Boah Sartika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Boah Sartika
LahirSartika Yulianti
8 Maret 2000 (umur 24)
Cikarang, Jawa Barat, Indonesia
Nama lainBoah Sartika
AlmamaterMAN 1 Bekasi
Pekerjaan
Tahun aktif2016—sekarang


Sartika Yulianti, yang dikenal sebagai Boah Sartika (lahir 8 Maret 2000) adalah seorang pelawak tunggal dan aktris berkebangsaan Indonesia. Boah merupakan salah satu pelawak tunggal yang berasal dari komunitas Stand Up Indo Cikarang.[1] Boah dikenal setelah mengikuti kompetisi Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV musim ketujuh (SUCI 7), yang menjadikannya kontestan termuda di SUCI 7 sekaligus kontestan termuda yang mengikuti kompetisi sepanjang sejarah SUCI.[2]

Karier[sunting | sunting sumber]

Boah baru mulai menggeluti dunia lawakan tunggal pada tahun 2016 dalam rangkaian acara yang digelar komunitas Stand Up Indo Cikarang, yakni PABRIK SPEAKING sebagai salah satu pengisi acara. Ia kemudian dikenal secara nasional setelah lolos sebagai salah satu finalis Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV musim ketujuh lewat audisi yang diadakan di Jakarta. Boah yang mengikuti kompetisi saat masih duduk di kelas XI MAN 1 Bekasi ini mencatat rekor baru, di mana ia menjadi peserta termuda dari total seluruh komika peserta yang pernah mengikuti SUCI dan menjadi kontestan termuda di SUCI 7.[2] Ia bersama Nury Zhafira menjadi dua kontestan wanita yang mengikuti SUCI 7. Boah dikenal dengan logat khasnya yang nyablak ketika membawakan materi saat melawak tunggal. Boah akhirnya tereliminasi di babak 6 besar, tepatnya di show 12 saat membawakan tema musik. Rekor lain juga ia catat, di mana selain menjadi kontestan termuda dari awal penyelenggaraan SUCI, ia menjadi komika wanita pertama yang bisa mencapai 6 besar, mengingat pencapaian tertinggi dari komika wanita yang pernah mengikuti SUCI sebelumnya maksimal hanya sampai 10 besar.[2] Pada tahun berikutnya, Boah mengikuti kompetisi Stand Up Comedy Academy musim keempat (SUCA 4) yang diadakan oleh Indosiar, di mana ia mengikuti jejak Nury selaku sesama alumni wanita SUCI 7 yang telah lebih dulu mengikuti kompetisi tersebut. Di SUCA 4, selain dengan 38 finalis terpilih, Boah kembali berkompetisi dengan Didi Sunardi yang juga merupakan alumni SUCI 7. Berhasil melangkah jauh, Boah akhirnya terhenti di babak 6 besar SUCA 4 dan menjadi finalis dengan peringkat kelima di kompetisi.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2018 Partikelir Wartawan Karya debut
2021 Yuni Uung
Aku Bukan Jodohnya Desti
2022 Mendarat Darurat Eli
2024 Kukejar Mimpi Oya
Keterangan
  Belum dirilis

Serial web[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2022 Wedding Agreement the Series Cewek bersepatu roda Musim 1; Episode 2
2023, segera Induk Gajah Lilis Musim 1; 6 episode
Musim 2
2023 Bidadari Bermata Bening Rohmatun
Kalau Jodoh Takkan ke Mana Yati Musim 2

Serial televisi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2019 Dua Dunia Salma Dewi
Dua Dunia Salma 2
2021 Magic Tasbih Mumun
2022—2023 Amanah Wali 6 Yuni
2023 Aku Bukan Ustazah Naya

Acara televisi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ AR (26 Oktober 2021). "Biodata Boah Sartika Lengkap Umur dan Agama, Komika Wanita yang Kocak Abis". Kuyou. 
  2. ^ a b c "Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV Season 7". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-29. Diakses tanggal 2017-09-02. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]