Panggonan Wingit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Panggonan Wingit
Nama lainꦥꦁꦒꦺꦴꦤꦤ꧀ꦮꦶꦔꦶꦠ꧀
SutradaraGuntur Soeharjanto
ProduserRocky Soraya
Ditulis olehRiheam Junianti
Pemeran
Perusahaan
produksi
Tanggal rilis
  • 30 November 2023 (2023-11-30) (Indonesia)
Durasi110 menit
NegaraIndonesia
BahasaIndonesia

Panggonan Wingit (hanacaraka:ꦥꦁꦒꦺꦴꦤꦤ꧀ꦮꦶꦔꦶꦠ꧀, arti: Tempat Angker) adalah sebuah film horor Indonesia tahun 2023 yang disutradarai oleh Guntur Soeharjanto dan diproduksi oleh Rocky Soraya melalui rumah produksi Hitmaker Studios. Film tersebut dibintangi Luna Maya dan Christian Sugiono. Cerita film ini berdasarkan legenda urban memiliki latar waktu tahun 1970-an di daerah Semarang, Jawa Tengah.[1] Film ini akan dirilis pada tanggal 30 November 2023 di bioskop.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Raina dan adiknya, Fey, pindah dari Jakarta ke Semarang untuk mengelola Hotel Ambar Mangun, sebuah hotel warisan ayah mereka yang tidak pernah mereka kunjungi sebelumnya yang selama ini dikelola oleh Suktini dan Garinto, nenek dan kakek mereka.

Suatu malam, Raina mendengar suara tangis dari lantai tiga yang dilarang dimasuki siapapun. Lalu dia membuka pintu sebuah kamar tak bernomor di sana. Ternyata kamar itu disebut “Panggonan Wingit”, sebuah tempat yang sudah lama dihuni oleh sosok gaib. Jika ada yang membuka kamar itu, dia akan melihat sosok wanita berkulit putih dan berambut putih yang mengatakan “Telung dino, tengah wengi” yang artinya “Tiga hari, tengah malam”. Lalu, tiga hari kemudian akan mati dikuliti saat tengah malam.

Sekarang nyawa Raina terancam. Dia bersama Ardo – mantan pacarnya yang seorang jurnalis – Fey, Suktini, dan Garinto mencari cara supaya bisa selamat. Misteri demi misteri yang penuh teka-teki masa lalu terkuak. Akankah mereka bisa selamat dari kematian? Waktu mereka sangat sempit.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Indonesia, C. N. N. "Sinopsis Panggonan Wingit, Hantu Hotel Tua Teror Luna Maya". hiburan. Diakses tanggal 2023-12-03. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Panggonan Wingit di IMDb

[[Kategori:Kota Semarang