Melly Manuhutu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Melly Manuhutu
Melly Manuhutu
Latar belakang
Nama lahir Mellyana Manuhutu
Lahir 5 Juli 1975 (umur 42)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Jenis musik Pop, R&B
Pekerjaan penyanyi, model, aktris
Tahun aktif 1990-sekarang
Pasangan Prakaça Kasmir (2001 - sekarang)
Anak Kaçamelyv Prakaça (2005)
Qalyçea Prakaça (2007)
Agama Kristen
Situs resmi http://mellyanamanuhutu.com/

Mellyana Manuhutu (lahir di Jakarta, 5 Juli 1975; umur 42 tahun) mengawali karier di dunia hiburan sebagai penyanyi anak-anak di Ancol, bersama penyanyi-penyanyi cilik pada masa itu seperti Anggun C. Sasmi, Irma June, Novia Kolopaking, Murni Chania, dan Rika Callebout.

Karier menyanyi[sunting | sunting sumber]

Beranjak remaja Melly masuk menjadi penari di kelompok tari paling kondang masa itu GSP pimpinan Guruh Soekarnoputra. Ketika sedang mempersiapkan album pertama, Melly mengikuti pemilihan GADIS Sampul Majalah Gadis tahun 1990 dan berhasil menjadi juara III. Dari kontes GADIS Sampul inilah Melly mulai muncul di jajaran selebriti Indonesia. Apalagi setelah album pertamanya, "Mellyana", beredar dan sukses di Jepang. Album produksi Wave Records Jepang ini diproduseri oleh Makoto Kubota, dan musiknya ditangani oleh Guest Music. Album ini menelorkan hits "Yamko Rambe Yamko", "Cublak-Cublak Suweng", dan "Tokecang". Sukses album "Mellyana" dilanjutkan dengan album "Beatify" pada tahun 1992, masih diproduksi oleh Kubota dan Wave Records, dengan singel hits "Love at First Sight". Pada tahun 1999 Melly kembali meluncurkan album ketiga atau album pertama di Indonesia, dengan judul album Melly Manuhutu. Hits dari album produksi BMG Music Indonesia itu adalah "Ada Cinta" dan "Biarkan Bebas".

Saat ini, Melly sedang menggarap album keempatnya di bawah bendera Sony BMG Music Indonesia. Album ini melibatkan banyak nama seperti Tori Sudarsono (Guest Music), DJ Sumantri, Glenn Fredly, Aldi Wirya dll.

Melly yang dikenal sebagai Diva R&B Indonesia ini juga terkenal sebagai penyanyi yang idealis. Dia tidak mau terjebak dalam tren musik pop komersial yang menurutnya bukan 'jiwa'-nya. Dalam wawancara Melly bersama Antara, dia berkata "Saya bukan tidak suka dengan musik pop. Menurut saya pribadi, musik yang kental dengan nuansa pop bukan tidak bagus, bukannya tidak suka juga. Hanya saja tidak sesuai dengan jiwa saya. Saya kan penyanyi dan memiliki album. Tentunya album itu haruslah merepresentasikan siapa saya dan musik saya. Nah saya merasa R&B adalah jiwa saya. Saya tetap di jalur musik R&B karena saya ingin menampilkan, mengekspresikan sesuatu tidak dengan paksaan." [1] Inilah mengapa album terakhirnya belum juga dirilis. Seperti diketahui, perkembangan musik R&B masih sangat lambat di Indonesia. Melly melanjutkan, "Saya tetap di jalur R&B bukan karena sok-sokan. Sebagai seniman yang mengutamakan art, kita harus mengikuti jiwa kita. Saya tidak mengikuti siapa-siapa. Hati saya, jiwa saya, lebih enak ke situ." [2]

Karier lainnya[sunting | sunting sumber]

Selain menjadi penyanyi, Melly yang termasuk artis multitalenta juga menekuni bidang model, iklan dan sinetron. Dia pernah dikontrak eksklusif selama beberapa tahun menjadi brand image untuk produk deodoran terkenal di Indonesia, "Rexona". Selain itu Melly juga tercatat pernah menjadi model image untuk "Parco" Department Store, salah satu pusat perbelanjaan ternama di Jepang pada tahun 1991. Produk lain yang dia bintangi yaitu: Mitsubishi (sekaligus menjadi penyanyi soundtrack iklannya), "Matahari", "Diesel" dan pasta gigi "Smile Up." Kiprahnya di dunia model profesional, Melly pernah bergabung dengan agency Look Model Indonesia pada tahun 1998-1999 dan termasuk sering tampil di pagelaran eksklusif. Melly juga sempat menjadi pemain sinetron, dengan membintangi "Kucing-Kucing Hitam", serial "Olga", dan "Aladin". Sebagai presenter, Melly sempat sukses dalam acara "Pandu Prestasi Putra Pertiwi" di TVRI tahun 1994, "Tips and Trip" di ANtv tahun 1997-1998, juga sempat menjadi penyiar radio di Ria FM (sekarang menjadi Pop FM) selama kurun 1998 sampai dengan 2003. Sekarang ini (sejak tahun 2011) Melly rutin siaran di program D'LIFESTYLO setiap Jumat Malam di radio D FM 103.4 Jakarta.

Selain kesibukan di dunia entertainment, Melly juga menekuni bisnis sayuran organik, dan bahkan sempat meluncurkan buku berjudul "Bertanam Sayuran Organik bersama Melly Manuhutu". Atas kontribusinya terhadap bisnis sayuran organik inilah, Melly dianugerahi penghargaan Entrepreneur Agribusiness Award pada tahun 2004.[3] Penghargaan ini diberikan oleh Ditjen BP2HP Departemen Pertanian RI bekerja sama dengan majalah Pengusaha.

Melly juga mempunyai penggemar fanatik yang tergabung dalam fans club Mellyana's Guardians. Fans club ini berdiri pada tanggal 19 Januari 2005. Kegiatan fans club ini, selain sebagai forum interaksi antara Melly dengan fansnya juga sebagai media apresiasi film dan musik. [4] Mellyana's Guardians atau biasa disingkat MG secara rutin mengadakan Guardians e-Awards yang memberikan penghargaan bagi musik dan film Indonesia dan internasional berbasis public voting. Ajang ini digelar pertama kali tahun 2007. [5] Bukan hanya dalam dunia seni, Melly kini juga tengah merintis kiprahnya di dunia politik. Pada Pemilu 2014 ini, ia maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) dari Partai Nasdem untuk daerah pemilihan Jabar 3 dengan nomor urut 1.[1]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Penyanyi berdarah Ambon ini menikah dengan Prakaça Kasmir / Prakaca Kasmir pada tanggal 15 September 2001. Pernikahan beda agama ini dilangsungkan di dua tempat, Gereja Tongkonan Toraya, Kelapa Gading, Jakarta Utara dan Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan[2]. Pernikahan mereka telah dikaruniai 2 orang anak, Kaçamelyv Prakaça / Kacamelyv Prakaca(lahir 25 Oktober 2005) [3] dan Qalyçea Prakaça / Qalycea Prakaca(lahir 25 Agustus 2007) [4].

Diskografi[sunting | sunting sumber]

  • Mellyana (1990) - hits: Yamko Rambe Yamko & Tokecang
  • Beatify (1991) - hits: Love at First Sight & Apuse
  • Melly Manuhutu (1999) - hits: Ada Cinta & Biarkan Bebas
  • Pergi!!! (2012) - Single

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]