Bangsal 13

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bangsal 13
09042911Apr58Bangsal 13.jpg
Sutradara Ody C Harahap
Penulis Gunnar Nimpuno
Pemeran Endhita
Luna Maya
Lia Chandra
Distributor Rexinema Multimedia Pratama
Durasi
94 menit
Negara Indonesia

Bangsal 13 merupakan film horor Indonesia yang dirilis pada tahun 2004 yang disutradarai oleh Ody Harahap. Film ini dibintangi antara lain oleh Endhita, Luna Maya, dan Lia Chandra, beserta pemeran pembantu lain. Film ini dibuat di daerah Sitamala, Tangerang pada tahun 2003.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Suatu malam di rumah sakit Deritasari di daerah Jawa Barat, tiba-tiba datang tiga wanita muda korban kecelakaan, dua dari mereka luka berat dan satunya luka ringan. Natasha (Endhita), satu-satunya korban yang luka ringan mengaku bahwa mereka bertiga adalah sahabat dan baru saja kecelakaan mobil. Setelah dicek ternyata hanya satu korban yang butuh perawatan intensif, sementara Nat dan Mina (Luna Maya) dirawat inap. Sayangnya, seluruh kamar di rumah sakit itu telah dipenuhi pasien, akhirnya para suster mengambil keputusan untuk membuka kembali Bangsal nomor 13 yang berisi 10 tempat tidur, setelah 20 tahun lamanya dikunci.

Ketika sedang berusaha beradaptasi, Nat yang ingin merokok pun pergi ke kamar mandi bangsal itu. Disana ia mendengar suara ketukan yang berasal dari sebuah pintu kecil yang menempel di lantai. Namun ketika melihat pintu itu lebih dekat, Nat dikejutkan oleh Suster Frida (Lia Chandra), yang mengingatkan Nat untuk tidak membuka pintu itu. Karena suara ketukan yang terus berlanjut, Nat pun kesal dan membuka pintu itu, namun tidak didapatinya siapa-siapa. Esoknya, Nat terbangun dan mendapati bahwa Mina sudah sadar, dan ketika ditanya suster yang berjaga siapa nama teman mereka yang sedang dirawat intensif, Nat menjawab bahwa namanya adalah Hera. Nat yang tidak ingin menghubungi keluarganya mencoba menelpon kekasihnya, Val (Bayu Wahyudhi), yang tidak menanggapi telepon Nat karena sedang selingkuh.

Natasha dinyatakan sudah sembuh dan boleh pulang, namun karena suatu alasan memilih untuk tetap berada di rumah sakit dengan dalih menunggui Mina dan Hera sembuh. Dokter Azis (Andika) yang menangani mereka pun dimarahi oleh seorang dokter atasan karena membuka bangsal yang harusnya selalu dikunci itu. Val mengunjungi Nat dan Mina sampai malam, namun segera setelah ia pulang ia langsung menelepon pacar gelapnya, yang sudah dicurigai oleh Nat. Malam itu, ketika Nat jalan-jalan, Mina yang ditinggal sendirian dalam bangsal pun dikejar oleh sesuatu, namun pintunya tidak bisa dibuka, yang menyebabkan ia mengetuk pintu dari dalam. Ketika bisa keluar, Mina dikejutkan oleh Suster Frida yang menyatakan bahwa Mina telah memulai sesuatu. Sebelum Mina bisa bertanya lagi, suster itu telah hilang.

Setelah Nat merasakan hal-hal aneh sepanjang malam itu, ia dan Mina pun sepakat untuk pulang dari rumah sakit itu, meninggalkan Hera sendirian. Terkuaklah bahwa sebenarnya "Hera" bukanlah teman mereka, namun seorang wanita tak dikenal korban tabrak lari dari mobil yang dikendarai Natasha. Karena permohonan pembayarannya ditolak, Nat dan Mina terpaksa harus melewati satu malam lagi di rumah sakit itu. Ditempat terpisah, Val yang sedang sendirian dirumahnya tiba-tiba diserang oleh sosok misterius dan meninggal.

Malam itu, Nat dan Mina terus menerus diteror oleh sesosok hantu yang terus mengejar mereka. Saat sedamg kebingungan, mereka bertemu dengan Suster Frida, yang menceritakan asal usul kutukan bangsal itu. 20 tahun sebelumnya, ada seorang suster yang gemar mempermainkan nyawa pasien dengan menyuntikkan racun ketubuh mereka. Setelah ditangkap, suster itu dirantai kakinya, yang menyebabkan ia mengejar mangsanya dengan ngesot, dan dikunci di dalam pintu kecil dalam bangsal 13 itu. Suster Frida lalu menyatakan bahwa dengan Natasha membuka pintu itu dan Mina mengetuk pintu dari dalam, mereka telah memanggil arwah suster itu. Arwah itu harus dihentikan dengan cara menyegel kembali pintu kecil itu, yang segelnya terlepas ketika Nat membuka pintu itu.

Ketika sedang lengah, Mina ditangkap dan diseret oleh arwah suster itu kedalam pintu, namun Natasha berhasil menyelamatkannya. Saat ingin kabur, arwah itu menarik kaki Nat dan menyeretnya kedalam pintu. Nat pun mengorbankan dirinya dan menyuruh Mina untuk menyegel pintu itu setelah menutup Nat didalamnya bersama arwah suster itu. Natasha akhirnya jatuh, pintu itu disegel dan Mina pun berlari dari rumah sakit itu tak tentu arah seperti orang gila tanpa bisa dihentikan oleh Dokter Azis.

Nat, yang sekarang terjebak diruang bawah tanah dibalik pintu itu, melihat bahwa tak hanya mayat arwah suster pembunuh itu disana, tapi juga mayat Suster Frida, menjelaskan kenapa Suster Frida hanya muncul dan hilang seperti kabut. Film diakhiri dengan Nat menjerit histeris meminta tolong, dan dari luar, hanya terlihat seperti ada yang mengetuk dibalik pintu yang tertempel dilantai bangsal 13 itu.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]