Lompat ke isi

Luna Maya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Luna Maya
Luna pada tahun 2009
LahirLuna Maya Sugeng
26 Agustus 1983 (umur 40)
Denpasar, Bali, Indonesia
Pekerjaan
Tahun aktif1999—sekarang
Karier musik
GenrePop
InstrumenVokal
LabelBillboard Indonesia
Situs webwww.itslunamaya.com
IMDB: nm2532164 Facebook: officiallunamaya Twitter: LunaMaya26 Instagram: lunamaya Musicbrainz: e9d63c6a-586e-4b48-8343-1305dcafa2a1 Edit nilai pada Wikidata

Luna Maya Sugeng (lahir 26 Agustus 1983) adalah seorang pemeran, presenter, penyanyi, produser, model, sutradara, dan pengusaha Indonesia.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Luna Maya Sugeng atau yang lebih dikenal sebagai Luna Maya lahir di Bali pada 26 Agustus 1983. Ia terlahir dari pasangan Uut Bambang Sugeng yang berdarah suku Jawa asal Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur dan Desa Maya Waltraud Maiyer yang berdarah Austria. Luna Maya diketahui memiliki dua orang kakak laki-laki yang bernama Ismael Dully dan Tipi Jabrik.

Karier[sunting | sunting sumber]

Karier akting/model[sunting | sunting sumber]

Luna mengawali kariernya sebagai model cover girl pemilihan majalah Aneka Yess! 1999, dan mendapat juara Favorit yaitu juara #3 bersama dengan satu angkatan yang bersama dengan Luna pada saat itu yaitu Fanny Fabriana, dan Fera Feriska yang sampai sekarang masih aktif di dunia entertainment.[1] Setelah dari situ Luna mendapat kesempatan menjadi model iklan, majalah sampai salah satunya yaitu mulai muncul di video klip Cool Colors dengan judul "Satu Yang Pasti" pada tahun yang sama. Lalu berlanjut mengisi menjadi bintang video klip grup musik Naff di lagu "Yang Tak Pernah Bisa Mencintaimu" pada tahun 2000, dan Sheila on 7 di lagu "Sahabat Sejati". Lalu setelah itu Luna juga bergabung menjajal dunia model di "Look Model Indonesia" dan menjadikan nya salah satu model paling sukses di era-nya. Setelah sukses menjadi model, Pada 2004, Luna pun mencoba menjajal dunia akting lewat film pertamanya sebagai peran pendukung bernama Barbara lewat film 30 Hari Mencari Cinta yang disutradarai oleh Upi Avianto dan masuk ke dalam film keduanya sekaligus horror pertamanya dalam perannya sebagai Mina lewat film Bangsal 13 bersama Endhita yang disutradarai oleh Ody C. Harahap. Lalu tidak lama dari 2 film tersebut datang lagi tawaran main film, ia muncul dalam film Brownies pada tahun yang sama yang berperan sebagai Astrid dan juga disutradarai oleh Hanung Bramantyo walau tidak muncul terlalu banyak di film tersebut. Tidak lama dari ke 3 film itu, di tahun yang sama, Luna juga langsung menjajal dunia sinetron dengan main di judul Kau dan Aku bersama Indra Bruggman, dan Ferry Irawan dan cukup sukses di rating pada saat penayangannya.

Berperan sebagai Cecilia Arriany di film Cinta Silver bersama Restu Sinaga, Catherine Wilson, Christian Sugiono, ia juga muncul di video klip lagu yang menjadi Soundtrack asli dari film tersebut yang dibawakan mendiang almarhum Glenn Fredly dengan judul lagu Kisah Romantis. Setelah itu Luna muncul dalam film Ruang, Pesan dari Surga, Jakarta Undercover, dan masih banyak lagi. Perannya sebagai Kinasih (dalam film Ruang yang disutradarai oleh Teddy Soeriaatmadja), dan Vikitra (dalam film Jakarta Undercover yang disutradarai oleh Lance), meraih sejumlah nominasi di ajang penghargaan film nasional bergengsi, seperti MTV Indonesia Movie Awards, untuk nominasi kategori Most Favourite Actress dalam film Ruang pada 2006, dan 2007 dalam film Pesan Dari Surga, lalu Indonesian Movie Awards 2007 untuk nominasi kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik dan Terfavorit dalam film Ruang, Festival Film Bandung 2007 untuk nominasi kategori "Pemeran Utama Wanita Terpuji" dalam film Jakarta Undercover serta Luna juga mendapatkan nominasi di ajang pamuncak tertinggi perfilman Indonesia Piala Citra Festival Film Indonesia 2006 (dalam film Ruang) dan Festival Film Indonesia 2007 (dalam film Jakarta Undercover) untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik. Sederet prestasi yang diraih oleh Luna membuat ia dipilih sebagai salah satu pembawa obor di ajang Olimpiade 2008.

Karier bernyanyi[sunting | sunting sumber]

Tak hanya dunia peran dan model yang digeluti oleh Luna, karena Luna turut menyumbangkan suaranya dalam lagu tema Euro 2008 berjudul Play, bersama Dewi Sandra dan Sandra Dewi.

Setelah kolaborasinya itu, Luna kembali melakukan kolaborasi, yakni dengan Dide, yang merupakan vokalis band Hijau Daun. Mereka menyanyikan lagu berjudul Suara (Ku Berharap) yang diaransemen ulang dalam versi dangdut. Lagu ini menjadi album lagu tema untuk filmnya yang berjudul Janda Kembang. Selain itu, Luna juga melebarkan sayap di bidang penyutradaraan dengan menyutradarai sebuah film pendek berjudul Suci and The City , singel video klip yang dinyanyikan oleh Dhea Ananda dengan judul Kau Tak Setia — di mana ia juga bertindak selaku produser untuk album terbarunya, serta video klip dari sebuah grup musik bernama Malka.

Pada bulan April 2010, Luna yang ditetapkan oleh Indonesia's Showbiz Insiders sebagai #1 Highest Paid TV Star 2009 dan #3 Highest Paid Actress 2009, untuk pertama kalinya bekerja sama dengan sang mantan kekasih, Ariel dalam iklan Lux versi couple.

Pada bulan November di tahun yang sama, Luna tampil sebagai bintang tamu di mini konser Cinta Silver yang dinyanyikan oleh Glenn Fredly, yang memang khusus mendedikasikan konser tersebut untuk Luna dan sutradara Erwin Arnada. Pada konser tersebut, Luna membacakan sebuah puisi cinta.

Karir hosting dan juri[sunting | sunting sumber]

Karir hosting Luna di mulai dari mengisi acara di RCTI pada 2005 yaitu Cinema-Cinema, setelah itu Luna pun dipercaya untuk mengisi acara variety show sitkom komedi di Trans TV yaitu Extravaganza pada tahun 2006 bersama Tora Sudiro, Aming, dan masih banyak lagi. Setelah itu Luna juga mendapatkan kesempatan untuk membawakan acara live pertamanya bersama Nirina Zubir, Aming, dan Ringgo Agus Rahman dalam acara malam penganugerahan pertama Indonesian Movie Awards pada tahun 2007. Setelah itu pada tahun 2008 Luna membawakan acara musik pagi "Dahsyat" bersama dengan Raffi Ahmad dan almarhum Olga Syahputra. Dahsyat sendiri cukup sukses secara rating televisi yang selalu mendapatkan rating 1 saat penayangannya sebagai program acara pagi dan pernah mendapatkan share rating yang pernah menyentuh angka 85%, yang menjadikan Dahsyat sebagai perolehan dengan rating tertinggi sepanjang sejarah program pagi di RCTI. Dan juga di ajang prestisius pertelevisian Indonesia yaitu Panasonic Gobel Awards, Dahsyat sendiri cukup berjaya dan selalu diunggulkan dengan membawa pulang piala tersebut dalam kategori Program Musik & Variety Show Terfavorit selama 8 tahun berturut-turut dari tahun 2010-2017.

Pada November 2020, Luna ditunjuk menjadi host dan juri utama dari acara realitas dan kompetisi modelling Indonesia's Next Top Model yang ditayangkan oleh NET.[2] Hingga saat ini, acara ini telah mencapai tiga musim.[3]

Karier produser/ penyutradaraan[sunting | sunting sumber]

Selain menjadi aktris, model, hosting, Luna juga pernah mencoba menjajal dunia produser/penyutradaraan seperti menjadi associate producer di film yang dia juga perankan sendiri di Jakarta Undercover, Luna juga melebarkan sayap di bidang penyutradaraan dengan diawali menyutradarai sebuah film pendek berjudul Suci and The City , yang diperankan oleh Jian Batari dan aktris senior Nani Widjaja yang film pendek ini di ikut sertakan dalam ajang LA Indie Movie 2009 yang juga diketuai oleh maestro perfilman Indonesia Garin Nugroho bersama para rekan aktor yang ikut serta menjadi sutradara film pendek juga seperti Luna di ajang tersebut yaitu Lukman Sardi, Wulan Guritno, Desta, Indra Birowo, Sigi Wimala, Olga Lydia, dan Ringgo Agus Rahman. Selain di medium film pendek, Luna juga berkesempatan menyutradarai beberapa singel video klip penyanyi ternama seperti Andien lalu ada juga yang dinyanyikan oleh Dhea Ananda dengan judul Kau Tak Setia — di mana ia juga bertindak selaku produser untuk album terbarunya, serta video klip dari sebuah grup musik bernama Malka.

Tidak sampai situ, pada tahun 2013 Luna kembali menyutradarai, memproduseri, sebuah film omnibus bersama Sigi Wimala dengan segmen Piano, dan Ilya Sigma dengan segmen Otot (yang ikut membantu Luna memproduserinya) yang berjudul Pintu Harmonika. Luna menyutradarai segmen yang diberi judul Skors yang diperankan oleh Barry Prima, Nasya Abigail, dan masih banyak lagi.

Pada tahun 2021 kemarin ini, Luna kembali lagi menyutradarai, tetapi sebagai sutadara tamu di 1-2 episode, dan juga Luna menjabat menjadi produser kreatif bersama Hestu Saputra di WeTV Original Series Ustad Milenial yang diperankan oleh Prilly Latuconsina, Arbani Yasiz, Umay Shahab, dan masih banyak lagi.

Karir Bisnis[sunting | sunting sumber]

Luna mempunyai sebuah brand baju bernama Luna Habbit yang berdiri sejak tahun (2015) dibawah PT Ritel Luna Makmur.

Tidak sampai situ. Luna juga beberapa kali membuka bisnis makanan salah satunya yaitu Macama seperti rice bowl dan cukup berkembang sampai sekarang ini.

Setelah makanan dan fashion, pada (2019) Luna juga menjajal untuk berkerja sama dengan Marcel Lukman merilis sebuah brand kecantikan bernama Nama Beauty. Nama ini dipilih untuk menghargai kecantikan setiap perempuan dan mengajak untuk tampil percaya diri. Lip cream menjadi produk pertama yang dirilisnya dan kini sudah menjual berbagai kosmetik lain dan juga skin care. Dan bisnis nya itu juga sama seperti bisnis makanan dan fashion nya juga berkembang sampai saat ini.

Pada tahun (2023) Nama Beauty membuka gerai pertamanya di Pondok Indah Mall.

Luna Maya juga melebarkan sayapnya terjun ke bisnis produksi media dan hiburan dengan mendirikan TS (Travel Secret) Media. Tak sendiri dia menggandeng teman sekaligus rekannya Marianne Rumantir, ada beberapa rekan yang lain, dan juga mereka berdua membawakan acara yang hadir di TS Media yaitu TS Talks.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Kasus[sunting | sunting sumber]

Pada pertengahan bulan Juni 2010, publik dihebohkan dengan beredarnya video pornografi berdurasi beberapa menit yang menampilkan adegan syur Luna, disusul video kedua yang diperankan Cut Tari sedang melakukan hubungan seks dengan vokalis Peterpan (sekarang Noah), Ariel.[4] Pakar telematika Roy Suryo mengatakan, dua video seks berasal dari kamera yang sama dari perangkat telepon genggam jenis komunikator dengan dual kamera, yang dibuat antara tahun 2006 hingga 2007.[5]

Kepolisian menetapkan Ariel sebagai tersangka. Setelah Ariel, polisi lalu menetapkan Luna dan Cut sebagai tersangka,[6] meski pada akhirnya hanya Ariel yang dipenjara sebagai buntut dari peredaran video porno saat ia memamerkannya kepada teman, hingga disalin oleh temannya dan tersebar luas.[7]

Status tersangka Luna dan Cut terus bergulir hingga tahun 2018.[8] Hakim menolak permohonan keduanya saat mengajukan praperadilan, sehingga status tersangka ini berlaku hingga kedaluwarsa.[9][10]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

  • Universitas Langlang Buana, S-1 Ilmu Hukum (lulus)[11]
  • STIE Mahardhika, S-1 Kewirausahaan (sejak 2022)[12]

Peran akting[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan Ref.
2004 30 Hari Mencari Cinta Barbara
Bangsal 13 Mina
Brownies Astrid
2005 Cinta Silver Cecilia Ariany
2006 Ekspedisi Madewa Mahasiswi
Ruang Kinasih
Pesan dari Surga Canting
2007 Jakarta Undercover Vikitra
Coklat Stroberi Artis pemilihan peran
2008 Love Tere Wijaya
In the Name of Love Rianti Negara Putri Prasetyo
Cinlok Nayla
2009 Asmara Dua Diana Diana Wulandari
Janda Kembang Selasih
2010 Ratu Kostmopolitan Gina
2011 My Blackberry Girlfriend Angel
2012 Hi5teria Farah Segmen "Kotak Musik"
Cinta di Saku Celana Artis film
2014 Princess, Bajak Laut & Alien Mpok Leha Segmen "Babeh Oh Babeh"
Killers Dina Aditya
Tembus Marylia Film Malaysia
Tak Kemal Maka Tak Sayang Dirinya sendiri
2017 Mantan Tara
Filosofi Kopi 2: Ben & Jody Tarra
The Doll 2 Maira
Devil's Whisper dr. Dian Film kerja sama Amerika Serikat dan Indonesia
2018 Partikelir Humas LLN
Insya Allah Sah 2 Mutia
Sabrina Maira
Suzzanna: Bernapas dalam Kubur Suzzanna
2019 Rumah Kentang: The Beginning Sofie
Eggnoid: Cinta & Portal Waktu Tante Diany
2020 Sabar Ini Ujian Tiffany
Mulan Xianniang Pengisi suara Bahasa Indonesia
2022 Ben & Jody Tarra
Mendarat Darurat Kania
2023 Suzzanna: Malam Jumat Kliwon Suzzanna
Panggonan Wingit Raina
2024 Heartbreak Motel
Seribu Payung Hitam dan Sisanya Rindu Sawitri
Sumala Sulastri
TBA Midnight in Bali
Keterangan
  Belum dirilis
  • TBA : To be announced

Film pendek[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan Ref.
2006 Maya, Raya dan Daya Maya
Raya
Daya
2010 Nathalie's Instinct Nathalie

Serial televisi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan Ref.
2004—2005 Kau dan Aku Mila
Dan Dewi Tirta Episode 1-8; pemeran pertama
2005 Rahasiaku Sherly
2006 Dunia Tanpa Koma Marita
Cahaya Surga Salma Episode 4
2007 Anggun Anggun
Putri Gita Episode 41
Sujudku Annisa
Akhir Cinta Dinna Serial televisi Malaysia
2008 Yasmin Windy
2009 Dewi Lila
OB Shift 2 Sukma Lusi Rukmini
Nikita Frizka
2009—2010 Cinta dan Anugerah Luna
2011 Nada Cinta Susan Anastasia
2012 Dewi Bintari Dewi Bintari
2013 Tendangan Si Madun Season 3 Maryam
2013—2014 Putri Duyung Maya
2014 Cakep Cakep Sakti Peri Venus
2019 Montir-Montir Syantik Diri sendiri Bintang tamu [13]

Serial web[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan Ref.
2019 The Rebels Valerie
2021 Sahabat Cuan Dirinya sendiri
2022 Suka Duka Berduka Ella Tanubraja
2023 Hubungi Agen Gue! Dirinya sendiri Episode 1
2024 Main Api Nadine
Keterangan
  Belum dirilis

Film televisi[sunting | sunting sumber]

  • Kepala Tiga (2006)
  • Pacarku Bidadari Jutek (2010) sebagai Regi
  • From Medan with Love (2011)
  • Demi Silvy, Ku Rela Jadi Baby Sitter (2011) sebagai Silvy
  • Sekali Jatuh, 2x Cinta (2012) sebagai Jessica

Video musik[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Penyanyi Catatan Ref.
1999 "Satu yang Pasti" Cool Colors
2000 "Sahabat Sejati" Sheila on 7
"Yang tak Pernah Bisa Mencintaimu" Naff
2004 "Aku Harus Pergi" Ari Lasso
"Arti Cinta"
"Cinta Suci" Ressa Herlambang
2005 "Kisah Kita T’lah Usai" Ello
"Kisah Romantis" Glenn Fredly
"You Are My Everything"
2006 "Cantik" Gunkz
"Ketika Semua Harus Berakhir" Naff
2007 "Gantung" Melly Goeslaw
"EGP (Emang Gue Pikirin)" Duo Maia
2008 "P.U.S.P.A" ST12
2009 "Hancur Hatiku" Olga Syahputra
"Sobat" Shinobi
"Kau" Pilar
"Aku Masih Mencintaimu" Matera
2011 "Angel" F.O.S
2012 "Jangan Ngarep" Setia Band
2013 "Hidup tapi Mati" D'Bagindas

Peran non-akting[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2007 Jakarta Undercover Produser pendamping
2009 Suci and the City Sutradara Film pendek
2013 Pintu Harmonika Produser Segmen "Skors"
Produser eksekutif
Sutradara
2017 Mata Batin Perancang busana
2018 Sabrina

Serial web[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2021 Ustad Milenial Produser kreatif
2024 CKCKCK (First Series) Sutradara Episode 6

Acara televisi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan Ref.
2005 Cinema-Cinema
2006 Festival Film Indonesia
2006—2008 Extravaganza
2007 Indonesian Movie Awards
2008 A Mild Live Rising Star
AMI Awards
RCTI 19th Anniversary
L-Men of The Year
Global TV 6th Anniversary
2008—2010 Dahsyat
2012—2014
2009 Panasonic Awards
Konser Musik Takbir Cinta
Republik Cinta Midnite
Indonesian Movie Awards
Dahsyatnya Sahur
RCTI 20th Anniversary
2010 TRANS All Star Tahun Baru
Idola Cilik Presenter tamu Musim 3
Mega Konser Januari Terbaik 2010
Konser Piala Dunia Your Idol
Mega Konser Februari Tercinta
10.000 New Generation Family Appreciation Night
Indonesian Movie Awards
Indonesia Kids Choice Awards
Obama, Kami Datang!
Kilau Emas 18 ANTV 18th Anniversary
2011 Inbox Presenter tamu
Coffee Break
Konser Cinta Anggun
HUT Global TV 90NG 100% INDONESIA
Barclays Premier League
2011—2012 Hitzteria
2012 Hip Hip Hura
Infotainment Awards
The Master Juri tamu Musim 5
2013—2015 Pesbukers Pengisi acara tamu
2014 Super Deal
2014—2015 Maharaja Lawak Mega Juri tamu
2016 Everybody Superstar
Stand Up Comedy Academy Juri tamu Musim 2
2018 Match Game Indonesia
2019 Suka-Suka Sore-Sore
Shadow Singer Indonesia
It's Showtime Indonesia
Dahsyatnya Awards
Makan Bareng Luna
2020—sekarang Indonesia's Next Top Model
2021 The Next Influencer
Rumah Teka-Teki
eSports Star Indonesia
2021—2022 Take It or Leave It
2022 Luna Main Mata
Lunite
2024 Fun Volleyball Celebrity Match

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Catatan Ref.
2011 "Perjalanan"

Singel[sunting | sunting sumber]

Singel utama
Tahun Judul Album Catatan Ref.
2008 "Play" Singel non-album Bersama Dewi Sandra dan Sandra Dewi
2009 "Suara (Ku Berharap)" Bersama Dide Irawan
"Menuju SurgaMu"
"Hancur Hatiku" Bersama Olga Syahputra dan Raffi Ahmad
2010 "Tak Bisa Bersamamu"
2011 "Biarlah" Bersama Killing Me Inside
2012 "Sudah Biasa"
2014 "Paranoid" Bersama AC Mizal
2021 "Cinta Terakhir"

Prestasi dan pengakuan[sunting | sunting sumber]

  • Juara #3 (Favorit) Cover Girl Aneka Yess! 1999.
  • Best Newcomer on Film 30 Hari Mencari Cinta in MTV Indonesia Movie Awards 2004.
  • EO Avante dan E-motion Entertainment Inspiring Women Awards bidang modeling kategori Best Face 2005.
  • Duta PBB untuk WFP (Program Pangan Dunia) Indonesia 2005.
  • Bintang Potensial 2006 versi tabloid Bintang Indonesia.
  • Ikon Sekaligus Duta dan Bintang Iklan Eksklusif LUX 2006 bersama Dian Sastrowardoyo, Tamara Bleszynski, Mariana Renata.
  • Duta Astro untuk saluran Astro Aruna 2007.
  • Duta Asma Indonesia 2007.
  • The Most Sexiest Female In Indonesia 2007 (#3 di dunia) versi majalah FHM.
  • Bintang Iklan Wanita Terfavorit 2007 versi responden Deteksi Jawa Pos.
  • Nominator - Aktris Terfavorit - Sinetron Sujudku - Nickelodeon Indonesia Kids' Choice Awards 2008.
  • Pembawa Obor Olimpiade Beijing 2008.
  • Duta Besar Produk Toshiba Indonesia 2008.
  • #5 Artis Terkaya Indonesia 2008 versi majalah Globe Asia.
  • Duta WWF Indonesia 2008.
  • !nsert Anniversary Awards 2008 kategori Most Sexiest Female Celebrity.
  • Aktris Layar Lebar Terfavorit 2008 versi responden DetEksi Jawa Pos.
  • Bintang Iklan Wanita Terfavorit 2008 versi responden DetEksi Jawa Pos.
  • The Most Beautiful Woman In Indonesia 2008 versi Stop Magazine.
  • !nsert Anniversary Award 2009 kategori We Love to Hate Artist.
  • Rolling Stone Editors’ Choice Awards 2009 kategori The Sensational Artist of the Year.
  • Artis Tersilet 2009 versi Silet RCTI.
  • Nominator - Aktris Terfavorit - Sinetron Sujudku - Panasonic Awards 2009.
  • Nominator - Presenter Musik & Reality Show Terfavorit - Dahsyat - Panasonic Awards 2009.
  • Aktris Terfavorit - Sinetron Dewi - Nickelodeon Indonesia Kids' Choice Awards 2009.
  • Nominator - Pembawa Acara Terfavorit - Dahsyat - Nickelodeon Indonesia Kids' Choice Awards 2009.
  • Bintang Paling Berkilau 2009 versi tabloid Bintang Indonesia.
  • Bintang Indonesia 2009 versi tabloid Bintang Indonesia.
  • Aktris Layar Lebar Terfavorit 2009 versi responden Deteksi Jawa Pos.
  • Bintang Iklan Wanita Terfavorit 2009 versi responden DetEksi Jawa Pos.
  • Artis Terfavorit 2009 Pilihan Pembaca Majalah GADIS.
  • Indonesia's Showbiz Insiders sebagai #1 Highest Paid TV Star 2009 dan #3 Highest Paid Actress Movie Star 2009.
  • Nominator - Aktris Terfavorit - Sinetron Dewi - Panasonic Gobel Awards 2010.
  • Nominator - Presenter Musik & Reality Show Terfavorit - Dahsyat - Panasonic Gobel Awards 2010.
  • Nominator - Aktris Terfavorit - Sinetron Dewi - Nickelodeon Indonesia Kids' Choice Awards 2010.
  • Awarding Night LA Lights Indie Movie 2010 untuk "Special Mention Awards" untuk film pendek yang dia sutradarai yang berjudul Suci And The City.
  • Official Ambassador of Mercedes Benz Indonesia 2010.
  • Grazia Glitz and Glam Awards kategori The Best Comeback 2011.
  • Grazia Glitz and Glam Awards kategori Cover Terfavorit 2011.
  • Nominasi Yahoo! OMG! Awards 2012 kategori Most Shocking Break-Up (dengan Ariel).
  • Grazia Glitz and Glam Awards kategori Cover Terfavorit 2012.
  • Terpilih Fortune Indonesia 40 Under 40. Aktris, Model, Founder NAMA Beauty dan TS Media.
  • The Winner #1 Women Tennis Double, Lagi-Lagi Tenis 2023 bersama Nia Ramadhani.

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Karya yang dinominasikan Hasil
2005 MTV Indonesia Movie Awards Most Favourite Actress Bangsal 13 Nominasi
2006 Ruang Nominasi
Festival Film Indonesia Pemeran Utama Wanita Terbaik Nominasi
Festival Film Jakarta Pemeran Utama Wanita Terpilih Nominasi
2007 Indonesian Movie Awards Pemeran Utama Wanita Terbaik Nominasi
Pemeran Utama Wanita Terfavorit Nominasi
MTV Indonesia Movie Awards Most Favourite Actress Pesan dari Surga Nominasi
Festival Film Bandung Pemeran Utama Wanita Terpuji Film Bioskop Jakarta Undercover Nominasi
Festival Film Indonesia Pemeran Utama Wanita Terbaik Nominasi
2010 Anugerah Musik Indonesia Karya Produksi Kolaborasi Terbaik "Suara (Ku Berharap)" (bersama Dide Hijau Daun) — (OST. Janda Kembang) Nominasi
Karya Produksi Original Soundtrack Terbaik Nominasi
2012 Piala Maya Aktris Terpilih dalam Omnibus Hi5teria (Segmen: Kotak Musik) Nominasi
2014 Piala Maya Princess, Bajak Laut & Alien (Segmen: Babeh Oh Babeh) Nominasi
2018 Indonesian Box Office Movie Awards Pemeran Utama Wanita Terbaik The Doll 2 Nominasi
2019 Piala Maya Aktris Utama Terpilih Suzzanna: Bernapas dalam Kubur Menang
Indonesian Box Office Movie Awards Pemeran Utama Wanita Terbaik Nominasi
Indonesian Movie Actors Awards Nominasi
Pemeran Utama Wanita Terfavorit Menang
Festival Film Bandung Pemeran Utama Wanita Terpuji Film Bioskop Menang
2021 Piala Maya Penampilan Singkat nan Berkesan Sabar Ini Ujian Nominasi
Festival Film Bandung Pemeran Pembantu Wanita Terpuji Film Bioskop Nominasi
Festival Film Wartawan Indonesia Aktris Pendukung Terbaik - Genre Film Komedi Menang
2023 Festival Film Wartawan Indonesia Aktris Utama Terbaik - Genre Film Horor Suzzanna: Malam Jumat Kliwon Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Profil dan Biodata Luna Maya Terlengkap dengan Segudang Prestasi dan Fakta Menarik". Pikiran Rakyat. Diakses tanggal 2023-09-06. 
  2. ^ Soemolang, Rudolf Arnaud. "Indonesia's Next Top Model Segera Digelar NET TV, Luna Maya dan Deddy Corbuzier Jadi Jurinya - Denpasar Update". denpasarupdate.pikiran-rakyat.com. Diakses tanggal 2022-08-10. 
  3. ^ "Ajang Indonesia's Next Top Model Cycle 2 Segera Tayang, Netizen Justru Kecewa Karena Tidak Ada Sosok Ini". Berita KBB. Diakses tanggal October 25, 2021. 
  4. ^ VIVA, PT VIVA MEDIA BARU- (2010-06-23). "Polisi: Video 'Ariel-Luna' Dibuat 2009-2010". www.viva.co.id. Diakses tanggal 2010-09-09. 
  5. ^ VIVA, PT VIVA MEDIA BARU- (2010-06-23). "Polisi: Video 'Ariel-Luna' Dibuat 2009-2010". www.viva.co.id. Diakses tanggal 2010-09-09. 
  6. ^ "Akhirnya, Luna Maya dan Cut Tari Resmi Jadi Tersangka". Republika Online. 2010-07-09. Diakses tanggal 2023-09-09. 
  7. ^ "Polisi Tangkap RJ, Penyebar Video Ariel". Tempo (dalam bahasa Inggris). 2010-07-16. Diakses tanggal 2023-09-09. 
  8. ^ Mardiastuti, Aditya. "Luna Maya-Cut Tari Tetap Tersangka, Ini Jejak 8 Tahun Kasusnya". detiknews. Diakses tanggal 2023-09-09. 
  9. ^ Selasa, 07 Agustus 2018 14:53 Penulis: Mita Anandayu. "Hakim Tolak Praperadilan Video Panas, Cut Tary & Luna Maya Tetap Jadi Tersangka". KapanLagi.com. Diakses tanggal 2023-09-09. 
  10. ^ Sohuturon, Martahan. "Hakim Tolak Gugurkan Status Tersangka Luna Maya dan Cut Tari". nasional. Diakses tanggal 2023-09-09. 
  11. ^ "Data Mahasiswa". PDDIKTI. 
  12. ^ "Data Mahasiswa". PDDIKTI. 
  13. ^ antv_official (21 April 2019). "Trio Undur-Undur Mendapat Saingan, LUNA MAYA, Seorang Sales Girl Shampoo. SHAHEER SHEIKH Mampir Ke Bengkel SYANTIK & Bikin Geger Warga. Saksikan MONTIR-MONTIR SYANTIK, Minggu 21 April 2019 Jam 22.30 WIB". Instagram. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]