Arya Novrianus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Arya Novrianus
LahirArya Novrianus Yama Widura
23 November 1990 (umur 33)
Bekasi, Indonesia
PekerjaanPelawak tunggal, Penulis
Tahun aktif2012—sekarang


Arya Novrianus (lahir 23 November 1990) adalah seorang penulis dan pelawak tunggal berkebangsaan Indonesia. Arya, sapaannya merupakan salah satu pelawak tunggal atau komika yang bernaung di komunitas Stand Up Indo Bekasi, komunitas yang juga banyak melahirkan komika kelas nasional. Selain sebagai komika, Arya juga merupakan seorang penulis dan komikus. Arya telah menerbitkan dua buku antara lain "Keluarga Cemarya" dan "TetAnus".[1][2] Arya juga aktif membuat cerita bersambung dalam bentuk komik yang diberi nama "Komikanus", yang berisi parodi-parodi singkat yang merupakan hasil pengamatannya.

Karier Penulis[sunting | sunting sumber]

Arya menerbitkan buku pertamanya yang berjudul "Keluarga Cemarya" pada tahun 2014. Buku ini bercerita mengenai kehidupan keluarganya yang bisa dibilang unik dan terbilang konyol. Arya yang sebagai kreator Komikanus yang dikenal dengan gaya bahasanya yang bebas, untuk buku Keluarga Cemarya menggunakan bahasa yang lebih sopan mengingat tidak menutup kemungkinan bukunya ini dibaca oleh hampir semua kalangan. Buku keduanya yaitu "TetAnus" yang terbit setahun setelahnya menjadi salah satu buku cerita komedi yang cukup laris. Karena di buku yang ditulis dengan gaya diary ini menceritakan sebagian besar pengalaman pribadinya tersebut ditulis dengan gaya bahasa yang mulai sedikit bebas, menyesuaikan dengan karakternya sehari-hari. Jadi, melalui buku tersebut Arya berharap para pembaca dapat memahami serta merasakan apa yang ia rasakan melalui buku tersebut.

Karier Stand Up[sunting | sunting sumber]

Selain sebagai seorang penulis, Arya adalah seorang pelawak tunggal atau komika. Bergabung dengan komunitas Stand Up Indo Bekasi sejak 2011 akhir, Arya dikenal sebagai salah satu komika yang aktif dan sering mengikuti banyak event baik lokal hingga nasional. Arya pernah mengikuti Street Comedy II bersama dua rekan sekomunitasnya, Bintang Bete dan Barry Williem pada tahun 2012.[3] Pasca event tersebut, Arya mulai dikenal secara nasional dan sering mengisi beberapa acara stand up comedy di beberapa televisi swasta. Arya bersama rekan komunitas Stand Up Indo Bekasi lainnya yaitu Adjis Doa Ibu, Awwe, dan kembali Bintang Bete membentuk grup Pride of Bekasi dan melakukan tour di beberapa kota di Indonesia, di mana Arya menjadi personil paling muda dari tiga rekannya.[4] Arya juga sempat dipercaya Pandji Pragiwaksono menjadi komika opener dalam tour "Mesakke Bangsaku" di Jakarta. Sebagai alumni Street Comedy II, Arya juga selalu tampil sebagai komika tamu untuk ajang Street Comedy setelahnya. Meskipun belakangan disibukkan dengan kegiatan menulis, Arya masih tetap terlihat mengisi beberapa acara stand up comedy baik on air di televisi maupun off air. Pada tahun 2017, Arya terpilih sebagai salah satu finalis Stand Up Comedy Indonesia season 7 (SUCI 7) yang diadakan Kompas TV melalui audisi di Jakarta, setelah konsisten mengikuti audisi ajang tersebut sejak 2012.[5] Arya lolos bersama rekan sekomunitas di Stand Up Indo Bekasi yang lainnya, yaitu Rommy Hakim. Selain itu, bersama dengan Ridwan Remin, Arya menjadi komika nasional berpengalaman yang baru mencicipi kompetisi SUCI sejak pertama kali aktif ber stand up comedy. Akan tetapi, Arya harus rela terhenti di penampilan keduanya di SUCI 7 dikarenakan masalah durasi penampilannya yang dinilai terlalu cepat. Alhasil, mengingat SUCI 7 di awal menggunakan format dua grup dan tergabung di grup A, Arya menjadi finalis SUCI 7 ketiga dan finalis kedua dari grup A yang harus close mic dari panggung SUCI 7. Selepas kompetisi SUCI 7, Arya bersama Barry Williem, Sigit Exit, dan Hernawan Yoga yang merupakan rekan lainnya di komunitas Stand Up Indo Bekasi membentuk grup Pride of Bekasi 2 dan kembali melakukan tour di beberapa kota di Indonesia. Nama Arya kemudian kembali muncul pada tahun 2018 ketika menjadi host acara berjudul "Ghibah", acara yang merupakan program terbaru dari Komtung TV arahan Daned Gustama yang membahas seputar komika Indonesia.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Acara TV[sunting | sunting sumber]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]