Partikelir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Partikelir
Poster film Partikelir.jpg
Poster film
SutradaraPandji Pragiwaksono
Produser
Penulis skenario
Pemeran
Penata musikAndhika Triyadi
SinematograferPadri Nadeak
PenyuntingCesa David Luckmansyah
Perusahaan
produksi
Distributor
Tanggal rilis
5 April 2018
Durasi97 menit
Negara Indonesia
BahasaBahasa Indonesia

Partikelir adalah sebuah film komedi aksi Indonesia tahun 2018 yang disutradarai, ditulis dan dibintangi oleh sutradara debutan Pandji Pragiwaksono. Film tersebut tayang perdana pada 5 April 2018 dan diproduksi oleh Kharisma Starvision Plus. Selain Pandji, film tersebut juga dibintangi oleh Deva Mahenra, Aurelie Moeremans, Ardit Erwandha, dan Lala Karmela.[1]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Adri (Pandji Pragiwaksono) dan Jaka (Deva Mahenra), sahabat sejak SD sampai SMA, terobsesi jadi detektif. Adri lebih berani dan berpikir cepat, sementara Jaka strategis dan berpikir panjang. Ketika SMA, mereka dikenal sering mengurusi kasus-kasus di sekolah. Dari “Misteri Berkurangnya Bihun Risol”, "Misteri Hilangnya Gesper Kepala Sekolah" dan "Misteri Kancut Penyumbat WC Sekolah". Mereka berpisah saat kuliah. Jaka kerja sebagai pengacara di Law Firm Litigasi, sementara Adri masih ngotot dengan cita-citanya dan jadi detektif partikelir. Suatu hari, Adri menerima job dari perempuan cantik, Tiara (Aurelie Moeremans) yang tiba-tiba ayahnya tertembak. Itu membuat Adri ada di tengah kasus serius dan minta bantuan Jaka.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Setelah mejalankan profesi sebagai presenter, penyiar radio, aktor, komika, penulis, bahkan rapper, Pandji Pragiwaksono melakukan debut penyutradaraan dengan membuat film komedi aksi berjudul Partikelir. Dalam membuat film ini, Pandji mengaku banyak belajar dari para komika yang telah terjun di penyutradaraan seperti Ernest Prakasa dan Raditya Dika.[2] Pandji juga meminta Awwe untuk menjadi seorang konsultan komedi.[3] Film ini terinspirasi dari tokoh detektif terkenal Sherlock Holmes yang terkesan serius lewat kasus-kasus yang ditanganinya, namun sifat dan pembawaannya Holmes yang kocak membuat film tersebut menjadi lucu.[4] Dikemas ala kisah buddy cop macam 'Bad Boys', film ini menjadi komedi aksi yang memancing tawa sekaligus memacu adrenalin.[5]

Film ini dibintangi oleh beberapa pemain film professional seperti Tio Pakusadewo, Cok Simbara, dan Gading Marten. Selain itu, beberapa komika juga ikut bermain dalam film ini, seperti Ardit Erwandha, Dodit Mulyanto, Tretan Muslim, dan Coki Pardede.[4]

Pandji mengaku dapat menghabiskan waktu kurang lebih 16 jam sehari untuk proses syuting.[4]

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Film Partikelir tayang perdana di bioskop pada 5 April 2018. Film ini juga ditayangkan di Netflix pada 20 Juli 2020.[6]

Pencapaian[sunting | sunting sumber]

Film partikelir hanya mampu meraih 187 ribu total jumlah penonton.[7] Film ini mulai kehilangan penonton di minggu kedua penayangannya.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Setiawan, Tri Susanto (9 Februari 2018). Dewi, Bestari Kumala, ed. ""Partikelir", Kisah Pandji Pragiwaksono Jadi Detektif". Kompas.com. Diakses tanggal 10 Januari 2021. 
  2. ^ Fikri, Chairul (29 Maret 2018). "Film Partikelir Wujudkan Impian Pandji Pragiwaksono". BeritaSatu.com. Diakses tanggal 10 Januari 2021. 
  3. ^ Permana, Dadan Eka (5 April 2018). "Hari Ini Tayang, Simak 5 Fakta Film Partikelir Karya Pandji Pragiwaksono". Fimela.com. Diakses tanggal 10 Januari 2021. 
  4. ^ a b c Nugraini, Galuh Esti (15 Februari 2018). "10 Fakta Unik 'PARTIKELIR', Terinspirasi 'SHERLOCK HOLMES'". KapanLagi.com. Diakses tanggal 10 Januari 2021. 
  5. ^ Octafiani, Devy (5 April 2018). "Pandji Berharap 'Partikelir' Dinilai Spesial di Antara Film Indonesia Lain". DetikCom. Diakses tanggal 10 Januari 2021. 
  6. ^ Djendri, Dira Vanessa (17 Juli 2020). Cyntara, Rheisnayu, ed. "Sinopsis Partikelir, Panji Pragiwaksono Mengungkap Kasus Pembunuhan Halaman all". Kompas.com. Diakses tanggal 10 Januari 2021. 
  7. ^ Natalia Sembiring, Ira Gita (27 Mei 2018). Kamil, Ati, ed. "Banyak Komika Terjun ke Industri Film, Pandji Pragiwaksono Berkomentar". Kompas.com. Diakses tanggal 10 Januari 2021. 
  8. ^ Bicara Box Office (16 April 2018). "Penonton harian #Partikelir turun amat tajam di minggu kedua, tampaknya tidak ada traction plus kehilangan layar". Twitter. Diakses tanggal 10 Januari 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]