciptaannya lebih berhasil dan banyak dinyanyikan oleh penyanyi terkenal pada zamannya, seperti Upit Sarimanah, Fenty Effendy, Etty Kusumah, dll. Lagu-lagu tersebut adalah: "Manuk Dadali", "Sapunyere", "Pegat Simpay", "Ka Huma", "Pepeling", "Peuyeum Bandung", dll.

Pada tahun 1962, dalam pemilihan tangga lagu-lagu baru, lagu "Manuk Dadali" selama 6 bulan menempati urutan teratas pada RRI Bandung, bahkan kesebelasan Persib menjadikan lagu pengiring setiap memasuki lapangan sepak bola di Stadion Siliwangi Bandung.[butuh rujukan] Sebagai penyiar yang gemar olahraga, tahun 1953/1954 ia mulai menaruh minat pada bidang reportase olahraga yang saat itu masih terbatas pada cabang olahraga sepak bola dan bulu tangkis. Pada saat stadion Ikada masih ada, sering kali ia bertugas di sana sebagai reporter. Pengalaman yang paling berkesan baginya ia peroleh ketika meliput perebutan Piala Thomas yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di Indonesia tahun 1961, sebagai juara bertahan setelah merebut piala itu dari Malaya (sekarang Malaysia).

Setelah lulus dari Akademi Penerangan di Jakarta (1962) ia dipindahkan ke RRI ke TVRI, dan menjabat Kepala Seksi Hiburan dan Olahraga sejak 1963 s/d 1967. Kemudian dia diserahi tugas sebagai koordinator penyiar selama lebih kurang lima tahun. Selain sebagai reporter, ia juga pernah tampil sebagai pembaca Warta Berita. Beberapa peristiwa olahraga Internasional yang telah diliputnya selama ini, antara lain Thomas Cup di Kuala Lumpur (1970), All England (1976, 1977 dan 1981), Pre World Cup di Singapura (1977) dan Piala Uber di Tokyo (1981). Sejak penyiaran iklan di TVRI dihapuskan pada tahun 1981, ia bertugas sebagai koordinator acara Dari Desa ke Desa di samping reporter olahraga, dengan catatan tidak lagi membaca berita.

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Hasil
2022 Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia Pengabdian Seumur Hidup Penerima

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]