Nusantara TV

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nusantara TV
JenisJaringan televisi
SloganSahabat Kita
NegaraIndonesia
BahasaBahasa Indonesia
PendiriNurdin Tampubolon
Tanggal siaran perdana10 November 2015
Kantor pusatJl. Cempaka Putih Timur Raya No. 7, Jakarta Pusat, Indonesia
Wilayah siaranNasional
PemilikNT Corp
Anggota jaringanlihat #Jaringan siaran
Tokoh kunciRandy Monthonaro Tampubolon (Direktur Utama)
Format gambar1080i HDTV 16:9
Satelit
  • Telkom-4 (gratis): 3720/H/32727 (MPEG-4/HD)
IPTV
Internet
Situs webwww.nusantaratv.com
Nusantara TV
PT Nusantara Media Mandiri
Jakarta Pusat, DKI Jakarta
Indonesia
SaluranDigital: 43 UHF
Virtual: 8
BrandingNTV
SloganSahabat Kita
Pemrograman
AfiliasiNusantara TV (stasiun induk)
Kepemilikan
PemilikNT Corp
Harum TV (2021–sekarang)
Gold TV (2021–sekarang)
Bhineka TV (2021–sekarang)
Riwayat
Siaran perdana
10 November 2015
Bekas nomor kanal
42 UHF (digital)
Informasi teknis
Otoritas perizinan
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

Nusantara TV (digayakan dengan huruf kecil semua, disingkat NTV) adalah sebuah jaringan televisi digital swasta semi-nasional[nb 1] di Indonesia yang dimiliki oleh NT Corp. Jaringan ini telah mendapatkan Izin Penyelenggaraan Penyiaran Tetap (IPP Tetap) dari Pemerintah Indonesia pada tahun 2019. Nusantara TV mulai resmi disiarkan sejak tanggal 10 November 2015,[1] dengan moto "Sahabat Kita".

NTV menghadirkan beragam tayangan hiburan dan berita terkait politik, ekonomi, hukum dan hal lainnya. NTV dapat diakses secara gratis melalui terestrial, satelit gratis (dengan frekuensi 3720 Mhz), dan di situs resmi Nusantara TV.[2]

Sejarah

PT Nusantara Media Mandiri adalah salah satu unit usaha dari NT Corp, kelompok usaha dipimpin oleh Nurdin Tampubolon, yang bergerak di bidang media penyiaran televisi digital dengan jangkauan nasional dan berstatus Lembaga Penyiaran Swasta (LPS). PT Nusantara Media Mandiri dan logo Nusantara TV sudah mendapatkan sertifikat merek dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek sejak tanggal 14 Oktober 2019 dengan nomor pendaftaran IDM000806608.

NTV memperoleh Izin Siaran (Izin Penyelenggaraan Penyiaran) pada tahun 2014 dan mulai disiarkan secara resmi sejak tanggal 10 November 2015. Pada tanggal 28 Juni 2016 (2016-06-28), NTV melakukan siaran digital terestrial ke seluruh Indonesia.[3] Kini NTV sudah memiliki Izin Penyelenggaraan Penyiaran Tetap (IPP Tetap) sejak 2016 sesuai Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 463/T.02.02/2019 tanggal 16 Oktober 2016.

Pada 26 April 2021, NTV resmi memenangkan seleksi multipleksing (mux) digital untuk wilayah layanan Bandar Lampung dan Bali.[4]

Logo pertama Nusantara TV (10 November 2015-14 Oktober 2019)
Logo kedua Nusantara TV (14 Oktober 2019-1 Desember 2020), digunakan saat acara (1 Desember 2020-sekarang). Versi transparan dari logo ini digunakan saat jeda iklan

Pada tanggal 14 Oktober 2019, NTV meluncurkan logo barunya berupa gambar segitiga dengan dasar warna biru dan tulisan NTV berwarna putih yang menggambarkan semangat baru dalam memberikan informasi dan edukasi. Logo ini telah mendapatkan sertifikat Perlindungan Hak Atas Merek dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Dirjen Kekayaan Intelektual dengan Nomor IDM000806608.

Daftar acara

  • NTV News – Program NTV yang menayangkan berita terkini tentang berbagai peristiwa Politik, Hukum, Perubahan Kebijakan, Ekonomi, Sosial Budaya baik yang terjadi di dalam negeri atau luar negeri. Buletin berita terdiri dari program-program:
    • NTV Morning (sebelumnya Nusantara Pagi)
    • NTV Midday (sebelumnya Nusantara Siang)
    • NTV Today (sebelumnya Nusantara Petang)
    • NTV Prime
    • NTV Election (ditayangkan selama Pemilu 2024)
    • NTV Sport (sebelumnya Arena Olahraga)
    • NTV Tonight (sebelumnya Nusantara Malam)
    • Sekilas Nusantara
  • Apa Kata Dunia – Program yang menayangkan berita mancanegara.
  • Perempuan Kita – Program gelar wicara yang menghadirkan perempuan inspiratif. Memberikan informasi, edukasi, dan kisah sukses untuk menjadi perempuan hebat.
  • Update-in – Program gelar wicara yang menghibur dan edukatif untuk anak muda, dengan format bincang serius tapi santai. Membahas tren terkini di media sosial dalam dunia hiburan tanah air.
  • Local's Talk – Program gelar wicara dengan pengusaha muda (enterpreneur) yang sukses membangun usahanya.
  • Telisik Hukum – Program gelar wicara yang informatif, edukatif, dan faktual bersama narasumber pakar hukum terkemuka di Indonesia.
  • Bincang Virtual – Program gelar wicara yang dikemas secara virtual dengan menggunakan teknologi terkini, membahas tentang produk perundangan yang berlaku bersama para tokoh dan ahli di bidangnya.
  • Cinepedia – Program yang menayangkan acara serial drama, film-film keluaran luar negeri, Box Office, dan Blockbuster.
  • Cinekids – Program yang menayangkan siaran khusus untuk anak-anak dari seri kartun animasi dua dimensi dan tiga dimensi.

Penyiar

Jaringan siaran

Nama Perusahaan Nama Stasiun Daerah Frekuensi (DVB-T2) Kualitas Gambar Nama Mux Digital[5]
PT Nusantara Media Mandiri Nusantara TV DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi 43 UHF HD TVRI Jakarta
PT Nusantara Media Mandiri Bali Nusantara TV Bali Kota Denpasar, Singaraja 39 UHF NTV Bali (Badung) & NTV Singaraja (Buleleng)
PT Nusantara Media Mandiri Lampung Nusantara TV Lampung Bandar Lampung, Kota Metro 42 UHF NTV Bandar Lampung
PT Nusantara Media Mandiri Tapanuli Nusantara TV Medan Medan 28 UHF TVRI Sumatera Utara
PT Nusantara Media Mandiri Yogyakarta Nusantara TV Yogyakarta Yogyakarta, Surakarta 29 UHF SD TVRI Yogyakarta
PT Nusantara Media Mandiri Parahyangan Nusantara TV Bandung Bandung, Cimahi 35 UHF TVRI Jawa Barat
PT Nusantara Media Mandiri Batam Nusantara TV Batam Batam, Bintan, Tanjung Pinang, Karimun 48 UHF HD TVRI Kepulauan Riau
PT Mitra Media Digital Lima Magna Channel Kalimantan Selatan[a] Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura, Marabahan, Pelaihari 45 UHF MetroTV Banjarmasin
PT Mitra Media Digital Satu Magna Channel Jawa Tengah[a] Semarang, Ungaran, Demak, Kudus 36 UHF SD MetroTV Semarang
PT Mitra Media Digital Magna Channel Jawa Timur[a] Surabaya, Lamongan, Mojokerto, Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, Bangkalan 38 UHF MetroTV Surabaya
PT Mitra Siaran Digital Enam BN Channel Sulawesi Selatan[b] Makassar, Sungguminasa, Maros, Takalar 34 UHF MetroTV Makassar

Catatan

  1. ^ a b c Untuk sementara, siaran Nusantara TV mulai bersiaran melalui Magna Channel di Banjarmasin (mulai 21 Desember 2023), Semarang dan Surabaya (mulai 22 Desember 2023)
  2. ^ Untuk sementara, siaran Nusantara TV mulai bersiaran melalui BN Channel di Makassar (mulai 22 Desember 2023)

Lihat pula

Catatan kaki

  1. ^ Hingga 2023, Nusantara TV hanya bersiaran di zona waktu WIB dan WITA.

Referensi

  1. ^ "Nusantara TV Siap Berkompetisi di TV Digital". indotelko. 11 November 2015. Diakses tanggal 15 November 2020. 
  2. ^ Harry, ed. (10 November 2015). "TV Digital Nusantara TV Hadir Perdana Lewat Tayangan Live Streaming". jakartakita.com. Diakses tanggal 15 November 2020. 
  3. ^ II, Achmad Rouzni Noor (30 Juni 2016). "Setelah 9 Tahun, Indonesia Akhirnya Jajal Siaran Digital". detikcom. Detik.com. Diakses tanggal 15 November 2020. 
  4. ^ Pemenang Seleksi Multipleksing TV Digital di 22 Wilayah
  5. ^ "Dashboard TV Digital". Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Diakses tanggal 23 Januari 2022. 

Pranala luar