Ayah (novel)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ayah
Sampul edisi pertama
PengarangAndrea Hirata
Negara Indonesia
BahasaIndonesia
Genre
Penerbit
Tanggal terbit
Mei 2015
Jenis mediaPrint (Paperback)
Halaman412
ISBNISBN 978-602-291-102-9

Ayah adalah sebuah novel fiksi yang ditulis Andrea Hirata, dan di terbitkan oleh Bentang Pustaka pada 2015.[1] Novel ini berkisah tentang perjuangan serta perasaan sayang seorang ayah kepada anaknya, tanpa mengenal ikatan darah sekalipun.[2][3]

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Sabari memiliki 3 sahabat yaitu Ukun, Tamat, dan Toharun yang selalu bersama dengan kekonyolannya. Sabari awalnya tidak tertarik dengan yang namanya cinta, tetapi setelah Marlena memberikan sebuah pensil sebagai hadiah karena Marlena mengambil kertas jawabannya, sejak itu Sabari berubah 180° dari biasanya. Sabari memang pandai berpuisi karena diwarisi dari ayahnya dan dia selalu membuatkan puisi cinta untuk Lena, tetapi Lena terus menolak dan bahkan menghinanya karena Sabari sama sekali bukan tipe laki-laki idaman Lena.

Kemudian Sabari memutuskan untuk bekerja di perusahaan batako milik Markoni, ayahnya Lena, hanya untuk mendekati anaknya. Semua yang dilakukan Sabari itu sia-sia, ternyata Lena sering gonta-ganti pasangan dan pulang larut malam. Suatu hari, Sabari mendengar Lena bertengkar dengan ayahnya, pertengkaran itu karena ayahnya mengetahui bahwa Lena terjerumus dalam pergaulan bebas. Sabari yang mendengar hal itu kemudian mengorbankan dirinya untuk menikahi Lena. Ayah Marlena pun setuju. Tak lama kemudian Lena melahirkan seorang anak yang tidak tahu siapa ayahnya. Dan sejak itu Lena sering tidak pulang ke rumah dan dia pun menceraikan Sabari. Sabari pasrah yang penting anak itu selalu bersamanya, karena Sabari sangat menyayanginya dan anak itu diberi nama Zorro.

Zorro mempunyai kelembutan hati dan kebesaran jiwa yang diturunkan oleh Sabari. Suatu ketika, Zorro berumur sekitar 3 tahun bermain di taman bersama Sabari, dan Lena pun datang bersama laki-laki lain untuk mengambil Zorro secara paksa. Setelah kejadian itu, Sabari menjadi kehilangan segalanya, mulai dari istri, anak, semangat hidupnya bahkan kesadarannya. Setelah bercerai dengan Sabari, Lena menikah dengan laki-laki secara berturut-turut dan sudah berapa kali dia pindah dari satu kota ke kota yang lain tak lupa selama itu juga Zorro bersamanya. Karena terlalu putus asa, Sabari akhirnya menuliskan pesan di kaki penyu, dan menulis di layang-layang kemudian diterbangkannya berharap ada orang yang membaca pesannya dan mengembalikan Zorro kepadanya. Sampai-sampai Sabari pernah ditemukan di pasar dengan pakaian yang kumal dan tertawa jika melihat orang lain sedih, begitu pun sebaliknya. Melihat Sabari seperti itu, dua sahabatnya yakni Ukun dan Tamat rela pergi mencari Zorro dan Lena ke Sumatera dengan modal tekad dan surat-surat yang pernah Lena kirim ke Zuraida, sahabatnya.

Setelah sekian lama berkelana di pulau Sumatra akhirnya Tamat dan Ukun berhasil menemukan Zorro dan Marlena kemudian membawanya pulang ke Belitong. Sabari sangat senang karena hampir delapan tahun tidak bertemu dengan anaknya yaitu Zorro. Akhir cerita, pada tahun 2013 Sabari meninggal dunia, makamnya sering dilihat orang karena di pusarannya terdapat puisi biarkan aku mati dalam keharuman cintamu. Pada tahun 2014 sebelum meninggal Lena berpesan kepada Amiru kalau dia ingin di makamkan di dekat makam Sabari dan menulis sesuatu yaitu purnama kedua belas.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

  • Sabari - Mantan suami Lena, sekaligus ayah angkat Zorro.
  • Lena - Mantan istri Sabari, ia dikenal senang berganti pasangan.
  • Zorro - Anak dari Lena tanpa diketahui pasti siapa ayahnya. Ia mewariskan banyak hal sama dengan Sabari.
  • Para sahabat Sabari Teman Sabari ketika SMA, yang berupaya membawa kembali Zorro untuk Sabari.
  • Markoni Ayah dari Lena, sosok yang prihatin dengan kelakuan putrinya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nurcahyani, Ida (2015-05-29). Burhani, Ruslan, ed. "Alasan Andrea Hirata butuh enam tahun selesaikan novel "Ayah"". ANTARA News. Diakses tanggal 2020-05-18. 
  2. ^ Kompasiana.com. "Mengenal Lebih Dekat dengan Novel "Ayah" Karya Andrea Hirata". KOMPASIANA. Diakses tanggal 2020-05-18. 
  3. ^ Priherdityo, Endro. "Ayah, Hasil Penantian Panjang Andrea Hirata". CNN Indonesia. Diakses tanggal 2020-05-18. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Cinta Dalam Gelas
Novel karangan Andrea Hirata Diteruskan oleh:
Sirkus Pohon