Hilman Hariwijaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hilman Hariwijaya
Lahir(1964-08-25)25 Agustus 1964
Bengkulu, Indonesia
Meninggal9 Maret 2022(2022-03-09) (umur 57)
Jakarta, Indonesia.
KebangsaanIndonesia
Nama lain
  • V Tatjana
  • Sabrina Firdaus
Pekerjaan
Tahun aktif1986—2022
Suami/istri
(m. 2022; wafat 2022)
Anak2

Hilman Hariwijaya (25 Agustus 1964 – 9 Maret 2022)[1] adalah penulis berkebangsaan Indonesia. Namanya dikenal sejak menulis cerita bersambung berjudul Lupus di majalah Hai pada bulan Desember 1986, yang kemudian dibukukan menjadi sebuah novel dan difilmkan.[2]

Buku[3]

Lupus

Lupus adalah karakter tokoh laki-laki yang diciptakan Hilman pada tahun 1986 melalui cerpen di majalah Hai. Dibukukan pada bulan November 1986. Diceritakan Lupus berprofesi sebagai pelajar dan wartawan muda di majalah Hai. Ia tinggal bersama Mami dan adiknya yang bernama Lulu. Hilman juga merilis buku Lupus Kecil dan Lupus ABG sebagai wujud Lupus pada masa SD dan SMP, yang ditulis bersama Boim LeBon. Seri ini telah menghasilkan 5 film layar lebar dan sinetron dari 52 buku yang ada, dengan Ryan Hidayat, Oka Sugawa, Rico Karindra, Irgy Ahmad Fahrezy dan Attar Syah yang berperan sebagai Lupus.

Olga

Olga adalah karakter tokoh wanita yang diciptakan Hilman pada tahun 1990 di majalah Mode. Pertama kali dibukukan pada Juli 1990. Diceritakan Olga sebagai pelajar yang bekerja sampingan sebagai penyiar radio di Radio Ga Ga. Ia tinggal bersama kedua orantuanya, dan memiliki sahabat, Wina. Seri ini telah dijadikan 1 judul film dan 3 musim sinetron dengan Desy Ratnasari, Sarah Sechan, Melly Manuhutu, dan Sissy Priscillia berperan sebagai Olga.

Lulu

Lulu adalah pemekaran dari cerita Lupus, tokoh sang adik. Buku ini ditulis Hilman bersama Boim LeBon dan Gusur Adhikarya.

Keluarga Hantu

Keluarga Hantu adalah seri keempat Hilman yang ditulis bersama Boim. Mengisahkan tentang Luyut, anak hantu yang ingin mencoba bergaul dengan manusia. Namun ditentang oleh Nates (ayah) dan Kanalitnuk (ibu).

Vanya

Vanya adalah seri kelima karya Hilman yang ditulis bersama A. Mahendra pada tahun 1994. Dikisahkan Vanya adalah wanita Jakarta yang kuliah di Bandung. Buku ini telah disinetronkan dan diperankan oleh Astrid Tiar.

Vladd

Vladd adalah seri keenam karya Hilman yang ditulis bersama A. Mahendra. Dikisahkan Vladd adalah pelajar SD yang genius.

Buku lain

Filmografi

Film

Sinetron

Sebagai Hilman Hariwijaya

Sebagai V Tatjana

Sebagai Sabrina Firdaus

Sebagai pemeran

Referensi

  1. ^ "Penulis Novel Lupus, Hilman Hariwijaya Meninggal Dunia". Detik.com. 
  2. ^ "Yang Melejit Bersama Majalah Hai: Lupus Hingga Kotak". Kumparan.com. 
  3. ^ "daftar buku di blog hilmanessa". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-06-25. Diakses tanggal 2011-07-09. 

Pranala luar